CARA MENANGANI ECZEMA PADA BAYI, RUAM POPOK,
DAN IRITASI KULIT PADA BAYI BARU LAHIR

Article Read Duration 19 menit membaca

Banyak bayi baru lahir mengalami kondisi kulit gatal, termasuk eczema, dan iritasi umum pada kulit mereka yang sensitif. Meskipun setiap kondisi tersebut memiliki karakteristik dan solusi berbeda (lanjutkan membaca untuk mengetahui informasi selengkapnya), seluruh keluarga akan mendapat manfaat dari rutinitas perawatan harian yang mudah untuk menjaga bayi tetap tenang dan nyaman:

• Mandikan bayi dengan air hangat kuku (suam kuku)
• Gunakan krim atau gel pembersih lembut yang tidak mengandung sabun
• Keringkan dengan cara menepuk dengan lembut
• Gunakan krim pelindung yang sangat lembut bagi kulit
• Ganti popok secara berkala
• Gunakan sunscreen
• Pilih deterjen pakaian hipoalergenik yang sesuai untuk bayi
• Perkenalkan makanan baru satu demi satu untuk melihat kemungkinan adanya reaksi alergi

KULIT BAYI YANG RENTAN ECZEMA

Perawatan yang tepat dalam menangani eczema pada bayi baru lahir dapat memudahkan kehidupan seluruh keluarga

Kondisi kulit yang mudah teriritasi seperti eczema pada bayi baru lahir dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada bayi. Iritasi akibat rasa gatal, dapat menyebabkan bayi menangis, gelisah, dan tidak bisa tidur. Bayi yang kurang tidur dapat mengganggu kehidupan seluruh keluarga, maka orang tua perlu mengetahui cara merawat kulit bayi yang terkena eczema, mencegah serangan, dan menjaga kulit bayi baru lahir. Pasti ada harapan, jadi, lanjutkan membaca!

Apa yang dimaksud eczema pada bayi baru lahir?

Eczema atau atopic dermatitis memiliki unsur genetik dan menurun dalam keluarga. Eczema disebabkan oleh kulit yang bersifat kering (kulit yang secara alami kering, bukan kulit yang menjadi kering setelah terkena produk yang mengiritasi) dan rentan terhadap alergen dan iritan, yang menembus kulit sehingga menyebabkan rasa gatal yang kuat.

Pada bayi baru lahir, eczema biasanya dijumpai di wajah, tetapi juga dapat timbul pada lipatan kulit di sekitar lutut, pergelangan tangan, dan siku seiring pertumbuhan bayi Anda.

Dapatkah eczema meninggalkan bekas luka parut pada bayi saya?

Pada dasarnya, eczema pada bayi tidak meninggalkan bekas luka parut. Jika kulit bayi Anda terinfeksi parah akibat eczema, dan tetap tidak diobati, hal ini berpotensi meninggalkan bekas luka parut. Jika kulit bayi Anda kelihatan terinfeksi akibat eczema (jika mengeluarkan nanah, atau tertutup lapisan kulit keras yang berwarna kekuningan, atau ada luka terbuka), selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

Eczema pada bayi dapat berkurang seiring waktu, tetapi sementara itu Anda perlu mengetahui cara menanganinya

Seiring pertambahan usia, anak lebih jarang terkena eczema, dan, dalam 50% kasus, eczema secara bertahap hilang pada usia kira-kira lima tahun. Namun sementara itu, orang tua membutuhkan nasihat dan tips dari ahli tentang cara menangani gejala dan meminimalisir serangan. Lanjutkan membaca untuk mengetahui saran dan tips tentang cara menangani eczema pada bayi.

