Cara Memilih dan Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kering

Article Read Duration 5 menit membaca

Memilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit memang tak mudah, apalagi jika Anda memiliki jenis kulit kering yang rentan bermasalah. Kulit kering adalah kulit yang hanya memiliki sedikit kelembapan akibat berbagai penyebab. Karena itu, produk sunscreen untuk kulit kering tak hanya harus memberi manfaat perlindungan terhadap sinar UV, tapi juga dapat membantu melembapkan kulit yang kering.

Penyebab Kulit Kering dan Perawatan yang Disarankan

Kulit kering seringkali diasosiasikan dengan kondisi skin barrier yang lemah dan rusak serta kurangnya jumlah natural moisturizing factors (NMF) yang menyebabkan kelembapan dan hidrasi kulit berkurang. Ciri-ciri dari kulit yang kering adalah kulit terasa kasar, bersisik, kemerahan, gatal, terasa ketat, pecah-pecah, tampak pucat, dan warna kulit menjadi keabu-abuan.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai faktor, yaitu:

  • Genetik.

  • Lingkungan, seperti cuaca yang dingin, kelembapan udara yang rendah akibat AC atau pemanas ruangan, serta paparan sinar matahari yang intens dan berlebihan.  

  • Pekerjaan, terutama yang menyebabkan kulit banyak terpapar air dan iritan.

  • Kebiasaan membersihkan kulit, misalnya mandi yang terlalu lama dan sering, pemakaian sabun atau pembersih wajah dengan pH alkali.

  • Penyakit dan masalah kulit, di antaranya dermatitis atopik, dermatitis kontak, berbagai jenis eksim, dan infeksi.

  • Penyakit.

  • Pola makan.

  • Konsumsi obat-obatan.

Perawatan kulit kering harus fokus kepada memulihkan lipid yang ada di lapisan epidermis kulit, meningkatkan kelembapan kulit, serta mendorong fungsi skin barrier agar kembali optimal. Untuk itu, Anda bisa melakukan perawatan kulit mendasar memakai produk-produk skincare yang khusus diformulasikan untuk kulit kering. Perawatan kulit mendasar ini juga didukung dengan perubahan lainnya.

  • Mengurangi frekuensi mandi dan mencuci wajah. Sehari-hari, wajah cukup dicuci maksimal dua kali sehari dan setelah berolahraga. Gunakan sabun mandi dan pembersih wajah yang lembut dan memiliki pH sedikit asam sehingga tidak membuat kulit menjadi semakin kering. Biasakan mandi dan mencuci wajah menggunakan air dengan suhu ruang, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami di permukaan kulit.

  • Rutin mengaplikasikan moisturizer. Pilih moisturizer dengan tekstur krim atau salep karena dapat melembapkan kulit lebih optimal dibandingkan lotion. Langsung aplikasikan moisturizer setelah selesai mandi atau mencuci wajah untuk mengurangi penguapan air yang terdapat di lapisan kulit ke udara.

  • Mengaplikasikan sunscreen yang cocok untuk kulit kering sebagai langkah terakhir perawatan kulit mendasar. Pemakaian sunscreen sangat penting karena pada kulit kering, kondisi skin barrier tidak ideal sehingga memungkinkan sinar UV dari matahari dengan cepat memapar kulit dan membuat kerusakan. Anda bisa memilih sunscreen untuk kulit kering yang mengandung bahan-bahan pelembap kulit, seperti glycerin, hyaluronic acid, dan shea butter

  • Memastikan kelembapan udara di dalam ruangan berada di level normal dengan memakai humidifier menjadi salah satu cara merawat kulit kering.

  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari dengan minum air putih minimal dua liter dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung air.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kering 

Memilih sunscreen untuk kulit kering memang tak mudah karena banyak hal yang perlu diperhatikan salah satunya agar tidak ada reaksi alergi maupun gatal. Anda bisa memilih produk sunscreen dari La Roche-Posay ANTHELIOS yang menjadi pelopor produk sunscreen yang inovatif dengan pengalaman selama 25 tahun. Kulit kering Anda akan terlindungi secara optimal dari sinar matahari.

Anda bisa mencoba produk sunscreen terbaru dari rangkaian ini, yaitu La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+, yang merupakan produk sunscreen pertama yang dapat melindungi kulit dari sinar ultra long UVA hingga 400nm. Ini dimungkinkan dengan  filter UV inovasi terbaru, yaitu MEXORYL400 yang dapat memberi perlindungan optimal terhadap sinar UVA dan UVB, termasuk sinar ultra long UVA yang tersembunyi dan paling berbahaya.

