Apa Itu Skin Barrier? Ini Penjelasan Lengkapnya

Article Read Duration 5 menit membaca

Skin barrier mendapat banyak sekali perhatian beberapa tahun terakhir ini, karena semakin banyak pihak yang sadar mengenai besarnya peranan lapisan penghalang kulit ini dalam melindungi dan menjaga kondisi kulit. Penjelasan lengkap mengenai apa itu skin barrier dan cara perawatannya yang benar dapat Anda temukan di bawah ini.

Apa Itu Skin Barrier?

Untuk mengetahui apa yang dimaksud skin barrier, Anda harus mempelajari dulu tentang kulit Anda. Kulit merupakan organ terluar tubuh yang fungsi utamanya adalah menjadi penghalang permeabel yang bertugas melindungi kulit dari agresor eksternal (kuman, racun, dan zat-zat berbahaya lainnya) untuk masuk ke dalam tubuh, serta mencegah air dari lapisan kulit menguap ke udara. Kulit terdiri dari lapisan-lapisan yang membentuk struktur, yaitu epidermis sebagai lapisan terluar, dermis, dan hipodermis sebagai lapisan paling bawah.

Epidermis menjadi lapisan kulit tempat proses perlindungan ini berlangsung. Sebagai bagian terluar dari epidermis terdapat lapisan stratum korneum yang bekerja keras untuk menjalani fungsi skin barrier ini. Beberapa fungsi yang dijalankan oleh stratum korneum adalah mempertahankan dan menjaga jumlah air di kulit, merespon dan mencegah serangan dari mikroba dan antigen dari lingkungan, mengurangi efek paparan sinar UV dari matahari, dan mengurangi dampak buruk dari stres oksidatif.

Para ahli kulit banyak yang mengibaratkan stratum korneum sebagai tembok yang terdiri dari bata dan mortar. Yang menjadi batanya adalah korneosit, sedangkan yang menjadi mortarnya adalah berbagai jenis lipid, yaitu ceramide, kolesterol, dan asam lemak bebas. Selain itu, di stratum korneum juga terdapat senyawa-senyawa yang tergabung dalam natural moisturizing factors (NMF), yang tugasnya menjaga hidrasi korneosit.

Berbagai Penyebab Skin Barrier Rusak

Setelah mengetahui apa itu skin barrier, maka Anda juga harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan skin barrier menjadi rusak dan tidak berfungsi dengan optimal. Secara umum, kerusakan lapisan epidermis dapat terjadi akibat adanya cedera yang akut di kulit, paparan dari zat-zat kimia yang terlalu keras, atau penyakit kulit yang kronis. Kerusakan epidermis akan berdampak ke stratum korneum atau skin barrier, salah satunya terlihat dari terjadinya peradangan di kulit.

Kerusakan skin barrier juga bisa terjadi akibat faktor lingkungan, termasuk di antaranya adalah faktor cuaca seperti suhu, kelembapan udara, dan sinar matahari, serta faktor agresor lingkungan seperti polusi, zat-zat kimia berbahaya, iritan, dan allergen. Kerusakan ini dapat terjadi akibat aktivitas sehari-hari, misalnya paparan deterjen saat mencuci pakaian, mandi menggunakan sabun dengan pH alkali, paparan partikel polusi di kota-kota besar, serta pekerjaan yang membuat kulit banyak terpapar zat-zat kimia dan air. 

Radiasi sinar UV dari matahari, baik sinar UVA dan UVB, memiliki peranan besar dalam kerusakan skin barrier dan membuatnya menjadi rentan dan semakin mudah ditembus. Sinar UVB disebutkan dapat menyebabkan jumlah air yang menguap dari lapisan kulit semakin banyak. Selain itu, sinar UVB juga mengurangi jumlah lipid yang terdapat di stratum corneum.

