Pentingnya Memahami Penyebab dan Cara Mengobati Eksim Kering pada Kulit

Article Read Duration 4 menit membaca

Pernah mengalami ruam merah dengan sensasi rasa gatal yang tidak nyaman? Rasa gatal dan ruam-ruam ini bisa jadi gejala awal dari eksim kering pada kulit. Eksim bisa membuat Anda kewalahan karena rasa gatal yang intens. Sayangnya, penyakit eksim, termasuk eksim kering di tangan, wajah, leher, dan area lainnya, merupakan penyakit kronis, tapi gejala-gejalanya bisa dikendalikan.

Penyebab dan Ciri-Ciri Eksim

Eksim (eczema) merupakan sekelompok kondisi kulit yang umum diderita manusia dengan gejala-gejala berupa ruam, peradangan, rasa gatal, serta penebalan kulit yang kemudian diikuti dengan kulit pecah-pecah. Penyebab eksim belum bisa ditentukan secara pasti, tapi dikaitkan dengan kondisi sistem imun tubuh seseorang serta serangan iritan dan alergen dari lingkungan. Eksim juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Eksim bahkan biasa ditemui pada anak yang orang tuanya memiliki riwayat alergi, eksim, serta asma. 

Eksim punya banyak jenis dan cakupannya sangat luas. Saat seseorang menyebut ia menderita eksim, maka sebenarnya ia menderita dermatitis atopik atau eksim kering yang merupakan salah satu jenis eksim. Eksim kering terjadi saat lapisan penghalang kulit (skin barrier) melemah atau rusak, menyebabkan iritan dan alergen dari lingkungan dengan mudah menyerang tubuh. Lapisan penghalang kulit yang rusak biasa terjadi di kulit yang kering dan sensitif. 

Walau umumnya muncul pada anak-anak di bawah usia lima tahun, tapi eksim kering bisa juga muncul saat usia remaja dan dewasa, dan tingkat keparahannya berbeda-beda tergantung usia. Kabar baiknya, eksim tidak menular, walaupun bisa diturunkan ke anak. Seseorang yang menderita eksim biasanya juga akan menderita asma dan rhinitis alergi. 

Secara lebih detail, ciri-ciri eksim kering atau dermatitis atopik adalah sebagai berikut:

  • Kulit menjadi kering dan bersisik.
  • Rasa gatal yang bisa menjadi intens.
  • Munculnya ruam, bisa kemerahan atau warna yang lebih gelap.
  • Pada kulit sawo matang dan gelap, bisa muncul bintik-bintik berisi cairan. Jika digaruk, bintik-bintik ini bisa pecah dan mengeluarkan cairan bahkan darah.
  • Penebalan kulit bahkan sampai menjadi kerak.
  • Muncul di daerah lipatan seperti lipatan tangan dan belakang lutut, tapi bisa juga muncul di wajah, leher, tangan, dan kaki. 

Perbedaan Eksim Basah dan Kering

Saat mendengar penyakit eksim, otak Anda mungkin secara otomatis langsung membedakan menjadi eksim kering dan eksim basah. Padahal sebenarnya pembedaan ini tidak dikenal dalam dunia medis. Eksim basah sebenarnya digunakan untuk menyebut eksim kering yang sudah terinfeksi. Eksim kering di tangan atau di daerah tubuh lain bisa terinfeksi jika dibiarkan tidak diobati dan digaruk terus-menerus, sehingga membuat luka dan kuman, baik bakteri dan virus, dengan leluasa masuk. 

Ciri-ciri dari eksim kering yang terinfeksi bakteri adalah: 

  • Kulit terasa sangat gatal dan menyengat. 
  • Kerak yang terbentuk berubah warna menjadi kekuningan, oranye, atau warna madu. 
  • Kulit melepuh dan berisi cairan atau nanah yang bisa pecah.
  • Kulit membengkak dan sakit saat disentuh.
  • Pada kasus yang ekstrem, penderitanya akan mengalami demam, menggigil, kelelahan, dan nyeri di sekujur tubuh. 

Ada pula eksim kering yang terinfeksi oleh virus herpes simpleks. Jika tidak segera ditangani, maka infeksi ini akan berkembang menjadi eczema herpeticum. Ciri-ciri dari eksim kering yang terinfeksi virus adalah:

  • Eksim memburuk dengan cepat.
  • Kulit melepuh dan berisi cairan. Jika pecah akibat digaruk, maka akan menyebabkan luka dangkal di kulit.
  • Penderitanya akan merasa tidak enak badan, bahkan menggigil dan demam. 

