KULIT KERING ATAU EKSIM ATOPIK ?
KENALI PENYEBAB DAN SOLUSINYA

Article Read Duration 5 menit membaca

Mungkin Anda bingung dengan masalah kulit yang sedang Anda derita, apakah ini hanya kulit kering atau termasuk eksim atopik? Kulit kering memang merupakan salah satu gejala dari penyakit eksim atopik. Namun kulit kering tak selalu berarti Anda menderita eksim atopik. Kenalilah perbedaan keduanya.

Kulit kering terjadi saat lapisan minyak di permukaan kulit terlupas karena  faktor-faktor eksternal, seperti cuaca dingin, air yang tinggi kandungan mineral, produk kosmetik yang keras untuk kulit, dan lainnya. Kulit menjadi terasa gatal, kering,  dan pecah-pecah, serta berpotensi terjadi iritasi. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan  krim yang menutrisi, menenangkan, dan melindungi kulit.

Kondisi eksim atopik berbeda dengan kulit kering karena membuat penderitanya mengalami ruam kulit yang terasa gatal. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak dan akan membaik ketika usia bertambah. Namun, eksim atopik juga dapat tetap diderita hingga dewasa. 

Kedua kondisi kulit ini dapat membaik dengan mengubah  gaya hidup. Dokter biasanya akan memberikan pelembap emolien untuk merawat kulit kering dan kulit eksim atopik, dengan tambahan berupa krim steroid sebagai cara mengobati eksim. 

PENYEBAB KULIT KERING
DAN GEJALA-GEJALANYA

Kulit kering terjadi ketika kulit Anda kehilangan kemampuannya untuk melindungi dirinya yaitu ketika lapisan pelindung kulit melemah  sehingga semakin sedikit lipid (minyak) yang diproduksi di permukaan kulit dan sel-sel kulit kehilangan kapasitas untuk menahan air.

Ada berbagai faktor yang membuat kulit menjadi kering dan gatal, seperti:

  • Genetik (kulit kering kemungkinan dimiliki oleh anggota keluarga lainnya).
  • Suhu udara dan angin yang sangat dingin.
  • Cuaca yang panas dan kering.
  • Penggunaan pemanas atau AC sentral serta adanya perbedaan antara suhu di luar dan dalam ruangan.
  • Sinar matahari (sinar UV).
  • Produk-produk yang keras seperti sabun astringen atau yang membuat kulit kering.
  • Wewangian dan bahan tambahan lainnya di produk kosmetik. 

Jawablah beberapa pertanyaan berikut untuk mengetahui apakah Anda memiliki kulit kering:

  • Apakah kulit Anda terasa kasar saat disentuh?
  • Apakah kulit terasa ketat seperti mengenakan pakaian yang kekecilan?
  • Apakah permukaan kulit tampak retak, pecah-pecah, atau bersisik?

Jika Anda menjawab “Ya” untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, maka kemungkinannya Anda memiliki kulit kering. 

TIPS GAYA HIDUP BAGI PEMILIK KULIT KERING

Perubahan gaya hidup dapat membuat kondisi kulit kering menjadi lebih baik. Perubahan yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah:

  • Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca yang kering, maka pertimbangkan untuk memiliki humidifier di rumah.
  • Hindari suhu kamar tidur terlalu dingin pada musim kemarau atau sebaliknya. 
  • Mandi menggunakan air hangat daripada menggunakan air panas.
  • Setelah mandi, keringkan kulit Anda dengan  cara menepuk-nepuknya dengan lembut menggunakan handuk daripada menggosok kulit sampai kering. 
  • Pastikan Anda minum air putih yang cukup. Selain itu, minumlah banyak air saat sebelum dan sesudah berolahraga serta saat cuaca panas.

Sesuaikan rutinitas perawatan kulit harian Anda: Bersihkan  wajah dengan  produk-produk yang lembut seperti gel dengan formula bebas sabun atau micellar water. Lanjutkan dengan mengaplikasikan krim pelembap untuk kulit kering yang menutrisi, menenangkan, dan melindungi kulit. 

CARA MENGATASI KULIT KERING DAN TERKELUPAS

Untuk mengatasi kulit kering Anda, baik di wajah dan di tubuh, Anda bisa menggunakan produk-produk dari La Roche Posay yang sesuai. Berikut rekomendasi produknya.

