1O TIPS CARA MENGATASI JERAWAT MERADANG

Article Read Duration 6 menit membaca

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum diderita manusia. Walaupun umum, tapi banyak yang tidak tahu kalau jerawat memiliki beberapa jenis, karena yang biasa disebut dengan jerawat adalah jerawat yang meradang. Untuk lebih paham bedanya jerawat yang meradang dan tidak meradang, serta cara mengatasi jerawat meradang, Anda bisa menyimak informasinya berikut ini.

Beda Jerawat Tidak Meradang dan Jerawat Meradang 

Berdasarkan kategorinya, jerawat terbagi menjadi jerawat tidak meradang dan jerawat meradang. Jerawat tidak meradang wujudnya adalah komedo, yang terbentuk saat pori-pori yang berisi folikel rambut tersumbat oleh minyak berlebih dan sel-sel kulit mati. Sumbatan ini kemudian akan membentuk komedo, baik komedo tertutup dengan bintik warna putih (whitehead) dan komedo terbuka dengan bintik warna hitam karena teroksidasi (blackhead). Biasanya bukaan pori-pori terlihat melebar sehingga seakan-akan ukurannya bertambah besar.

Saat jerawat tidak meradang terinfeksi oleh bakteri P. Acnes, maka berubah menjadi jerawat meradang. Jerawat ini terbagi menjadi tiga level, yaitu ringan, sedang dan parah. Ada dua jenis jerawat meradang level ringan, yaitu papula dan pustula, sedangkan jerawat meradang pada level parah adalah nodul dan kistik.

  • Papula, yaitu benjolan kecil di bawah permukaan kulit yang terlihat padat tapi lunak saat disentuh. Biasanya kulit di sekitar papula juga meradang.

  • Pustula, yaitu benjolan yang ukurannya sedikit lebih besar dari papula dan memiliki bagian tengah berisi nanah sehingga berwarna kekuningan. Kulit di sekitar pustula biasanya terlihat lebih merah. 

  • Nodul, terbentuk saat peradangan di pori-pori menyebabkan pori-pori membengkak sampai ke dalam lapisan kulit. Nodul memiliki ukuran agak besar serta terasa keras dan sakit saat disentuh.

Kistik, merupakan jerawat meradang yang paling parah, biasanya memiliki ukuran besar dan terasa sakit. Karena berisi nanah, maka jerawat sistik terasa lunak saat disentuh. Jika tidak diatasi dengan cara menyembuhkan jerawat meradang, maka jerawat kistik dapat meninggalkan bekas luka dan jaringan parut.

10 Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Jerawat meradang memang tak membahayakan penderitanya, tapi dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan berpotensi besar untuk meninggalkan bekas luka, noda, dan jaringan parut. Kondisi ini dapat menyebabkan percaya diri menurun, membuatnya mengalami kecemasan bahkan depresi, serta menarik diri dari pergaulan karena merasa wajahnya terlihat buruk.

Perawatan mengatasi jerawat meradang ditujukan untuk mengurangi keparahan, memperbaiki kondisi kulit, serta mengurangi kemungkinan untuk kambuh. Berikut ini 10 tips yang dapat Anda terapkan sebagai cara mengatasi jerawat meradang, dimulai dari yang level rendah ke parah[1]:

1. Pemakaian benzoyl peroxide

Bahan aktif ini bersifat anti-mikroba, anti-peradangan, dan termasuk bahan keratolitik (membantu pengelupasan sel-sel kulit), sehingga dapat melawan bakteri P. acnes dan meredakan peradangan jerawat yang disebabkannya. Pemakaian obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide bisa dilakukan untuk jerawat meradang ringan, untuk jerawat meradang sedang dibarengi dengan retinoid, sedangkan jerawat meradang parah biasanya dibarengi dengan retinoid dan antibiotik oles.

 

2. Pemakaian retinoid oles

Obat jerawat dengan kandungan retinoid juga banyak dipilih sebagai cara meredakan jerawat meradang karena bersifat anti-peradangan dan keratolitik. Retinoid juga biasanya juga dipakai untuk memperbaiki kondisi kulit setelah jerawat mereda. Jenis retinoid yang digunakan tergantung dari kondisi jerawat. Untuk jerawat meradang level ringan, maka jenis retinoid yang adalah retinol, sedangkan untuk meradang parah, jenis retinoid yang digunakan adalah adapalene, tazarotene, dan tretinoin[2]. Karena merupakan obat, maka di Indonesia adapalene, tazarotene, dan tretinoin harus diresepkan oleh dokter kulit.

 

3. Pemakaian antibiotik oles

Antibiotik membantu mengurangi jumlah bakteri P. acnes di dalam pori-pori dan meredakan peradangan. Antibiotik yang larut dalam minyak paling cocok sebagai cara mengatasi jerawat meradang karena dapat masuk ke dalam pori-pori yang tersumbat minyak. Antibiotik oles diresepkan oleh dokter kulit untuk pengobatan jerawat meradang sedang dan parah.

 

4. Pemakaian salicylic acid

Salicylic acid telah digunakan lama digunakan sebagai alternatif dalam pengobatan jerawat karena bersifat komedolitik (mencegah pori-pori tersumbat). Namun karena keampuhannya tidak seperti retinoid, maka salicylic acid hanya digunakan untuk jerawat ringan dan sedang.