CARA MENANGANI
ECZEMA PADA BAYI

Tips sehari-hari untuk dapat hidup lebih nyaman meski dengan eczema

Saat serangan eczema pada bayi baru lahir muncul, untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal, ahli dermatologi dan dokter anak umumnya meresepkan krim kortikosteroid topikal yang digunakan sekali sehari, sebaiknya pada malam hari. Untuk melengkapi dan mengoptimalkan rutinitas perawatan harian si kecil, perhatian khusus harus diberikan pada saat memandikan dan membersihkan kulit bayi:

• Mandikan bayi menggunakan air hangat kuku (suam kuku), dengan suhu tidak lebih dari 37 derajat.
• Gunakan krim atau gel pembersih lembut yang tidak mengandung sabun.
• Keringkan kulit secara menyeluruh dengan cara menepuk dengan lembut.
• Oleskan krim dalam waktu 10 menit setelah bayi Anda mandi. Ini membantu penyerapan bahan aktif dalam krim emolien atau steroid ke dalam kulit.
• Segera setelah lesi eczema mereda (kemerahan memudar dan kulit tidak lagi pecah atau melepuh) krim steroid harus diganti dengan emolien.
• Terakhir, ingatlah untuk memotong dan mengikir kuku bayi agar tidak melukai kulit. Kuku yang hanya dipotong dapat menyisakan ujung yang tajam, jadi jangan lupa untuk menghaluskan dengan mengikirnya!

PRODUK PERAWATAN HARIAN
UNTUK KULIT BAYI BARU LAHIR YANG RENTAN ATOPIC ECZEMA

Penting sekali untuk merawat kulit bayi Anda yang halus dengan sangat hati-hati. Pilih produk yang bebas pewangi, tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi seperti alkohol atau sabun, dan diformulasikan khusus untuk bayi.

La Roche-Posay, yang direkomendasikan oleh lebih dari 90.000 ahli dermatologi, telah mengembangkan produk kosmetik yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sangat sensitif dan rentan guna merawat kulit bayi Anda bersama dengan perawatan yang diresepkan oleh dokter Anda. LIPIKAR adalah produk perawatan kulit yang bebas pewangi, diperkaya dengan Niacinamide dan Shea Butter, dan diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik kulit yang cenderung sangat sensitif dan rentan:

• Membantu meredakan rasa gatal akibat kulit kering
• Menjaga lapisan lipid yang melindungi kulit (pertahanan kulit)
Membantu keseimbangan bakteri baik yang hidup di kulit
• Mengurangi frekuensi serangan kulit yang sangat kering

 

LIPIKAR Syndet adalah krim pembersih lembut tidak mengandung sabun, yang sesuai untuk kulit bayi yang kering dan sensitif.

Beberapa tetes LIPIKAR Cleansing Oil dapat ditambahkan ke air mandi untuk melindungi kulit bayi Anda.

LIPIKAR Baume AP+M adalah lotion lembut yang membantu merawat kulit sensitif yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal.

Perlu diketahui: LIPIKAR Baume AP+M dan LIPIKAR Syndet telah lulus uji di rumah sakit bersalin dan sesuai untuk bayi baru lahir, sejak hari pertama kehidupan.


Baca terus untuk mengetahui saran dari ahli tentang cara merawat kulit bayi yang sensitif dan klik DI SINI untuk mengetahui saran dari ahli tentang cara merawat kulit bayi Anda yang rentan atopic eczema.

DERMATITIS POPOK,
ATAU RUAM POPOK

Meskipun umum diijumpai ruam popok dapat menyebabkan stres ketika terjadi

Sebagian besar bayi akan mengalami ruam popok, dalam tingkat keparahan yang berbeda. Di Amerika ini disebut ruam popok – tetapi apa pun sebutannya, ruam popok terlihat seperti kulit yang berwarna merah dan meradang di sekitar pantat bayi Anda.

Apa penyebab ruam popok?

Kondisi popok yang lembap adalah tempat pertumbuhan ideal bagi jamur atau bakteri tertentu. Kontak dengan enzim pencernaan yang terkandung dalam tinja atau amonia yang terkandung dalam urine juga menjadi faktor penyebab peradangan dan iritasi (dermatitis) pada pantat bayi.

Gesekan dan tekanan berpengaruh: Popok yang terlalu ketat atau tidak pas menimbulkan gesekan yang dapat menyebabkan ruam popok.

Zat kimia yang terkandung dalam beberapa deterjen pencuci atau beberapa produk perawatan kulit juga dapat menyebabkan iritasi, dan bahkan alergi.

