Banyak Orang Salah Mengaplikasikan Sunscreen, Ini Cara Memakai Sunscreen yang Tepat

Article Read Duration 5 menit membaca

Indonesia yang merupakan negara tropis dengan matahari yang bersinar terik hampir setiap hari, membuat warganya berpotensi tinggi untuk terpapar radiasi sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari. Namun sayangnya, kesadaran orang Indonesia untuk melindungi kulit dengan pemakaian sunscreen tergolong rendah. Ini masih ditambah dengan kurangnya pengetahuan cara memakai sunscreen yang tepat. Padahal, pemakaian sunscreen yang tepat akan membantu Anda terhindar dari berbagai masalah kulit akibat radiasi sinar UV, termasuk kanker kulit.

 

Pilih Produk Sunscreen yang Bagus Terlebih Dahulu

Sebelum mempelajari cara memakai sunscreen yang benar dan tepat, tentu saja Anda sebaiknya memilih produk sunscreen yang paling sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Menurut American Academy of Dermatology (AAD) Association, ada tiga hal dasar yang harus diperhatikan dalam memilih produk sunscreen, yaitu:

  • Perlindungan ganda terhadap sinar UVA dan UVB. Di Amerika Serikat, perlindungan ganda ini disebut dengan spektrum luas (broad spectrum), sementara di Eropa, ditandai dengan tulisan SPF dan tulisan UVA yang dilingkari di kemasannya. Sedangkan menurut Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 30 Tahun 2020, Indonesia mengikuti sistem dari negara Jepang dengan menuliskan SPF dan PA.
  • Tingkat perlindungan yang diberikan. PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) merekomendasikan memakai sunscreen dengan tingkat perlindungan minimal SPF 30 untuk sinar UVB dan PA++ untuk sinar UVA. SPF 30 akan menyaring 96 persen sinar UVB sehingga masuk kategori perlindungan tinggi, sementara PA++ memberi perlindungan tingkat sedang terhadap sinar UVA. 
  • Ketahanan terhadap air. Jika Anda akan melakukan aktivitas di dalam air atau aktivitas yang membuat tubuh banyak berkeringat, produk sunscreen yang tahan air (water resistant) menjadi pilihan yang tepat. FDA (Food and Drug Administration), semacam BPOM di Amerika Serikat, mengategorikan produk sunscreen yang tahan air dapat bertahan 40 menit walau terkena air, sedangkan sangat tahan air (very water resistant) dapat bertahan sampai 80 menit. 

 

Rekomendasi Sunscreen SPF 50 untuk Seluruh Tubuh 

Tak hanya kulit wajah yang perlu dilindungi oleh sunscreen, tapi juga kulit seluruh tubuh, terutama di area yang tidak tertutupi oleh pakaian. Pasalnya, masalah-masalah kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar UV dari matahari yang berlebihan dan berlangsung terus-menerus, seperti warna kulit menggelap, penuaan dini, kulit yang terbakar, hiperpigmentasi, sampai ke kanker kulit, tidak hanya bisa terjadi di wajah tapi juga di seluruh tubuh.

La Roche-Posay ANTHELIOS Hydrating Body Lotion SPF 50+ PA++++ dapat menjadi andalan Anda untuk melindungi kulit tubuh dari efek buruk sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan. Dilengkapi dengan filter UV Mexoryl XL, sunscreen badan dalam bentuk losion ini dapat memberi perlindungan sangat tinggi terhadap sinar UVA dan UVB, bahkan sinar UVA gelombang panjang (340—400nm) yang dapat masuk sampai ke lapisan dermis kulit.

La Roche-Posay ANTHELIOS Hydrating Body Lotion SPF 50+ PA++++ merupakan sunscreen untuk kulit sensitif yang umumnya reaktif terhadap paparan sinar matahari. Kandungan glycerin membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit sensitif yang biasanya kering, sekaligus membantu memelihara kondisi skin barrier. Sunscreen ini juga tidak mengandung parfum sehingga mengurangi potensi iritasi di kulit yang sensitif. Telah diuji di bawah pengawasan dermatolog dan dokter anak, serta telah diuji alergi, sehingga aman untuk kulit sensitif.