  • Merawat kulit kering di wajah

Bersihkan dan jaga kelembapan kulit dengan menggunakan produk-produk yang sesuai untuk kulit kering. Bersihkan wajah menggunakan pembersih wajah bebas sabun yang lembut seperti La Roche-Posay Toleriane Purifying Foaming Cream.  Setelahnya, lanjutkan dengan perawatan harian yang cocok untuk kulit kering – sangat kering menggunakan La Roche Posay Toleriane Ultra Lotion QD , lotion untuk kulit sensitif yang membantu memberikan rasa nyaman dan melembapkan, atau La Roche Posay Toleriane Ultra Fluid  yang merupakan pelembap untuk kulit kering yang dapat memperbaiki lapisan pertahanan kulit dan meredakan rasa tidak nyaman pada kulit. 

  • Merawat kulit tubuh yang kering

Pelembap yang efektif tidak harus pekat dan berminyak. Untuk kulit tubuh yang kering, pilih produk seperti La Roche Posay Lipikar Lait Body Milk, lotion ringan dan cair yang menenangkan dan melembapkan kulit. 

Melembapkan kulit tubuh secara konsisten dan teratur sangat penting untuk mengurangi efek-efek kulit kering. Saran: Pastikan Anda mengaplikasikan lotion tubuh setiap hari, terutama setiap selesai mandi.

  • Saat musim berubah, ubah pula krim pelembap 

Sama seperti Anda mengenakan pakaian yang lebih tebal saat musim dingin dan pakaian yang sejuk saat musim panas, pilih krim dengan tekstur lebih kental pada musim dingin dan krim dengan tekstur lebih ringan pada musim panas. Hal ini karena pada musim dingin, suhu yang dingin, angin, terlalu sering menggunakan pemanas, dan perbedaan suhu di dalam dan luar ruangan dapat memperparah kondisi kulit kering Anda.

Jika Anda merasa kondisi kulit Anda berubah-ubah sesuai musim, Anda bisa mencoba produk dengan formula yang bersahabat dengan musim dingin seperti La Roche Posay Cicaplast Baume B5 Repairing Balm  untuk wajah dan La Roche Posay Lipikar Baume AP+ Body Balm untuk tubuh.

Sebaliknya, pada musim panas, saat kulit cenderung lebih berminyak, pilih produk dengan tekstur ringan seperti La Roche Posay Thermal Spring Water Mist  untuk wajah dan La Roche Posay Lipikar Lait Body Milk untuk tubuh.

  • Berikan perawatan khusus untuk kulit tangan yang kering

Krim untuk kulit tangan yang kering harus digunakan sesering mungkin sepanjang hari, terutama pada kondisi udara yang kering seperti dalam ruangan ber-AC. Berikut merupakan panduan untuk merawat kulit tangan yang teriritasi atau jika Anda menderita eksim atopik di kedua tangan.

MERAWAT KULIT YANG TERUS-MENERUS IRITASI

Sekitar 20 persen dari populasi dunia memiliki kondisi kulit yang mengalami iritasi kronis. Bentuknya adalah kulit pecah-pecah, terutama di area yang secara langsung terkena cuaca dingin seperti bibir dan tangan, serta di area kulit yang sering tergesek.

Petak-petak kulit yang kering dan kasar juga dapat ditemukan di pipi, sekitar mulut, dan di lengan, terutama pada anak-anak. Ada orang-orang yang menderita perleche, yaitu peradangan dan rasa sakit di sudut-sudut bibir. Kondisi ini berbeda dengan herpes di bibir yang disebabkan oleh serangan virus. 

Banyak orang yang merasa malu dan frustasi  karena kulit kering dan ruam kemerahan mudah terlihat. Jelas bahwa kondisi kulit iritasi dapat berdampak serius bagi kehidupan penderitanya. Untungnya, dengan kebiasaan perawatan kulit dan pemilihan produk-produk perawatan kulit yang tepat, kulit yang kering – sangat kering dapat diperbaiki.

Kebiasaan perawatan kulit sehari-hari perlu dilakukan terutama ketika Anda memiliki kulit yang rentan atopik.

