JARI TANGAN GATAL DAN BINTIK-BINTIK BERAIR DI TANGAN? CARI TAHU CARA MENGATASINYA DI SINI!

Article Read Duration 5 menit membaca

Gatal-gatal di tangan, terutama di jari-jari tangan, sebaiknya jangan Anda anggap remeh. Ada beberapa penyebab yang membuat jari-jari tangan gatal dan bintik-bintik berair, mulai dari eksim, eksim dishidrotik, eksim/dermatitis kontak, scabies, dan lainnya. Karena itu, jika muncul rasa gatal yang tidak biasa, sebaiknya amati apakah berkembang menjadi lebih buruk agar bisa segera ditangani. 

Penyebab Jari-Jari Tangan Gatal dan Bintik-Bintik Berair di Tangan

Saat jari-jari dan telapak tangan gatal muncul bintik berair, cara yang terbaik adalah memeriksakannya ke dokter kulit untuk memastikan penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan kondisi yang menjadi penyebab munculnya hal ini, yaitu:

  • Eksim kering (dermatitis atopik)

Ada berbagai penyebab munculnya eksim, di antaranya adalah genetik, alergi, iritasi, dan kondisi sistem imun tubuh. Eksim kering biasanya disebabkan oleh faktor genetik yang diperburuk dengan kondisi lapisan penghalang kulit (skin barrier) yang rusak sehingga alergen dan iritan dari lingkungan dengan mudah menyerang tubuh. Penderita eksim kering biasanya juga memiliki asma dan/atau rhinitis alergi. 

Beberapa ciri eksim kering di tangan adalah rasa gatal yang luar biasa, kulit yang kering dan bersisik, telapak dan jari-jari tangan gatal dan bintik-bintik berair, muncul ruam kemerahan, serta kulit menebal sampai berkerak. 

  • Dermatitis kontak

Kulit tangan merupakan area yang paling rentan mengalami dermatitis kontak, karena paling potensial untuk bersentuhan dengan faktor-faktor pencetusnya yang berasal dari lingkungan. Tanda-tanda dari dermatitis kontak adalah gatal-gatal di telapak tangan dan jari-jari, munculnya petak-petak kulit kering, muncul bintik-bintik merah yang bisa berisi cairan, likenifikasi, serta kemerahan di seluruh tangan akibat peradangan.

Dermatitis kontak terbagi menjadi dua, yaitu dermatitis kontak iritan yang disebabkan kontak dengan pencetus iritasi, dan dermatitis kontak alergen yang disebabkan kontak dengan pencetus alergi. Agak sulit membedakan keduanya, karena itu Anda harus memeriksakan diri ke dokter kulit untuk mengetahui apa pencetusnya.

  • Eksim dishidrotik

Sering disebut dengan eksim kaki dan tangan atau pompholyx, penyakit ini biasanya muncul di telapak tangan dan bagian samping jari-jari. Anda mungkin akan merasa gatal-gatal yang intens terlebih dahulu, baru kemudian muncul bintik-bintik di tangan yang berisi cairan akibat Anda sering menggaruk. Setelah itu kondisi kulit akan memburuk, ditandai dengan kulit melepuh, memerah, serta kulit menjadi pecah-pecah dan bersisik. 

Belum diketahui apa penyebab pasti eksim dishidrotik, tapi ada dugaan berkaitan dengan kondisi sistem imun tubuh. Faktor yang menjadi pemicu jari-jari tangan gatal dan bintik-bintik berair ini adalah kelembapan udara yang tinggi menyebabkan muncul keringat, tangan yang sering basah, serta stres tinggi.

  • Scabies 

Mungkin Anda pernah mendengar penyakit scabies pada hewan peliharaan, tapi penyakit kulit ini juga dapat menyerang manusia. Penyebabnya adalah tungau kecil menggali dan masuk ke dalam kulit Anda kemudian bertelur, menyebabkan kulit tangan terasa gatal. Tungau ini biasanya melakukan penggalian di lipatan kulit, di antaranya di jari-jari tangan.

Scabies di tangan ditandai dengan rasa gatal yang semakin memburuk setelah mandi dan pada malam hari, bintik-bintik yang gatal berair atau bernanah, dan terlihat seperti ada garis-garis halus di kulit yang sebenarnya merupakan jalur galian tungau scabies. Penyakit ini mudah menular karena itu menjadi penyakit kulit yang sangat umum dijumpai.

