HAL YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG PSORIASIS: 
PENYEBAB, GEJALA & SOLUSINYA

Article Read Duration 5 menit membaca

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit kronis yang umumnya diturunkan dalam keluarga. Penyakit ini kambuh saat penderitanya sedang stres, mengalami infeksi atau cedera kulit, atau saat mengonsumsi obat-obatan tertentu. Gejala umum dari psoriasis  adalah munculnya plak-plak merah yang tertutup semacam sisik berwarna perak di lutut, siku, perut, punggung bagian bawah, dan kulit kepala. Plak-plak merah ini terasa gatal serta menimbulkan sensasi seperti terbakar atau perih.


Penyebab psoriasis adalah sistem imun yang terlalu aktif, sehingga menyebabkan pergantian sel-sel di permukaan kulit menjadi lebih cepat. Psoriasis dapat diobati dengan krim, terapi cahaya, konsumsi obat-obatan tertentu seperti methotrexate, terapi spa, atau terapi injeksi biologis. Baik psoriasis dan eksim memiliki karakteristik khusus yang sama, tapi juga perbedaan-perbedaan jelas yang dapat Anda lihat di tabel di artikel bagian bawah.

PSORIASIS DANPENYEBABNYA MERADANG

Apa itu psoriasis? Sebuah penelitian terhadap dua anak kembar membuktikan kalau penyakit kulit ini merupakan kondisi genetik atau keturunan. Walaupun begitu, kondisi setiap anak kembar ini mungkin berbeda saat kulitnya sedang meradang, karena ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi, yaitu:

  • Stres, bekerja berlebihan, atau trauma emosional.
  • Pakaian yang menggesek kulit.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, termasuk beta-blocker, obat anti-inflamasi non steroid (ibuprofen, diclofenac, dan lain-lain), lithium, dan pengobatan khusus malaria. 
  • Infeksi, umumnya infeksi di hidung dan tenggorokan.
  • Cedera kulit, seperti  terbakar sinar matahari atau membuat tato yang dapat menimbulkan peradangan. Kondisi ini disebut dengan fenomena Koebner.

GEJALA-GEJALA SAAT KULIT MERADANG

Pada psoriasis plak, atau disebut juga dengan psoriasis vulgaris, di kulit penderitanya akan muncul petak-petak kulit yang menebal dan berwarna merah yang dilapisi sisik keputihan. Plak-plak ini umumnya ditemukan di area-area kulit yang sering terkena gesekan, seperti lutut, sikut, perut, dan punggung bagian bawah. Selain itu, bisa juga ditemukan di kulit kepala, tangan, dan kaki. Gejala psoriasis lainnya adalah penderitanya mengalami perubahan di kuku, berupa kuku yang bolong atau terpecah. Kondisi ini disebut dengan onikolisis.

Penyebab terjadinya psoriasis adalah peradangan kronis. Terbukti pada kulit penderitanya, dapat ditemukan sejenis sel imun yang disebut sel T atau limfosit T. Peradangan di kulit dapat mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit, yang mempercepat produksi keratinosit, yaitu sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

Pada keadaan normal,  dibutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk sel-sel bergerak dari lapisan basal epidermis menuju permukaan (lapisan korneum) kulit.Namun pada kulit penderita psoriasis, pergerakan ini hanya butuh 3-4 hari, yang mengakibatkan sel-sel mati mulai menumpuk di permukaan kulit, menyebabkan terbentuknya plak-plak merah.

MERAWAT DAN MENGOBARI KULIT DENGAN PSORIASIS

Untuk memilih perawatan yang tepat untuk psoriasis, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit dan membahas berbagai pilihan yang Anda miliki. Berikut ini adalah panduan yang diberikan oleh ahli kulit kami.

  • Krim khusus

Solusi yang mendasar bagi kondisi kulit ini adalah penggunaan krim khusus. Umumnya, dokter akan meresepkan krim steroid atau krim Vitamin D3. Krim ini bekerja dengan menghilangkan sisik, mencegah plak kulit menebal, dan memberikan kelembapan jangka panjang yang dengan efektif meredakan rasa gatal.

  • Terapi cahaya (fototerapi)

Pada terapi cahaya, kulit Anda akan dipaparkan sinar UVA dan UVB dengan dosis yang terkontrol. Tindakan ini akan memperlambat produksi sel-sel kulit dan mengurangi terbentuknya plak. Namun hal ini bukan berarti Anda direkomendasikan untuk berjemur setiap saat. Pada terapi cahaya, dosis sinar UVA dan UVB yang diberikan telah diperhitungkan dengan tepat oleh dokter.

  • Konsumsi obat-obatan

Pada kondisi psoriasis yang parah, dokter umumnya akan meresepkan obat untuk dikonsumsi. Obat-obat ini biasanya berupa imunosupresan (menekan sistem imun tubuh), seperti methotrexate, yang dapat membantu mengontrol sistem imun Anda yang hiperaktif. 

  • Terapi spa (balneoterapi)

Terapi spa, yaitu terapi menggunakan air termal yang diambil dari mata air dan kaya kandungan mineral, telah terbukti efektif sebagai cara mengobati psoriasis. Air termal dalam terapi spa memiliki manfaat menenangkan dan membersihkan, yang dapat mengurangi jumlah dan ukuran petak-petak merah di kulit. Anda juga dapat menggunakan La Roche-Posay Thermal Spring Water. Cukup semprotkan di petak-petak merah di kulit untuk membantu menenangkannya.

  • Terapi biologis

Kasus-kasus psoriasis yang sangat parah ditangani dengan terapi biologis, yaitu dengan memasukkan antibodi ke tubuh penderita lewat injeksi. Antibodi ini akan mengganggu proses terjadinya peradangan dengan cara mengikat mediator-mediator peradangan yang terlibat.

MENGETAHUI LEBIH JAUH PERBEDAAN EKSIM DAN PSORIASIS

Kedua penyakit kulit ini sama-sama dapat menyebabkan petak-petak merah di kulit yang terasa gatal, tapi ada perbedaan jelas dari keduanya. Anda bisa membaca persamaan dan perbedaan tersebut di tabel di bawah ini. 

Perbedaan Eksim dan Psoriasis

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter kulit terlebih dahulu untuk memastikan penyakit kulit jenis apa yang Anda derita, dan menentukan cara pengobatannya yang tepat. 

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.