Terakhir, penggunaan antibiotik kadang dapat mengganggu keseimbangan normal bakteri baik yang membantu mengendalikan organisme tertentu seperti jamur.

TIPS YANG DAPAT MEMBANTU
MENCEGAH RUAM POPOK

Untuk mencegah infeksi, penting untuk mencegah terjadinya dermatitis popok

Ruam popok biasa, atau dermatitis popok, dapat menyebabkan bayi Anda merasa tidak nyaman dan stres, tetapi juga ada risiko infeksi. Saat ruam popok menjadi infeksi, kemerahan muncul disertai dengan bintil merah di lipatan kulit, kadang juga melepuh dan berisi nanah. Jika Anda melihat tanda-tanda infeksi ini, segera konsultasikan dengan dokter anak atau dokter umum Anda.

Tahukah Anda? 10 hingga 15% konsultasi ke ahli dermatologi disebabkan oleh ruam popok!

Tips sederhana untuk menghindari ruam popok:

• Bersihkan pantat bayi Anda dengan hati-hati menggunakan pembersih bebas sabun. Keringkan pantat bayi dan lipatan kulitnya dengan lembut.
• Ganti popok sesering mungkin untuk mengurangi waktu kontak dengan urine dan tinja (ini berarti mengganti popok di malam hari juga jika bayi Anda terbangun saat mengalami ruam popok).
• Bersihkan pantat dengan lembut, dan biarkan kering lebih dahulu sebelum kembali mengenakan popok.
• Oleskan krim pelindung setiap kali mengganti popok.
• Gunakan krim dan losion yang tidak menimbulkan alergi, bebas pewangi, dan bebas alkohol.

PRODUK PERAWATAN HARIAN
UNTUK MENYEJUKKAN IRITASI PADA PANTAT BAYI

Pemilihan produk perawatan harian yang tepat akan membantu mencegah ruam popok. La Roche-Posay direkomendasikan oleh ahli dermatologi untuk membantu merawat kulit bayi Anda yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal.

Mandikan bayi Anda menggunakan CICAPLAST Lavant B5 atau LIPIKAR Syndet AP+, keduanya merupakan formula pembersih lembut yang tidak mengandung sabun. Tips penting: Hindari penggunaan waslap atau spons, yang dapat menggesek kulit dan menyebabkan iritasi pada kulit si kecil.

SEROZINC mengandung zinc sulphate untuk membersihkan dan menenangkan kulit bayi Anda.

Setelah mandi, oleskan krim CICAPLAST Baume B5+ , dua kali sehari.

Baca terus untuk mengetahui saran dari ahli tentang cara merawat kulit bayi yang sensitif dan klik DI SINI untuk mengetahui saran dari ahli tentang cara merawat kulit bayi Anda yang rentan atopic eczema.

KULIT SENSITIF
PADA BAYI

Bayi memiliki kulit yang sangat halus, dan kebanyakan bayi akan mengalami iritasi umum dari waktu ke waktu. Meskipun memiliki struktur yang sama dengan kulit orang dewasa, kulit bayi lebih rentan terhadap penyerang eksternal seperti bahan kimia dan polusi. Panas, polusi, gesekan pakaian dengan kulit dapat memicu iritasi gatal pada bayi. Meskipun tidak serius, hal ini dapat membuat bayi Anda merasa tidak nyaman dan stres.

Dokter anak dan ahli dermatologi sangat menganjurkan agar anak-anak di bawah usia tiga tahun tidak langsung terpapar sinar matahari, karena kulit mereka lebih sensitif terhadap sinar UV. Catatan: Meskipun bayi dan anak-anak berada di tempat teduh dan tidak langsung terpapar sinar matahari, mereka memerlukan perlindungan dari sinar UVA gelombang panjang karena sinar yang merusak ini masih dapat menembus kulit anak Anda.

TIPS YANG DAPAT MEMBANTU MERAWAT
KULIT BAYI YANG SENSITIF

Langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan agar bayi Anda merasa nyaman

Untuk memastikan kenyamanan dan kesejahteraan bayi Anda, penting untuk menggabungkan rutinitas yang tepat dengan produk yang tepat, sekaligus mudah diterapkan.