Sinar ultra long UVA atau UVA1 (panjang gelombang 340—400nm) dapat masuk jauh ke dalam lapisan kulit dan membuat kerusakan di sana. Kerusakan yang terjadi kebanyakan berada di level selular karena sinar ini membuat sel-sel kulit mengalami stres oksidatif. Beberapa konsekuensi dari kondisi ini adalah kerusakan DNA, perubahan struktur lapisan dermis, terganggunya respon imun tubuh, peradangan, hiperpigmentasi, alergi sinar matahari, penuaan, dan kanker kulit.

Tak hanya memberi perlindungan yang optimal, La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ juga terasa nyaman di kulit karena memiliki tekstur yang sangat cair sehingga dapat meresap dengan cepat ke dalam kulit. Keunggulan lainnya adalah kandungan glycerin yang dapat membantu melembapkan kulit, membuat sunscreen ini cocok sebagai sunscreen untuk kulit kering.

Formulanya tidak berminyak, tidak lengket, tidak meninggalkan residu putih yang mengganggu, serta memberi hasil akhir yang nyaris tidak terlihat. Karena tahan air dan keringat, produk sunscreen untuk kulit kering ini juga dapat Anda gunakan saat ingin berenang. 

La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ telah diuji dermatologis dengan hasil aman bagi kulit yang sensitif dan uji oftalmologis dengan hasil aman untuk digunakan di area mata (aman bagi pemakai lensa kontak), tidak mengandung fragrance, dan hypoallergenic.

Tips Aplikasi Sunscreen untuk Kulit Kering yang Tepat

Selain memilih produk sunscreen yang tepat, Anda juga harus mempelajari cara mengaplikasikan sunscreen yang tepat. Berikut ini beberapa tips mengaplikasikan sunscreen menurut American Academy of Dermatology Association:

  • Aplikasikan sunscreen paling tidak 15 menit sebelum pergi ke luar ruangan, karena ini waktu yang dibutuhkan oleh sunscreen untuk meresap ke dalam kulit dan memberi perlindungan optimal.

  • Pastikan Anda mengaplikasikan sunscreen yang cukup, yaitu 2mg sunscreen per cm² kulit. Berdasarkan standar ini, maka untuk seluruh tubuh, jumlah yang disarankan adalah 295 mg. Sementara untuk aplikasi di seluruh wajah, leher bagian depan, dan telinga, Anda bisa memakainya sebanyak dua jari penuh atau 1/3—1/2 sendok teh.

  • Aplikasikan sunscreen untuk kulit kering secara merata di kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk kulit kepala jika rambut Anda tergolong tipis.

  • Agar tetap terlindungi saat berada di luar ruangan, aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali atau langsung setelah berenang dan berkeringat (jika sunscreen tidak waterproof).

Dengan segala keunggulannya, La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ dapat Anda jadikan sunscreen untuk kulit kering untuk perlindungan kulit Anda. Produk ini bisa Anda beli secara online di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Augustin, M., Wilsmann‐Theis, D., Körber, A., Kerscher, M., Itschert, G., Dippel, M., & Staubach, P. (2019, November). Diagnosis and treatment of xerosis cutis – a position paper. JDDG: Journal Der Deutschen Dermatologischen Gesellschaft, 17(S7), 3–33. https://doi.org/10.1111/ddg.13906

2Gade, A., Matin, T., & Rubenstein, R. (2022, November 15). Xeroderma - StatPearls - NCBI Bookshelf. NCBI. Retrieved April 16, 2023, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK565884/

3Venosa, A. (2023, February 17). How to Choose the Best Sunscreen for Your Skin. The Skin Cancer Foundation. Retrieved April 16, 2023, from https://www.skincancer.org/blog/how-to-choose-the-best-sunscreen-for-your-skin/

4Bernerd, F., Passeron, T., Castiel, I., & Marionnet, C. (2022, July 26). The Damaging Effects of Long UVA (UVA1) Rays: A Major Challenge to Preserve Skin Health and Integrity. International Journal of Molecular Sciences, 23(15), 8243. https://doi.org/10.3390/ijms23158243

5How to apply sunscreen. (2013). American Academy of Dermatology Association. Retrieved April 16, 2023, from https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/shade-clothing-sunscreen/how-to-apply-sunscreen

BENAR
ATAU SALAH

MATAHARI BISA MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

LULUS UJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, berjerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI

PEDOMAN DASAR
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI
Baca selengkapnya
placeholder STRES DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT,
YANG BISA MENIMBULKAN DEPRESI
Baca selengkapnya
placeholder JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA
Baca selengkapnya