 

5. Pemakaian azelaic acid

Senyawa asam ini bersifat komedolitik dan anti-mikroba. Tidak hanya itu, azelaic acid juga dapat digunakan untuk membantu mencerahkan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) yang biasa disebut dengan bekas jerawat hitam.

 

6. Pemakaian niacinamide

Bahan aktif ini tergolong baru untuk dijadikan cara mengatasi jerawat meradang karena bersifat anti-peradangan. Niacinamide juga merupakan bahan alternatif untuk mengatasi jerawat meradang ringan dan sedang[3]. Niacinamide juga dapat digunakan untuk memudarkan noda bekas jerawat.

 

7. Terapi hormon

Cara mengatasi jerawat meradang ini merupakan alternatif yang cocok untuk perempuan dengan masalah jerawat yang disebabkan oleh produksi hormon yang tidak normal. Biasanya penderita jerawat ini diberi obat kontrasepsi oral yang mengandung estrogen[4].

 

8. Konsumsi antibiotik oral

Merupakan bentuk pengobatan sistemik untuk jerawat meradang sedang dan parah yang diresepkan oleh dokter kulit. Tetrasiklin dan turunannya masih menjadi pilihan antibiotik oral yang utama untuk pengobatan jerawat[5]. Antibiotik oral berupa macrolide menjadi alternatif untuk orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi tetrasiklin.

 

9. Konsumsi isotretinoin oral

Alternatif lainnya dari cara mengatasi jerawat meradang adalah dengan mengonsumsi isotretinoin, yang merupakan salah satu jenis dari retinoid. Biasanya isotretinoin oral dikonsumsi jika konsumsi antibiotik oral tidak memberi hasil yang diharapkan. Obat ini juga harus diresepkan oleh dokter kulit. 

 

10. Injeksi kortikosteroid

Injeksi ini dapat diberikan oleh dokter kulit sebagai cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya, terutama jerawat nodul dan sistik. Pengobatan ini juga dapat membantu mencegah terbentuknya hiperpigmentasi, bekas jerawat, dan jaringan parut yang berlebihan.

Dukung dengan Perawatan Kulit Berjerawat yang Tepat

Mendukung cara mengatasi jerawat meradang di atas dapat Anda lakukan dengan melakukan perawatan wajah secara rutin memakai produk-produk skincare atau dermokosmetik khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak. Seperti rangkaian La Roche-Posay EFFACLAR yang memberi solusi lengkap untuk melawan jerawat. 

Anda bisa memakai La Roche-Posay EFFACLAR Purifying Foaming Gel yang lembut untuk membersihkan kulit berjerawat yang sensitif dan tidak membuat kulit menjadi kering. Cleanser ini membantu membersihkan kulit sampai ke pori-pori sehingga mencegah terbentuknya komedo. pH-nya juga seimbang dan sesuai dengan kulit wajah sehingga sesuai untuk membantu penyembuhan jerawat. Setelah pemakaian, wajah akan terasa bersih dan segar. 

Setelah wajah bersih, lanjutkan dengan pemakaian La Roche-Posay EFFACLAR Ultra Concentrated Serum, exfoliating serum yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta melawan komedo, jerawat, dan noda bekas jerawat. Ini dimungkinkan dengan kandungan TRI-ACID COMPLEX (Salicylic acid, Glycolic acid, LHA), niacinamide, dan La Roche-Posay Thermal Spring Water. La Roche-Posay EFFACLAR Ultra Concentrated Serum ini hanya bisa digunakan pada malam hari untuk hasil yang maksimal dan efektif. 

Anda juga dapat menggunakan La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+), pada pagi dan malam hari sebagai pelembab sekaligus menjadi acne treatment untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Dalam waktu 12 jam, moisturizer ini dapat membantu melawan jerawat, menyamarkan kemerahan dan tekstur kulit tidak merata.

Ketiga produk unggulan untuk cara mengatasi jerawat meradang ini bisa Anda dapatkan secara online di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

[1]Cook, Krassas, & Huang. (2010, September). Acne: Best Practice Management. Australian Family Physician. Retrieved June 9, 2023, from https://www.racgp.org.au/afp/2010/september/acne-best-practice-management

[2] American Academy of Dermatology Association. (2021, May 25). Retinoid or retinol? Retrieved June 9, 2023, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/retinoid-retinol

[3] Leonita, E., Setyaningrum, T., Qorib, M. F., & -, D. (2022, March 30). Comparison of the Efficacy of Topical Clindamycin versus Niacinamide in the Treatment of Mild to Moderate Acne Vulgaris: a Systematic Review. Berkala Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin, 34(1), 15–22. https://doi.org/10.20473/bikk.v34.1.2022.15-22

 

[4] Kraft, J., & Freiman, A. (2011, February 28). Management of acne. Canadian Medical Association Journal, 183(7), E430–E435. https://doi.org/10.1503/cmaj.090374
[5] Rathi, S. (2011). Acne vulgaris treatment: The Current Scenario. Indian Journal of Dermatology, 56(1), 7. https://doi.org/10.4103/0019-5154.77543

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.