Mengatasi Jari-Jari Tangan Gatal dan Bintik-Bintik Berair

Walau memiliki penyebab yang berbeda-beda, tapi bintik-bintik kecil di tangan dan gatal serta berair ini memiliki perawatan mendasar yang sama untuk membantu mengatasinya. Saat Anda memeriksakan kondisi kulit tangan Anda ke dokter kulit, ia kemungkinan akan menyarankan perawatan penyakit gatal pada kulit tangan ini dilakukan di rumah untuk mendukung penggunaan obat-obatan yang diberikan.

  • Meminimalkan kontak dengan hal-hal yang dapat mengiritasi kulit tangan dan membuat bentol berair. Jika Anda telah melakukan tes alergi dan mengetahui apa saja pemicu alergi Anda, maka hindari kontak dengan alergen tersebut.
  • Mengenakan sarung tangan anti air saat melakukan aktivitas yang membuat Anda berpotensi kontak dengan iritan dan alergen. Sarung tangan yang terbuat dari plastik dan vinil lebih disarankan daripada karet karena karet berpotensi memicu alergi. Anda juga bisa mengenakan sarung tangan saat udara dingin dan kering. 
  • Kurangi frekuensi mencuci tangan. Saat melakukannya, gunakan air hangat dan produk pembersih yang tidak mengandung bahan-bahan yang kurang ramah kulit sensitif misalnya saja detergen atau pewangi usahakan menggunakan sabun yang lembut. Setelahnya, keringkan tangan dengan hati-hati sampai benar-benar kering.
  • Saat kulit tangan masih setengah kering setelah dicuci, oleskan krim atau balsam pelembap untuk melembapkan kulit tangan yang sangat kering. Pastikan produk tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu iritasi kulit dan alergi (hypoallergenic) sehingga dapat digunakan untuk kulit sensitif. Oleskan juga pelembap begitu Anda selesai mandi dan setelah melepas sarung tangan.
  • Jika terdapat bintik merah di kulit tangan yang terasa gatal, hindari menggaruk. Anda dapat merendamnya di air es sekitar 5-10 menit. Jangan lupa untuk keringkan tangan setelahnya.

Rangkaian Produk untuk Merawat Jari-Jari Tangan Gatal dan Bintik-Bintik Berair

Untuk membersihkan dan melembapkan kulit tangan dan jari-jari yang gatal, sangat kering, dan teriritasi, Anda bisa memilih rangkaian produk La Roche-Posay LIPIKAR. Ada tiga produk yang bisa Anda andalkan untuk untuk merawat kulit sensitif, sangat kering, memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal. Rangkaian produk ini direkomendasikan oleh dokter kulit dan sangat aman sehingga dapat digunakan oleh bayi baru lahir.

Ketiga produk La Roche-Posay LIPIKAR yang bisa Anda gunakan untuk merawat jari-jari tangan gatal dan bintik-bintik berair adalah:

  • La Roche-Posay LIPIKAR Syndet AP+ Cleanser, pembersih kulit untuk merawat lapisan lipid kulit, menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, dan mengurangi sensasi rasa gatal.
  • La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M, pelembap kulit yang membantu merawat kulit sangat sensitif. Secara intensif melawan gatal, mengurangi sensasi rasa gatal, dan menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit. Produk ini juga menutrisi kulit dan merawat lapisan penghalang kulit.
  • La Roche-Posay LIPIKAR Stick AP, yang dengan seketika meringankan sensasi gatal, dorongan untuk menggaruk, dan menyejukkan kulit. Aplikasikan di wajah dan tubuh saat Anda sangat ingin menggaruk. 

Rangkaian La Roche-Posay LIPIKAR mengandung bahan-bahan utama berupa shea butter yang dapat merawat selaput hidrolipid kulit, niacinamide yang menenangkan, mengurangi rasa gatal, dan menjaga kondisi lapisan penghalang kulit, serta Aqua posae filiformis untuk merawat kulit yang sangat kering, termasuk akibat alergi kulit. 

Merawat jari-jari tangan gatal dan bintik-bintik berair di tangan memang tak bisa dengan sembarang produk dan rangkaian La Roche-Posay LIPIKAR dapat membantu Anda melakukannya. Dapatkan rangkaian produk ini di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

 

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.