Cara Tepat Menggunakan Serum untuk Mencerahkan Wajah

Article Read Duration 8 menit membaca

Kulit wajah yang sehat dan awet muda merupakan kondisi ideal yang diharapkan  banyak orang. Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu karakteristik dari kondisi ini adalah kulit wajah yang terlihat cerah. Mencerahkan kulit bukanlah mengubah warna kulit menjadi putih, tapi memperbaiki kondisi kulit sehingga tampak terang dan bercahaya (glowing) tanpa mengubah warna kulit asli. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan pemakaian serum untuk mencerahkan wajah dalam perawatan wajah sehari-hari.

Seperti Apa Kulit Wajah yang Cerah?

Di masyarakat, ada stigma kalau kulit yang cerah adalah kulit yang putih. Karena itu, jika ada produk yang ditujukan untuk mencerahkan wajah, maka dianggap produk tersebut dapat membuat warna kulit asli menjadi lebih putih. Padahal, mencerahkan kulit wajah adalah proses membuat kulit wajah tampak terang dan bercahaya, bukan sebagai proses mencegah pigmen kulit terbentuk sehingga warna kulit asli berubah menjadi lebih putih.

Kulit yang tampak cerah dan bercahaya tergantung dari kemampuan permukaan kulit untuk memantulkan cahaya dari luar. Kulit yang lembap dengan tekstur yang halus akan dapat memantulkan cahaya dengan baik. Namun pertambahan usia menyebabkan proses regenerasi sel-sel kulit melambat, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di stratum corneum. Akibatnya, kulit wajah menjadi kering, teksturnya kasar, tampak kusam, dan tidak dapat memantulkan cahaya dengan baik.

Kulit juga akan tampak cerah jika terbebas dari masalah hiperpigmentasi dan warna kulit merata. Warna kulit yang tidak merata akibat hiperpigmentasi, baik berupa solar lentigo, melasma, dan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation) dapat membuat wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kulit juga akan terlihat kusam jika pemiliknya merokok, kulit mengalami dehidrasi, terpapar polusi, dan terpengaruh oleh perubahan cuaca. 

 

Cara Mencerahkan Wajah Menggunakan Serum 

Untuk mengatasi kulit kusam dan mendapatkan wajah yang cerah bercahaya, Anda bisa menambahkan penggunaan serum untuk mencerahkan wajah dalam rutinitas perawatan kulit dasar.

Serum adalah produk skincare yang mengandung konsentrat bahan aktif dengan jumlah tinggi. Tekstur serum yang ringan membuat bahan aktif dapat menyerap dengan cepat ke dalam lapisan kulit sehingga efektif dalam mengatasi masalah kulit. Hasilnya pun bisa didapatkan dengan waktu lebih singkat daripada menggunakan produk skincare lainnya. Serum merupakan produk skincare yang ditujukan untuk mengatasi masalah kulit, seperti masalah hiperpigmentasi, penuaan, kulit kusam, jerawat, dan kulit dehidrasi.

Produk serum yang bagus untuk mencerahkan wajah mengandung bahan-bahan aktif yang sesuai dan sudah terbukti efektivitasnya. Vitamin C (ascorbic acid) misalnya, dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi dengan menghambat kerja enzim tirosinase dalam pembentukan melanin, sehingga noda hitam menjadi pudar dan samar. Bahan aktif lainnya yang juga dapat membantu mencerahkan wajah  di antaranya adalah alpha arbutin, niacinamide, azelaic acid, glabridin, dan kojic acid.

Berbagai jenis asam yang masuk dalam kelompok AHA (alpha-hydroxy acid), di antaranya adalah glycolic acid, citric acid, dan lactic acid, serta BHA (beta-hydroxy acid) berupa salicylic acid, juga umum dijumpai di produk serum untuk mencerahkan wajah. AHA dan BHA merupakan kelompok asam eksfolian yang paling banyak digunakan untuk mengeksfoliasi kulit untuk mendapatkan tekstur kulit yang halus. Dua kelompok asam ini juga membantu memudarkan noda hitam dan mendorong regenerasi sel-sel kulit. 

 

Dua Rekomendasi Serum untuk Mencerahkan Wajah dari La Roche-Posay

Sebagai cara mencerahkan kulit wajah dan membuatnya bercahaya, Anda bisa menggunakan serum mencerahkan wajah dari La Roche-Posay. Ada dua varian serum yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi kulit Anda, yaitu La Roche-Posay Pure Vitamin C10 Serum dan La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum.

La Roche-Posay Pure Vitamin C10 Serum merupakan serum antioksidan yang membantu mencerahkan kulit, melawan tanda-tanda penuaan kulit, serta menghaluskan tekstur kulit. Serum ini memiliki kandungan pure Vitamin C, yaitu bentuk Vitamin C yang paling aktif secara biologis, yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menetralkan radikal bebas.

Serum untuk mencerahkan wajah ini dilengkapi pula dengan kandungan salicylic acid yang mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit, hyaluronic acid yang menyamarkan kerutan dan merawat kekencangan kulit, serta thermal water dan neurosensine yang melindungi dan menenangkan kulit sensitif dan rentan iritasi.

Rekomendasi serum untuk mencerahkan wajah selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum. Memiliki kandungan niacinamide sebesar 10%, serum ini membantu menyamarkan noda hitam di wajah dan tanda-tanda hiperpigmentasi, sehingga warna kulit tampak merata dan cerah. Niacinamide juga membantu menenangkan kulit dan melindungi skin barrier.

