PERAWATAN MEDIS UNTUK JERAWAT:
DARI AHLI DERMATOLOGI

Article Read Duration 4 menit membaca

Tergantung pada tingkat keparahan jerawat Anda, ahli dermatologi Anda dapat meresepkan perawatan jerawat seperti:

 

• Retinoid topikal (misalnya adapalene) untuk membuka penyumbatan pori-pori
• Benzoil peroksida (benzoyl peroxide) topikal untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan
• Tablet antibiotika seperti doxycycline
• Tablet isotretinoin (Accutane) untuk mengurangi produksi sebum

 

Semua perawatan medis untuk jerawat memiliki potensi efek samping. Perawatan topikal dapat menyebabkan iritasi dan pengelupasan. Antibiotik oral sering menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Isotretinoin menyebabkan kekeringan ekstrem di kulit dan bibir, dan juga fotosensitivitas (sensitivitas terhadap cahaya UV) dan bahkan mimisan. Bacalah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk setiap efek samping.

Sayangnya, tidak ada perawatan jerawat yang akan bekerja dengan cepat. Tetap sabar menjalankan perawatan Anda adalah kunci keberhasilan.

PERAWATAN JERAWAT MANAKAH
YANG BENAR-BENAR EFEKTIF?

Ada begitu banyak pilihan “obat jerawat” di pasaran. Kami ada di sini untuk memandu Anda.


Untuk mengatasi jerawat, dokter memiliki berbagai opsi perawatan, dermokosmetik atau obat-obatan resep yang efektif, yang harus disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat. Bacalah informasi dari ahli dermatologi rekanan kami Dr Philippe Beaulieu tentang solusi mengatasi jerawat ringan, sedang, dan parah (sistik)beserta efek sampingnya.

Perawatan untuk mengatasi jerawat ringan (sedikit komedo hitam dan bintik kecil yang memengaruhi kurang dari 50% wajah)

Untuk mengatasi jerawat ringan, saya merekomendasikan obat jerawat topikal seperti dermokosmetik yang tepat dan dijual bebas, seperti produk yang mengandung benzoyl peroxide, atau produk yang mengandung retinoid seperti adapalene untuk membantu membuka sumbatan pori-pori. Benzoyl peroxide melawan P. acnes, bakteri yang menyebabkan bintik jerawat, dan juga membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Retinoid adalah kelompok turunan vitamin A dengan hasil yang sangat baik pada jerawat. Obat ini dapat membantu mengelupas sel-sel di permukaan kulit yang menyumbat pori-pori Anda.

Efek samping benzoyl peroxide dan retinoid topikal

Perawatan ini dapat menyebabkan kulit merah, teriritasi, dan terasa kencang, dengan sisik yang terlihat di permukaan kulit. Anda bahkan dapat mengalami rasa perih dan sensasi terbakar.

Apa yang dapat dilakukan jika Anda mengalami efek samping perawatan jerawat topikal

Jangan panik jika kulit Anda mengelupas di awal, karena kulit sedang membiasakan diri terhadap perawatan itu. Jika masih terasa sulit, coba beralih ke formula dengan konsentrasi yang lebih rendah, diencerkan dengan pelembap tanpa minyak atau dengan memberi jarak waktu pemakaian.

Solusi untuk jerawat sedang hingga parah (pori-pori tersumbat, bintik jerawat, dan terkadang nodul, dan memengaruhi lebih dari setengah wajah)

Untuk jerawat sedang hingga parah, saya anjurkan untuk memadukan perawatan topikal yang sama, dengan antibiotik oral seperti doxycycline untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bintik jerawat. Dalam sebagian besar kasus, ini dapat menyembuhkan jerawat.

Efek samping antibiotik oral seperti doxycycline

Obat-obatan oral seperti doxycycline membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Ini berarti bahwa paparan sinar matahari yang ringan dapat menjadikan kulit Anda memerah! Masalah lainnya dengan antibiotik adalah bakteri dapat menjadi kebal dari waktu ke waktu, sehingga perawatan Anda menjadi kurang efektif.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami efek samping antibiotik oral untuk jerawat

Pastikan Anda melindungi kulit dengan SPF tinggi yang sesuai (30-50) selama siang hari. Perawatan tepat yang dijual bebas seperti Effaclar Duo(+) SPF30 memadukan bahan-bahan aktif untuk kulit rentan berjerawat dengan filter sinar matahari yang kuat. Apa pun produk yang Anda pilih, pastikan Anda mencari formula yang ringan, tanpa kandungan minyak, dan non-comedogenic. Dokter Anda akan membatasi durasi perawatan antibiotik Anda untuk membantu menghindari resistensi antibiotik.

