KULIT KERING DAN RENTAN MENGALAMI EKSIM KULIT? JANGAN DIGARUK!

Article Read Duration 3 menit membaca

Jika anak Anda memiliki kulit yang kering dengan bercak-bercak merah yang gatal, pastikan jangan sampai anak Anda menggaruk kulitnya karena akan menyebabkan sebuah siklus gatal-garuk tanpa henti. Anda dapat mengatasi masalah ini dari berbagai sudut. Pertama, bekali anak Anda dengan produk penghilang gatal instan. Produk ini akan berperan sebagai pengganti kebiasaan menggaruk kulit. Kedua, temukan cara untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa gatal eksim kulit yang sangat mengganggu.

 

Anda dapat menerapkan teknik-teknik distraksi untuk membuat tangan mereka sibuk, misalnya dengan bermain, menggambar, atau prakarya. Anda juga dapat mengajarkan mereka teknik mindfulness untuk menghentikan pikiran dan keinginan menggaruk kulit kering gatal yang mengganggu. Berikut ini beberapa tips terbaik yang dapat Anda baca bersama si Kecil untuk mengerti bahwa menggaruk merupakan musuh terburuk eksim kulit dan cara untuk membekali mereka dengan senjata yang mencegah keinginan untuk menggaruk.

Eksim Kulit Dapat Menghilang Jika Tidak Digaruk

Jika kamu memiliki kulit kering dan eksim atopik, kamu mungkin pernah disarankan untuk tidak menggaruknya. Namun eksim atopik dapat membuatmu merasa sangat gatal dan semakin banyak orang yang menyarankan untuk tidak digaruk, semakin kamu ingin menggaruknya! Saat digaruk, rasa gatal akan hilang, tapi hanya sementara.

Rasa gatal merupakan salah satu gejala eksim atopik. Mengapa banyak orang menyarankan kamu jangan menggaruk? Karena menggaruk kulit yang kering dan gatal malah akan membuat kondisinya menjadi lebih buruk. Saat kamu menggaruk, kuku-kukumu akan menyakiti kulit dan membuatnya meradang sampai kemerahan. Bisa ditebak, ini membuat kulit menjadi semakin gatal.

Jadi, saat kamu semakin banyak menggaruk, kulitmu menjadi semakin gatal dan kondisi eksim kulitmu menjadi semakin buruk. Selain itu, kamu juga akan terjebak dalam siklus gatal-garuk tanpa henti!

Tips untuk Berhenti Menggaruk

Kamu tentu ingin bisa melakukan sesuatu untuk meredakan rasa gatal pada bercak-bercak eksim atopik. Kamu bisa melakukan cara-cara ini sebagai tips untuk berhenti menggaruk kulit:

  • Saat muncul keinginan untuk menggaruk, kamu butuh keajaiban untuk menghilangkan rasa gatal secepatnya. Untungnya, tongkat ajaib anti gatal memang ada dan disebut dengan La Roche Posay Lipikar Stick AP+. Kamu cukup membuat gerakan melingkar dengan La Roche Posay Lipikar Stick AP+ di area yang gatal, maka rasa gatal akan hilang tanpa menyakiti kulitmu seperti saat menggaruk. Ini merupakan cara cepat mengatasi gatal tanpa berdampak buruk seperti saat kamu menggaruk. Dalam dua menit, dijamin kamu akan merasa lebih baik.
  • Saat kulit kering gatal, kamu akan sulit untuk memikirkan hal lain. Padahal, semakin kamu pikirkan, rasa gatal ini akan menghantuimu dan tidak mau pergi. Karena itulah, cara mengatasi kulit kering dan gatal adalah dengan menemukan cara untuk mendistraksi dirimu. Kedua tanganmu senang melakukan aktivitas, jadi gunakan tanganmu untuk melakukan aktivitas selain menggaruk. Lakukan permainan bersama teman-teman, kerajinan tangan, atau ambil pena lalu mulailah menggambar, mewarnai, atau membuat doodle. Sibukkan kedua tanganmu, fokus ke hal-hal lain, dan kamu akan melupakan rasa gatal dengan cepat.
  • Jika eksim kulit terasa gatal, satu cara cerdas untuk menghindari jebakan gatal-garuk adalah Mindfulness. Apa kamu sudah pernah dengar? Tanyakan kepada orang tua dan gurumu untuk memahami tentang hal ini Mindfulness membantumu menghentikan pikiran-pikiran mengganggu yang menyuruh untuk menggaruk dan kamu jadi belajar untuk mengosongkan pikiran. Jadi kamu bisa memikirkan hal lain yang lebih menyenangkan selain rasa gatal!
  • Ingatlah untuk tetap merawat kulitmu bahkan saat kulit tidak terasa gatal. Oleskan krim untuk kulit rentan atopik setiap habis mandi untuk menjaga agar kulitmu tetap terasa nyaman dan lembut. Dengan begitu, kamu membuat ruam-ruam kulit tidak datang terlalu cepat dan mengganggumu!

Jadi jangan lupa, jangan garuk kulitmu! Walaupun awalnya membuatmu puas, tapi menggaruk kulit merupakan salah satu musuh besar dari kulit yang kering serta rentan memiliki eksim kulit. Semakin kamu garuk, semakin gatal jadinya! 

Tetaplah menggunakan tongkat ajaibmu yaitu La Roche Posay Lipikar Stick AP+  saat kulit terasa gatal dan lenyapkan gatal dengan cepat! Selain itu, gunakan kedua tanganmu untuk kesibukan selain menggaruk dan jaga pikiranmu agar tetap sibuk dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan. Dengan cara-cara ini, kebiasaan buruk gatal-garuk akan segera hilang.

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.