Serum ini juga mengandung HEPES exfoliator yang lembut untuk membantu mengeksfoliasi kulit wajah secara ringan sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus dan tampak cerah, serta hyaluronic acid yang membantu hidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan lembap.

Kedua serum untuk mencerahkan wajah ini memiliki tekstur yang cair sehingga mudah menyerap, dan mudah dibaurkan. Hasilnya akhirnya adalah kulit yang terasa lembap dan lembut tapi tidak berminyak dan tidak lengket. Keduanya telah diuji di bawah pengawasan dermatolog juga telah diuji alergi sehingga aman bagi kulit yang sensitif. 

 

Cara Menggunakan Serum untuk Mencerahkan Wajah

Baik La Roche-Posay Pure Vitamin C10 Serum dan La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum dapat digunakan pada pagi dan malam hari di wajah yang telah dibersihkan dan sebelum memakai pelembap. Gunakan serum sebanyak 3—5 tetes untuk seluruh wajah dan leher bagian depan secara merata. Tunggu beberapa menit sampai serum menyerap dengan sempurna, baru Anda aplikasikan pelembap.

Karena Vitamin C dan niacinamide merupakan bahan yang tinggi antioksidan, maka kedua serum ini dapat digunakan pada pagi hari untuk membantu mengoptimalkan kerja sunscreen dalam melindungi kulit dari radiasi sinar UV dari matahari.

Namun perlu Anda perhatikan kalau kandungan pure Vitamin C di La Roche-Posay Pure Vitamin C10 Serum mudah teroksidasi, maka simpan serum di tempat sejuk serta pastikan tidak terkena paparan sinar matahari langsung dan baik digunakan 6 bulan setelah tutup dibuka.

Jika Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari serum untuk mencerahkan wajah La Roche-Posay Pure Vitamin C10 Serum atau La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum, Anda bisa membelinya di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Millar. (2022, February 23). What to know about brightening skin (Caldwell, Ed.). MedicalNewsToday.com. Retrieved August 16, 2023, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-brighten-skin

2Rodan, K., Fields, K., Majewski, G., & Falla, T. (2016, December). Skincare Bootcamp: The Evolving Role of Skincare. Plastic and Reconstructive Surgery - Global Open, 4(12S), e1152. https://doi.org/10.1097/gox.0000000000001152

3Ibid

4Lindberg. (2020, September 15). Benefits of Face Serum: Expert Advice on What to Know (Cobb, Ed.). Healthline.com. Retrieved August 16, 2023, from https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum

5Couteau, C., & Coiffard, L. (2016, July 25). Overview of Skin Whitening Agents: Drugs and Cosmetic Products. Cosmetics, 3(3), 27. https://doi.org/10.3390/cosmetics3030027

6Ibid

BENAR
ATAU SALAH

MAKANAN PEDAS DAPAT
MEMICU SENSITIVITAS KULIT. .

BENAR

Jika dinding pembuluh darah Anda menjadi rapuh, faktor eksternal tertentu seperti mengonsumsi makanan pedas, minum alkohol, mandi air panas, atau suhu penghangat ruangan yang terlalu tinggi dapat memicu kemerahan dan sensitivitas kulit.
Pelajari Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI RUMAHAN MERUPAKAN
PERAWATAN YANG BAIK UNTUK KULIT SENSITIF.

SALAH

Meskipun lezat, isi kulkas atau lemari dapur sebenarnya bisa membahayakan kulit sensitif Anda. Pengobatan "alami" rumahan atau buatan sendiri seperti masker madu, havermut, alpukat, dan cokelat sebaiknya dihindari karena berpotensi mengandung alergen dan iritan. Sebaiknya, carilah solusi dan perawatan kulit yang dikembangkan oleh para ahli.
Pelajari Selengkapnya

EMOSI
DAPAT MEMENGARUHI KULIT SENSITIF SAYA.

BENAR

Stres dan emosi yang kuat menyebabkan pembuluh darah di kulit membesar, sehingga memicu kemerahan dan rasa tidak nyaman. Banyak orang menemukan latihan kesadaran diri atau teknik relaksasi serupa sebagai solusi penting untuk menjaga kulit sensitif mereka di zona tenang. Pendekatan ini sangat bagus jika dikombinasikan dengan perawatan kulit sensitif yang dikembangkan oleh para ahli seperti rangkaian TOLERIANE.
Pelajari Selengkapnya

KULIT SENSITIF AKAN
TERLIHAT BERBEDA.

SALAH

Salah satu hal yang menjengkelkan tentang kulit sensitif adalah meskipun gejala yang Anda alami sangat mengganggu, dokter akan sering mengatakan kulit Anda "normal" karena tidak ada tanda-tanda yang terlihat. Namun, ahli dermatologi yang paham akan mengetahui karakteristik kulit sensitif dan merekomendasikan perawatan khusus untuk kulit sensitif atau hipersensitif.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

TOLERIANE ULTRA telah terbukti pada kulit yang rentan alergi dalam 10 studi klinis terhadap 4.475 pasien.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

TOLERIANE adalah rangkaian produk yang dirancang untuk menghidrasi, menenangkan, dan melindungi kulit sensitif hingga kulit rentan alergi.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG KULIT SENSITIF

JERAWAT PADA PRIA DEWASA:
MERAWAT KULIT DAN JANGGUT
BACA SELENGKAPNYA