CARA MEMBERSIHKAN DAN MERAWAT
KULIT BERMINYAK DAN RENTAN BERJERAWAT

Article Read Duration 5 menit membaca

Sebagian besar dari kita bisa mengalami kondisi kulit berminyak, yang disebabkan oleh produksi sebum, atau minyak alami di kulit, yang berlebihan. Oleh karena itu penting untuk mempelajari cara merawat kulit berminyak, agar dapat menghindari timbulnya komedo hitam, komedo putih, dan gejala jerawat lainnya:

• Gunakan pembersih lembut seperti micellar water atau cleansing milk (susu pembersih)
• Jaga kelembapan kulit dengan pelembab tanpa minyak yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi sebum yang berlebih
• Pilih make up berbahan dasar air yang tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic)
• Selalu bersihkan make up Anda secara menyeluruh pada akhir hari
• Jalani pola makan yang sehat, seimbang serta rendah gula, produk susu, dan karbohidrat olahan

APAKAH
KULIT BERMINYAK ITU?

Kulit berminyak, atau seborea, adalah kelebihan sebum yang biasanya tampak seperti area yang mengilap pada bagian tengah wajah, terutama di dahi dan hidung. Pori-pori kulit membesar dan kulit menjadi lebih tebal. Dalam kasus paling parah, lapisan minyak jelas terasa ketika menyentuh kulit. Seborea juga dapat terjadi di kulit kepala, dan rambut Anda terasa berminyak dan lengket.

Peran sebum sebenarnya untuk melindungi kulit dari kekeringan. Negatifnya, kulit berminyak menjadi bersisik di permukaan, terkadang menyebabkan seboroik dermatitis di bagian tengah wajah dan / atau di kulit kepala.

APA PENYEBAB
KULIT BERMINYAK?

Apakah kulit berminyak mengakibatkan timbulnya jerawat?

Kulit berminyak umum terjadi, terutama di wajah dan kulit kepala. Ini terjadi ketika kelenjar sebasea kulit bekerja berlebihan dan menghasilkan terlalu banyak sebum. Kabar baiknya, orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki lebih sedikit kerutan pada kulit wajah di kemudian hari. Berita buruknya, kondisi kulit berminyak dapat menyebabkan timbulnya komedo hitam, komedo putih, dan gejala timbulnya jerawat lainnya.

KASUS UMUM
KULIT BERMINYAK

Hormon

Perubahan hormon dapat merangsang peningkatan produksi sebum. Hormon berfluktuasi selama masa pubertas, sebelum haid, selama masa kehamilan, dan pada masa menopause. Stres atau penyakit dapat juga mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat.

Pola makan

Mengonsumsi lemak trans, karbohidrat olahan, gula, dan makanan berbahan dasar susu dalam jumlah berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat. Memiliki pola makan seimbang dari wholefood (makanan yang tidak melalui proses berlebihan, bebas dari bahan aditif dan artifisial) bukan saja baik untuk kulit Anda, tetapi juga untuk kesehatan Anda secara menyeluruh.

Iklim

Cuaca panas dan lembap dapat merangsang produksi sebum, sehingga kulit Anda cenderung menjadi lebih berminyak selama musim panas.

Genetik

Banyak orang memang lahir dengan kecenderungan memproduksi lebih banyak sebum. Kerugiannya adalah kulit berminyak. Keuntungannya kulit Anda lebih tebal dan tidak mudah bekerut!

Mencuci muka secara berlebihan

Semakin sering Anda menggosok dan membuang sebum alami kulit, semakin kulit akan mencoba memulihkan keseimbangan sebum.

Kosmetik

Make up berbahan dasar minyak menutup pori-pori kulit Anda, membuat kulit tampak lebih mengkilap, dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Produk yang mengandung bahan keras dapat merusak kulit Anda, sehingga memicu peningkatan produksi sebum.

Obat-obatan

Beberapa obat resep menyebabkan dehidrasi. Kulit Anda kemudian akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasinya.