Karena itu, hindari membiarkan eksim kering yang Anda derita tidak terawat. Segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki faktor risiko eksim kering dan gatal eksim kering sudah muncul agar segera ditangani dan komplikasi dapat dicegah.

Cara Mengatasi Eksim Kering

Karena merupakan penyakit kronis, maka penderita eksim kering akan mengalami siklus kulit gatal dan garuk yang menyebabkan kulit meradang yang membuat kulit menjadi semakin gatal dan semakin digaruk, begitu seterusnya. Jika tidak segera ditangani, eksim kering di tangan, kaki, wajah, leher, dan lainnya dapat membuat hidup Anda tidak nyaman, bahkan sampai membuat Anda tidak bisa tidur dan konsentrasi berkurang saat mengerjakan tugas-tugas. 

Karena itu, mencari tahu cara menghilangkan eksim kering perlu segera Anda lakukan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengalaminya. Memang, yang dimaksud mengobati adalah mengendalikan gejala-gejalanya sehingga eksim kering tidak menjadi lebih parah. Karena sampai saat ini, belum ditemukan cara mengobati eksim kering

Jika eksim kering masih tergolong ringan, maka yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Menghindari faktor pemicunya

Jika Anda belum tahu pasti, maka Anda bisa mencatat jenis makanan, minuman, sabun mandi, deterjen, produk skincare, apa saja aktivitas yang dilakukan saat di luar ruangan, kondisi air di rumah, serta kondisi kesehatan mental saat eksim kering mulai muncul. 

2. Perbaiki lapisan kulit

Melakukan perawatan kulit yang memperbaiki dan menguatkan lapisan penghalang kulit menggunakan produk-produk skincare yang sesuai. Hal yang paling penting adalah menjaga agar kulit lembap maksimal. Anda bisa mandi menggunakan air bersuhu ruang, dan langsung mengaplikasikan produk skincare setelahnya. 

3. Kenakan pakaian dari bahan lembut

Mengenakan pakaian dari bahan yang lembut sehingga tidak menggesek kulit dengan kasar dan menyebabkan keluarnya cairan dan luka. Sebaiknya, pilih pakaian yang ukurannya lebih longgar untuk mengurangi potensi gesekan dengan kulit.

4. Jalani gaya hidup sehat 

Menjalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok, tidur yang cukup, dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hindari dulu olahraga intens yang membuat produksi keringat meningkat karena dapat memicu kondisi eksim kering lebih parah.

Rekomendasi Produk La Roche-Posay untuk Merawat Eksim Kering

Baik untuk eksim kering di tangan atau area tubuh lainnya, Anda bisa merawatnya dengan rangkaian produk La Roche-Posay LIPIKAR yang direkomendasikan untuk kulit sensitif, sangat kering, memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal. Rangkaian produknya sangat aman sehingga dapat digunakan oleh bayi baru lahir.

La Roche-Posay LIPIKAR mengandung bahan-bahan utama berupa shea butter yang dapat merawat selaput hidrolipid kulit, niacinamide yang menenangkan, mengurangi rasa gatal, dan menjadi kondisi lapisan penghalang kulit, serta Aqua posae filiformis untuk merawat kulit yang sangat kering. 

Ada tiga produk La Roche-Posay LIPIKAR yang bisa Anda gunakan secara rutin, yaitu:

1. La Roche-Posay LIPIKAR Syndet AP+ Cleanser, pembersih wajah dan tubuh untuk merawat lapisan lipid kulit, menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, dan mengurangi sensasi rasa gatal. 

2. La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M, pelembap kulit yang membantu merawat kulit sangat sensitif. Secara intensif melawan gatal, mengurangi sensasi rasa gatal, dan menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit. Produk ini juga menutrisi kulit dan merawat lapisan penghalang kulit.

3. La Roche-Posay LIPIKAR Stick AP, yang dengan seketika meringankan sensasi gatal, dorongan untuk menggaruk, dan menyejukkan kulit. Aplikasikan di wajah dan tubuh saat Anda sangat ingin menggaruk. 

Perawatan secara rutin untuk eksim kering di tangan dan area lainnya menggunakan rangkaian La Roche-Posay LIPIKAR akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Untuk mendapatkan rangkaian produk ini, Anda bisa membelinya di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama. 

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.