Tanda-tanda dari skin barrier yang rusak adalah kulit yang kering dan bersisik, gatal, tekstur kulit kasar, perubahan warna kulit, adanya peradangan kulit seperti jerawat, kulit menjadi lebih sensitif, dan terjadinya infeksi kulit baik oleh virus, bakteri, dan jamur. Mengetahui apa itu skin barrier dan penyebab kerusakannya akan membantu Anda melakukan perawatan yang tepat, termasuk menggunakan skincare untuk skin barrier yang disarankan.

Tips Memperbaiki Skin Barrier agar Kembali Berfungsi Optimal

Sebenarnya tubuh punya caranya sendiri untuk memperbaiki skin barrier rusak. Namun, Anda juga dapat melakukan perawatan kulit dengan memakai produk-produk skincare yang diformulasikan untuk membantu merawat dan memperbaiki skin barrier, termasuk di antaranya adalah moisturizer untuk skin barrier. Moisturizer memiliki peranan penting dalam merawat skin barrier karena dapat melembapkan, sekaligus dapat membentuk lapisan yang mencegah air menguap ke udara dalam jumlah besar.

Anda bisa memilih moisturizer yang tepat untuk merawat dan memperbaiki skin barrier, misalnya moisturizer yang memiliki paduan bahan-bahan pelembap humektan, emolien, dan oklusif. Selain itu, pilih juga moisturizer yang memiliki kandungan bahan yang dapat memperbaiki skin barrier, seperti ceramide, asam lemak, niacinamide, dan squalane. Hindari dulu produk yang memiliki kandungan eksfolian seperti AHA, BHA, dan retinoid.

La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+ merupakan krim serbaguna yang dapat membantu merawat, melindungi, dan menenangkan kulit kering, serta skin barrier dengan optimal. Manfaat ini didapatkan dari kandungan 5% panthenol (Vitamin B5) yang memberi rasa nyaman pada kulit yang teriritasi ringan. Ada pula madecassoside (ekstrak tanaman Centella asiatica) yang dapat membantu memperbaiki kelembapan dan menenangkan kulit, serta merawat skin barrier.

La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+ dapat digunakan untuk kulit wajah, bibir, dan seluruh tubuh, baik pada orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi (usia tiga bulan ke atas). Formulanya tidak mengandung fragrance, telah diuji alergi, dan diuji di bawah pengawasan dermatolog dan dokter anak sehingga dapat digunakan oleh kulit sensitif.

Kini sudah jelas bukan, apa itu skin barrier dan cara perawatannya? Jangan lupa untuk memasukkan La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+ sebagai moisturizer untuk merawat skin barrier Anda. Dapatkan produk ini secara online di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Rosso, J. D., Zeichner, J., Alexis, A., Cohen, D., & Berson, D. (2016, April 1). Understanding the Epidermal Barrier in Healthy and Compromised Skin:Clinically Relevant Information for the Dermatology Practitioner: Proceedings of an Expert Panel Roundtable Meeting. PubMed Central (PMC). Retrieved April 18, 2023, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5608132/

2ARTICLE: Evolution of Skin Barrier Science for Healthy and Compromised Skin - JDDonline - Journal of Drugs in Dermatology. (2023, April 12). JDDonline - Journal of Drugs in Dermatology. Retrieved April 18, 2023, from https://jddonline.com/articles/article-evolution-of-skin-barrier-science-for-healthy-and-compromised-skin-S1545961621S00s3X/

3Stanborough. (2022, August 31). Skin Barrier Function and How to Repair and Care for It. Healthline. Retrieved April 18, 2023, from https://www.healthline.com/health/skin-barrier

4Rosso, J. D., Zeichner, J., Alexis, A., Cohen, D., & Berson, D. (2016, April 1). Understanding the Epidermal Barrier in Healthy and Compromised Skin:Clinically Relevant Information for the Dermatology Practitioner: Proceedings of an Expert Panel Roundtable Meeting. PubMed Central (PMC). Retrieved April 18, 2023, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5608132/

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.