Gampang! Ini 12 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Benar

Article Read Duration 6 menit membaca

Jerawat bukan hanya sekadar masalah kulit yang menimbulkan ketidaknyamanan secara fisik, namun juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Perlu dipahami bahwa kulit yang sehat dan bebas jerawat ibarat kanvas yang pas untuk berkreasi. Namun, untuk mencapai hal ini, perlu ada pemahaman yang mendalam tentang penyebab dan cara menghilangkan jerawat.

Kenali Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat disebabkan oleh beberapa faktor yang berkaitan satu sama lain, mulai dari produksi sebum yang berlebihan, penumpukan sel kulit mati, hingga perkembangbiakan bakteri Propionibacterium acnes pada kulit1. Faktor lain seperti perubahan hormonal, stres, pola makan yang buruk, dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat juga dapat memperparah kondisi jerawat2

 

12 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Benar

 

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan, di antaranya:

 

1. Jaga kebersihan wajah

Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut untuk menghindari penumpukan bakteri dan sebum.

 

2. Gunakan produk dengan berbahan Salicylic Acid dan Niacinamide

Cara menghilangkan jerawat yang kedua adalah dengan menggunakan produk berbahan Salicylic Acid dan Niacinamide. Produk dengan bahan ini terbukti efektif dalam mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat3.

 

3. Hindari pemakaian makeup berlebihan

Memilih produk makeup non-komedogenik dan minimalis dalam pemakaian dapat mengurangi risiko tersumbatnya pori-pori.

 

4. Jangan memencet jerawat

Kebiasaan ini dapat menyebabkan peradangan lebih jauh dan meninggalkan bekas luka.

 

5. Jaga pola makan

Berikutnya, cara menghilangkan jerawat adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3, antioksidan, dan hindari makanan berminyak dan dengan indeks glikemik tinggi.

 

6. Cukup tidur dan mengurangi stres

Kurang tidur dan stres dapat meningkatkan produksi sebum yang memicu jerawat4.

 

7. Gunakan sunscreen setiap hari

Selain itu, cara menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari. Pasalnya, perlindungan dari sinar UV dapat mengurangi risiko peradangan dan memperburuk kondisi jerawat.

 

8. Konsultasi dengan dermatologis

Untuk kasus jerawat yang parah, sebaiknya konsultasi dengan dermatologis untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

 

9. Pemakaian masker alami

Anda juga perlu paham bahwa ada cara menghilangkan jerawat secara alami. Salah satunya dengan menggunakan masker madu atau tea tree oil yang memang punya efek antibakteri yang baik untuk mengatasi jerawat5.

 

10. Hindari menyentuh wajah

Tidak hanya itu, cara menghilangkan jerawat secara alami bisa dengan tidak menyentuh wajah sebab tangan yang kotor dapat membawa bakteri dan menyumbat pori-pori. 

 

11. Jaga kelembaban kulit

Penggunaan moisturizer yang sesuai jenis kulit dapat membantu mengurangi produksi sebum yang berlebihan. 

 

12. Eksfoliasi

Terakhir, cara menghilangkan jerawat adalah dengan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi membantu menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, namun lakukan tidak lebih dari dua kali seminggu untuk menghindari iritasi. 

 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Rekomendasi Produk La Roche-Posay

La Roche-Posay merupakan salah satu merek perawatan kulit yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Dua produk yang bisa digunakan adalah EFFACLAR DUO + M dan aplikasi SPOTSCAN+

 

1. EFFACLAR DUO + M

Produk ini mengandung kombinasi dari Lipohydroxy Acid (LHA), Salicylic Acid, Niacinamide, dan Procerad yang bertindak efektif mengurangi jerawat, meredakan peradangan, dan membantu memudarkan bekas jerawat. Penggunaan secara teratur dapat memperlihatkan perbaikan kondisi kulit dalam beberapa minggu.

 

2. SPOTSCAN+

Inovasi dari La Roche-Posay berupa aplikasi berbasis AI yang dapat menganalisis foto kulit untuk menentukan tingkat keparahan jerawat dan merekomendasikan produk yang tepat. SPOTSCAN+ membantu individu memahami kondisi kulitnya secara lebih akurat dan mendapatkan saran perawatan yang personal.

 

Penggunaan kedua inovasi ini secara bersamaan bisa memberikan hasil yang signifikan dalam merawat kulit yang berjerawat. Penting untuk mengingat bahwa kesabaran dan konsistensi dalam perawatan jerawat sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Jangan lupa untuk selalu lakukan patch test sebelum mencoba produk baru untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi.

Demikianlah informasi terkait cara menghilangkan jerawat. Intinya, mengatasi jerawat memerlukan pemahaman yang mendalam tentang penyebabnya dan pendekatan yang tepat dalam perawatannya. Dengan melakukan berbagai cara yang telah disebutkan dan menggunakan EFFACLAR DUO + M dari La Roche-Posay ke dalam rutinitas perawatan kulit, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bebas jerawat.

Ingat, kesehatan kulit adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan perhatian dan perawatan yang konsisten.

[1] Zaenglein, A. L., Pathy, A. L., Schlosser, B. J., Alikhan, A., Baldwin, H. E., Berson, D. S., ... & Keri, J. E. (2016). Guidelines of care for the management of acne vulgaris. Journal of the American Academy of Dermatology, 74(5), 945-973.e33. https://doi.org/10.1016/j.jaad.2015.12.037

[2] Williams, H. C., Dellavalle, R. P., & Garner, S. (2012). Acne vulgaris. The Lancet, 379(9813), 361-372. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60321-8

[3] Seité, S., Reinhold, K., & Gilbert, E. (2017). Management of acne scars with hydroquinone and a topical retinoid in patients with darker skin types. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 437-440. https://doi.org/10.2147/CCID.S149250

[4] Chiu, A., Chon, S. Y., & Kimball, A. B. (2003). The response of skin disease to stress: changes in the severity of acne vulgaris as affected by examination stress. Archives of Dermatology, 139(7), 897-900. https://doi.org/10.1001/archderm.139.7.897

 

[5] Enshaieh, S., Jooya, A., Siadat, A. H., & Iraji, F. (2007). The efficacy of 5% topical tea tree oil gel in mild to moderate acne vulgaris: A randomized, double-blind placebo-controlled study. Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology, 73(1), 22. https://doi.org/10.4103/0378-6323.30646

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.