Perawatan jerawat parah atau sistik (seluruh wajah terkena, dan ada kista/nodul)

Untuk jerawat parah atau sistik, saya meresepkan perawatan yang sangat ampuh yang disebut isotretinoin (Accutane). Perawatan ini menargetkan produksi minyak berlebih pada akar permasalahan dan dapat menyembuhkan bahkan jerawat sistik. Namun, obat ini kuat dan dapat mengakibatkan efek samping yang parah. Obat ini harus diresepkan dengan sangat hati-hati.

Efek samping isotretinoin (Accutane)

Dengan kekuatan yang besar timbul tanggung jawab yang juga besar! Solusi ini merupakan jalan keluar terakhir dan pasien harus menjalani tes darah reguler untuk memonitor respons tubuh terhadap terapi tersebut. Efek sampingnya mencakup kekeringan berat pada kulit dan bibir atau daerah hidung yang mengakibatkan timbulnya sisik, kulit terasa tertarik, dan bahkan mimisan. Ditambah lagi, obat ini memiliki efek fotosensitivitas, yang berarti kulit menjadi rentan terhadap sinar matahari.

Apa yang harus dilakukan terhadap efek samping isotretinoin (Accutane)

Jika Anda dalam pengobatan dengan isotretinoin, Anda harus menjaga agar kulit tetap lembap dengan pelembap bertekstur kental dan menutrisi, yang dilengkapi dengan SPF tinggi (30-50). Pilih lipbalm yang sangat melembapkan seperti NUTRITIC Lip Balm dan cobalah semprotan air termal untuk menyejukkan kulit.

OBAT JERAWAT YANG AJAIB?
TETAP SABAR JALANI PERAWATAN ANDA!

Apa solusi tercepat untuk mengatasi jerawat?

Banyak pasien datang ke klinik mencari pengobatan jerawat yang cepat dan saya dapat memahami sepenuhnya alasan mereka ingin pengobatan yang bekerja cepat. Namun nyatanya, perawatan memerlukan waktu berminggu-minggu untuk melihat hasilnya, dan konsistensi adalah kunci untuk kulit yang lebih bersih. Namun, hanya 30-50% pasien yang benar-benar tetap sabar menjalankan jadwal perawatan mereka: Mereka mulai dengan penuh semangat, lalu menyerah ketika keadaan tidak berubah cepat. Dan itulah alasan mengapa jerawat tidak terkalahkan.

Apakah solusi jerawat topikal yang bisa saya beli dengan bebas?

Saya selalu merekomendasikan agar pasien memadukan perawatan resep dengan pilihan perawatan kulit dermokosmetik yang cerdas. Pilih pembersih yang tidak mengandung sabun dengan pH yang seimbang dan pelembap yang tidak mengandung minyak (oil-free formula). Untuk make up, carilah formula “non-comedogenic” yang tidak akan menyumbat pori-pori. Ada juga krim khusus untuk kulit rentan berjerawat yang bisa Anda beli secara bebas dengan bahan seperti salicylic acid. Jangan melakukan kesalahan—perawatan medis yang tepat dapat sangat terbantu jika dipadukan dengan produk perawatan kulit yang tepat.

Klik DI SINI untuk belajar cara menghilangkan parut jerawat.

Untuk informasi selengkapnya tentang kulit berminyak dan berjerawat, klik DI SINI.

BENAR
ATAU SALAH

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit. 
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Polusi menyebabkan meningkatnya sebum yang membuat kulit lebih berminyak dan lebih rentan berjerawat.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK MENGATASI KELUHAN INI

EFFACLAR adalah salah satu solusi perawatan untuk melawan jerawat dan komedo pada kulit dalam berbagai tahapannya, dengan selalu mengedepankan kualitas dan keamanan produk.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.