  • Bersihkan area kulit yang iritasi dan rusak dengan La Roche Posay Lipikar Syndet
  • Jika perlu, lindungi area kulit tersebut dengan kain kassa.
  • Dua sampai tiga kali sehari, aplikasikan produk yang diformulasikan untuk melindungi kulit dan mempercepat perbaikannya, seperti La Roche Posay Cicaplast Baume B5 Repairing Balm.
  • Jika ada area yang terekspos sinar matahari, gunakan produk perawatan yang mengandung SPF di kulit yang rusak untuk menghindari risiko terbentuknya noda gelap (hiperpigmentasi pascainflamasi). La Roche Posay Anthelios Fluide SPF50  dapat membantu menyaring sinar UV yang menyebabkan munculnya noda gelap.
  • Pilih produk makeup yang sesuai untuk kulit kering dan sensitif

Jangan lupa lakukan perawatan khusus tangan berikut ini:

  • Aplikasikan krim tangan secara teratur. Kulit yang iritasi lebih sensitif terhadap wewangian dan bahan-bahan tertentu, jadi pilihlah krim tangan Anda dengan seksama. La Roche Posay Cicaplast Mains Hand Cream adalah solusi yang bebas alkohol dan wewangian untuk menenangkan, memperbaiki, dan melindungi kulit tangan yang kering dan pecah-pecah. Produk ini telah diuji pada tangan yang rusak dan terlalu banyak bekerja. Dapat digunakan untuk perawatan di rumah maupun profesional.
  • Gunakan pembersih tangan yang diformulasikan khusus untuk kulit kering dan iritasi
  • Jika kedua tangan Anda sering terkena air, makanan, dan lainnya, Anda dapat  mengenakan sarung tangan pelindung, tapi pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi lateks. 
  • Untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan luar ruangan, kenakan sarung tangan pelapis yang terbuat dari katun di dalam sarung tangan pelindung.

EKSIM ATOPIK VS KULIT KERING: KENALI PERBEDAANYA

Eksim atopik dan kulit kering adalah dua kondisi kulit yang berbeda. Pada kulit kering, lapisan pelindung permukaan kulit (atau lapisan hidrolipid) menjadi lemah akibat agresor luar, seperti polusi, produk-produk yang keras, cuaca dingin, dan lainnya. Ini menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, pecah-pecah, dan retak.

Sementara itu, eksim atopik adalah kondisi yang cukup berbeda. Kondisi atopik (alergi) ini umumnya terjadi pada bayi dan balita, walaupun orang dewasa juga dapat menderitanya. Pada eksim atopik, kondisi kulit secara alami memang kering (bukan akibat paparan agresor luar), sehingga zat-zat alergen atau pengiritasi dari lingkungan (tungau debu rumah, serbuk sari, bubuk deterjen, dan lainnya) dapat masuk ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan peradangan. 

Intinya, eksim adalah kondisi alergi yang umumnya menyerang anak-anak dan sering disertai dengan kondisi atopik lainnya seperti asma dan rhinitis alergi.

EKSIM ATOPIK VS KULIT KERING:GEJALA-GEJALANYA

Gejala-gejala kulit kering dan eksim atopik juga berbeda. Pada kulit kering, Anda mungkin merasakan sensasi seperti ditusuk-tusuk, terbakar, dan gatal ringan. Sedangkan pada kulit yang rentan eksim, rasa gatal (disebut dengan pruritus) lebih jelas dan terasa. 

Pada eksim atopik, anak-anak penderitanya dapat merasakan rasa gatal luar biasa karena kulit yang kering, sehingga mengganggu kualitas tidur dan hidup mereka. Perbedaan penting lain dari keduanya adalah lokasi iritasinya. Kulit kering dapat terjadi di mana saja di wajah dan tubuh, sementara eksim atopik biasanya terlihat di wajah dan kulit kepala bayi, di lipatan kulit, di siku, serta di belakang lutut anak-anak. 

EKSIM ATOPIK VS KULIT KERING: SOLUSINYA

Eksim atopik umumnya diobati dengan krim steroid yang digunakan saat sedang terjadi peradangan, dan pelembap emolien seperti La Roche Posay Lipikar Baume AP+ Body Balm untuk perawatan. Produk ini secara instan akan menenangkan kulit yang rentan eksim atopik dan kulit yang ekstra kering. Jika diaplikasikan setiap hari, produk ini membantu meredakan peradangan akibat kulit yang kering parah. Selain itu, produk ini dapat digunakan untuk semua anggota keluarga, mulai dari bayi baru lahir, bayi, sampai orang dewasa.

Kulit kering dapat ditenangkan dan dihidrasi dengan La Roche Posay Lipikar Baume AP+ Body Balm atau La Roche Posay Lipikar Fluide jika Anda menginginkan tekstur yang lebih ringan. Untuk menguatkan fungsi pelindung kulit dan menenangkan kulit yang pecah-pecah, gunakan soothing balm yang telah diuji secara dermatologis seperti La Roche Posay Cicaplast Baume B5 Repairing Balm.

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.