CARA TERBAIK UNTUK MERAWAT
KULIT BERMINYAK

Bersihkan wajah Anda setiap pagi dan malam, dan juga sebelum dan sesudah berolahraga

kotoran dan bakteri bisa terperangkap dalam pori-pori kulit Anda jika produksi minyak wajah berlebihan, sehingga penting untuk membersihkan kulit dan menghapus make up setiap akhir hari. Sebum juga akan menumpuk ketika Anda tidur, jadi bersihkan wajah Anda dengan lembut di pagi hari. Terakhir, walaupun berolahraga baik untuk kulit Anda, sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran dapat terakumulasi ketika Anda berada di gym, mengakibatkan 'kulit iritasi akibat berolahraga'. Hapus make up Anda sebelum berolahraga, dan bersihkan wajah dan tubuh setelahnya.

Rawat dan jaga kulit Anda dengan lembut

Anda mungkin tergoda untuk menggosok kulit berminyak dengan sabun. Tetapi jangan lakukan! Tahukah Anda, bahwa semakin Anda berusaha menghilangkan minyak, semakin banyak sebum yang diproduksi oleh kulit untuk menggantikannya? Oleh sebab itu penting untuk menggunakan produk yang diformulasikan untuk jenis kulit berminyak Anda, dan hindari menggunakan produk yang keras atau abrasif. untuk skin care routine yang efektif menghilangkan jerawat, carilah pembersih yang lembut dan tidak mengandung minyak atau alkohol.

Dermatologist sering kali meresepkan micellar waters yang secara khusus dibuat untuk mengurangi sebum berlebih, seperti EFFACLAR Micellar Water. Pembersih berbusa tidak dilarang, sepanjang produk tersebut diformulasikan untuk mengangkat sebum berlebih dan kotoran dari kulit berminyak dan rentan jerawat dengan lembut, seperti EFFACLAR Cleansing Foaming Gel. Setelah membersihkan kulit, tepuk wajah Anda hingga kering dengan handuk lembut yang bersih.

Pakai pelembab dan kurangi kilap di kulit Anda

Apakah memakai pelembap akan membuat kulit saya tambah berminyak? Salah. Memakai pelembap tanpa minyak akan membantu melindungi dan menghidrasi kulit Anda. Kulit terhidrasi tidak sama dengan kulit berminyak. Jadi apa bedanya? Kulit terhidrasi memiliki kandungan air yang tinggi, sedangkan kulit berminyak dipenuhi oleh minyak atau lemak. Pelembap yang tepat untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat akan meningkatkan kandungan air pada kulit, sehingga membantu mengurangi produksi sebum pada kulit Anda. Jadi, pakai pelembap yang berkualitas dalam skin care routine Anda, dan ingat bahwa pelembap ideal untuk kulit berminyak akan memiliki efek mengurangi kilap. Pilihan ideal untuk kulit berminyak yang sensitif dan rentan berjerawat adalah EFFACLAR Mat atau krim perawatan jerawat khusus seperti EFFACLAR Duo (+).

Pilih produk kosmetik dan perawatan kulit yang sesuai

Penting untuk memilih pembersih, pelembap, dan sunscreen yang secara khusus diformulasikan untuk merawat jenis kulit berminyak. Cari kata 'tidak mengandung minyak (oil-free)', atau ' non-comedogenic'. Yang berarti produk ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi. Wanita dengan kulit berminyak sering kali memiliki masalah khusus dengan make up. Beberapa produk dapat terasa keras di kulit, dan mengakibatkan kulit memproduksi lebih banyak sebum, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Pilih tata rias yang khusus diciptakan untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Jalani pola makan sehat

Ternyata, makanan berminyak tidak menyebabkan kulit berminyak. Faktanya, makan ikan berminyak dapat sangat bermanfaat. Walaupun demikian, terbukti bahwa terlalu banyak makan makanan berbahan dasar susu dan berindeks glikemik tinggi (seperti tepung putih atau gula) dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Untuk kesehatan kulit yang optimal, terapkan pola makan seimbang dengan konsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, dan berserat tinggi.

Klik DI SINI untuk belajar selengkapnya tentang perawatan kulit berjerawat dari para ahli.
Untuk informasi tentang penyebab jerawat, klik DI SINI.

Artikel ini hanya merupakan informasi umum. Anda harus berkonsultasi dengan ahli dermatologi atau dokter umum untuk informasi lebih jauh mengenai perawatan jerawat.

BENAR
ATAU SALAH

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi makan yang tidak berlebihan adalah yang terbaik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Bahkan Anda dapat menyebabkan terjadinya infeksi baru dengan kuku jari Anda.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Polusi menyebabkan meningkatnya produksi sebum yang membuat kulit lebih berminyak dan lebih rentan berjerawat.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.