• Untuk mencuci pakaian, pilih detergen yang tidak menimbulkan alergi dan aman untuk bayi. Gunakan deterjen ini untuk mencuci pakaian Anda juga, karena bayi sering bersentuhan dengan pakaian dan tempat tidur Anda.
• Kulit bayi harus dibersihkan dan tetap lembap setiap hari. Mandi 5-10 menit, menggunakan air dengan suhu tidak lebih panas dari 37 derajat, sudah cukup untuk membersihkan kulit bayi.
• Selalu keringkan kulit bayi Anda dengan cara menepuk-nepuk dengan sangat lembut.
• Oleskan pelembap pada kulit bayi dalam waktu 10 menit setelah mandi.
• Gunakan produk yang lembut dan bebas pewangi.
• Ketika berada di luar ruangan, selalu gunakan payung/kerai, topi, atau sunscreen dengan SPF tinggi dan spektrum luas yang diformulasikan untuk bayi.
• Ganti popok secara berkala.
• Tunggu beberapa hari sebelum mengenalkan setiap makanan baru ke dalam pola makan mereka.

PRODUK PERAWATAN HARIAN UNTUK BAYI

Kulit bayi membutuhkan formulasi yang sangat lembut dan minimalis. La Roche-Posay adalah merek khusus untuk perawatan kulit bayi dan selalu berkomitmen terhadap keamanan produk.

CICAPLAST Lavant B5 adalah pembersih dengan busa yang sangat lembut, yang sesuai untuk bayi dengan kulit normal.

Untuk opsi lain yang sesuai untuk merawat kulit sensitif yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, silakan coba LIPIKAR Syndet, pengganti sabun bebas pewangi dengan kandungan Shea Butter yang melembapkan dan niacinamide yang menenangkan. Perlu diketahui: Produk ini telah diuji pada bayi baru lahir dalam studi klinis di bawah supervisi ahli pediatri.

Gunakan CICAPLAST Lavant B5 untuk menenangkan, merawat, dan melindungi pantat, bagian belakang lutut, ketiak, dan lipatan tubuh lain yang rentan iritasi.

Untuk kulit tubuh atau wajah bayi Anda yang kering, gunakan LIPIKAR Baume AP+M, emolien bernutrisi dan menenangkan yang telah diuji pada bayi baru lahir, teruji toleransi optimal.

Untuk perlindungan bayi terhadap sinar matahari, ANTHELIOS Dermo-Pediatrics SPF 50+ Baby Lotion yang lembut, ditoleransi dengan baik, menawarkan perlindungan yang sangat tinggi terhadap sinar UVA, UVB, dan sinar UVA gelombang panjang – bahkan ketika tidak terpapar sinar tersebut secara langsung. Teksturnya seperti kepompong yang menghidrasi dan menutrisi kulit bayi Anda untuk perlindungan yang optimal.

Jika kulit bayi teriritasi, semprot area tersebut dengan LA ROCHE POSAY Thermal Spring Water. Berkat sifat alaminya yang menenangkan, produk ini dapat menyejukkan kulit yang teriritasi ringan. Biarkan selama satu menit sebelum menyeka cairannya.

 

Klik DI SINI untuk mengetahui saran dari pakar tentang cara merawat kulit bayi baru lahir yang rentan atopic eczema, dan DI SINI untuk ruam popok [tautan ke: h2 Dermatitis popok, atau ruam popok].

 

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa untuk kulit sensitif, sangat kering, dan kulit yang tampak memerah, terasa pedih maupun panas, atau terasa gatal.,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan memerah, terasa pedih maupun panas, kering, gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG KULIT ECZEMA

placeholder STRES DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT,
YANG BISA MENIMBULKAN DEPRESI
cek informasi berikut ini
placeholder JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA
cek informasi berikut ini
JERAWAT PADA PRIA DEWASA:
MERAWAT KULIT DAN JANGGUT
cek informasi berikut ini