La Roche-Posay ANTHELIOS Hydrating Body Lotion SPF 50+ PA++++ ini dilengkapi pula dengan Netlock Technology yang mengunci filter UV di kulit untuk memberi perlindungan ultra. Teksturnya berupa cream yang ringan membuat sunscreen ini tidak berminyak, tidak lengket, cepat meresap, dan mudah dibaurkan, sehingga cocok juga untuk dijadikan sunscreen SPF 50 untuk kulit berminyak. Formulanya sangat tahan air dan keringat, sehingga dapat Anda aplikasikan untuk melindungi kulit sebelum berenang atau bermain di pantai. 

 

Tips Cara Memakai Sunscreen yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat La Roche-Posay ANTHELIOS Hydrating Body Lotion SPF 50+ PA++++ sesuai dengan klaimnya, maka Anda harus mengetahui cara memakai sunscreen yang tepat. Tak hanya cara aplikasinya yang harus tepat, tapi juga takarannya. Berikut ini beberapa tips dari AAD yang bisa Anda terapkan.

  • Apa pun jenis sunscreen-nya, cara memakai sunscreen yang tepat diawali dengan aplikasi sekitar 20 menit sebelum Anda beraktivitas di tempat yang terpapar sinar matahari. Dengan demikian, sunscreen punya waktu untuk membentuk perlindungan bagi kulit.
  • Takaran aplikasi sunscreen yang direkomendasikan adalah 2 mg/cm² kulit. Sebagai pembanding, jumlah ini setara dengan ½ sendok teh atau dua jari penuh untuk aplikasi di seluruh wajah dan leher bagian depan. Sedangkan untuk seluruh tubuh, jumlah yang disarankan adalah 30 ml.
  • Cara memakai sunscreen yang tepat adalah mengusapkannya dengan lembut di kulit tubuh dan wajah. Hindari mengaplikasikan dan meratakan sunscreen dengan menggosokkan ke kulit karena tindakan ini akan mengurangi perlindungan SPF di sunscreen sampai 25 persen. Penyebabnya adalah gosokan ke kulit malah akan membuat sunscreen yang sudah menempel di kulit berpindah ke telapak tangan.
  • Aplikasikan sunscreen secara merata di kulit bagian tubuh yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Untuk bagian tubuh yang sulit dijangkau, misalnya di punggung, cara memakai sunscreen yang disarankan adalah dengan meminta bantuan orang lain untuk mengaplikasikannya. Jika rambut Anda tipis atau botak, maka jangan lupa untuk juga mengaplikasikan sunscreen di kulit kepala.
  • Aplikasikan ulang sunscreen setiap 2—3 jam sekali, atau langsung aplikasikan ulang setelah berenang, banyak berkeringat, wudhu, mandi, atau mencuci wajah. Terapkan kembali cara memakai sunscreen yang disarankan di atas.

Terapkan cara memakai sunscreen yang tepat ini setiap pagi dan siang hari saat memakai La Roche-Posay ANTHELIOS Hydrating Body Lotion SPF 50+ PA++++. Produk sunscreen ini bisa Anda beli secara online di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1How to select a sunscreen. (2013). AAD.org. Retrieved August 12, 2023, from https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/shade-clothing-sunscreen/how-to-select-sunscreen

2Ini Sebabnya Anda Tak Perlu Takut Mandi Matahari Selama Pakai Sunscreen. (2022, June 30). Perdoski.id. Retrieved August 12, 2023, from https://perdoski.id/article/detail/87-ini-sebabnya-anda-tak-perlu-takut-mandi-matahari-selama-pakai-sunscreen

3Ngoc, Tran, Moon, Chae, Park, & Lee. (2019, November 1). Recent Trends of Sunscreen Cosmetic: An Update Review. Cosmetics, 6(4), 64. https://doi.org/10.3390/cosmetics6040064

4How to apply sunscreen. (2013). AAD.org. Retrieved August 12, 2023, from https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/shade-clothing-sunscreen/how-to-apply-sunscreen

5Sayre, Powell, & Rheins. (1991, October 8). Product application technique alters the sun protection factor. Photodermatol Photoimmunol Photomed, 8(5), 222–224. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1822686/ 

BENAR
ATAU SALAH

MATAHARI BISA MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

LULUS UJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, berjerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI

PEDOMAN DASAR
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI
Baca selengkapnya
placeholder STRES DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT,
YANG BISA MENIMBULKAN DEPRESI
Baca selengkapnya
placeholder JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA
Baca selengkapnya