PERAWATAN WAJAH BERJERAWAT: APAKAH TIDUR YANG CUKUP DAPAT MEMPERBAIKI WAJAH BERJERAWAT?

Article Read Duration 5 menit membaca

Kulit yang sehat diawali dari tubuh yang sehat, salah satu caranya adalah dengan tidur yang cukup. Saat tidur, tubuh memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit serta mengeliminasi racun dari kulit Anda. Kebiasaan tidur yang cukup  bisa membantu mengurangi peradangan dan bisa menjadi perawatan wajah berjerawat. Bagaimana tidur bisa membantu menghilangkan jerawat? Jawabannya bisa Anda dapatkan di bawah ini.

"Tidur Cantik" Bukan Sekedar Mitos

Anda mungkin familiar dengan istilah “beauty sleep” alias tidur cantik. Sebenarnya istilah ini ada benarnya. Karena tidur yang cukup terbukti bisa membuat Anda cantik. 

Tidak cukup tidur atau tidur yang terganggu, bisa berujung pada meningkatnya hormon stres. Jika Anda tidur tidak nyenyak pada malam hari, tubuh Anda memproduksi glucocorticoids lebih banyak. Glucocorticoids adalah hormon steroid yang mengganggu kinerja sistem imun. Produksi glucocorticoids berlebih bisa menyebabkan tidak normalnya struktur dan fungsi kulit, yang bisa berujung pada munculnya jerawat, meningkatkan sensitivitas, serta memperburuk peradangan pada kulit, seperti jerawat dan psoriasis.

Tidur Sebagai Bagian dari Perawatan Wajah Berjerawat

Untuk menjadikan tidur sebagai cara perawatan wajah berjerawat, ada lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas:

 

1. Makan lebih awal

Pastikan Anda tidak makan besar mendekati waktu tidur. Selain membuat Anda kesulitan menjaga berat badan, makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa mengundang jerawat. Makan besar yang tidak diikuti dengan aktivitas apapun akan membuat tubuh kesulitan memproses makanan. Hal ini bisa menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan tidur. Pastikan waktu terakhir Anda makan harus setidaknya dua jam sebelum tidur. 

 

2. Hindari main gadget sebelum tidur

Riset menunjukkan, sinar biru dari ponsel, komputer, dan layar TV bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh atau "jam tubuh" yang secara alami mengatur jadwal tubuh. Hal ini bisa berujung pada tidur yang terganggu.

Selain itu, menonton film, berdiskusi di media sosial, atau membalas email membuat otak jadi aktif saat Anda seharusnya sudah bersantai dan melepas penat pada malam hari. Jadi, matikan segala gadget Anda setidaknya satu jam sebelum tidur dan lakukan aktivitas yang lebih santai, seperti membaca buku dan menulis jurnal.

 

3. Biarkan perawatan wajah berjerawat Anda bekerja sepanjang Anda tidur

Manjakan kulit wajah sebelum tidur. Waktu tidur adalah waktu terbaik bagi produk-produk perawatan wajah berjerawat untuk bekerja dan meraih hasil. Bersihkan kulit secara menyeluruh dengan pencuci wajah khusus untuk kulit yang rentan berjerawat. Anda dapat menggunakan masker jerawat yang bersifat deep-cleansing 1-2 kali dalam seminggu. Gunakan juga pembersih pori, lalu aplikasikan pelembap khusus. Setelah kulit wajah bersih dan lembap, oleskan lotion jerawat Anda dan dapatkan keajaiban dalam semalam. 

Tahukah Anda, retinol kini menjadi bahan produk yang semakin populer untuk perawatan kulit yang rentan jerawat? Bahan ini bekerja dengan cara memperbarui sel kulit serta mengecilkan dan mengencangkan pori.

Penggunaan retinol pada malam hari sebelum tidur direkomendasikan karena pembaruan sel-sel kulit bekerja maksimal ketika Anda tidur. Sel-sel kulit yang baru menjadi rentan dan rapuh jika terpapar oleh sinar matahari. Jadi jangan lupa untuk menggunakan SPF harian ketika menggunakan produk perawatan wajah berjerawat yang mengandung retinol.

 

4. Ganti sarung bantal secara teratur

Sarung bantal bisa menimbun kotoran, minyak, dan mikroba. Semua kotoran tadi bisa berpindah ke kulit yang menyebabkan sumbatan pori dan jerawat baru. Pastikan Anda membersihkan wajah sebelum tidur dan mengganti sarung bantal setidaknya dua kali dalam seminggu jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat.

 

5. Pastikan waktu tidur Anda cukup

Kebanyakan penelitian menyimpulkan bahwa lama tidur antara 7-9 jam adalah rentang waktu terbaik untuk tidur. Jadi kapan Anda perlu bangun pada pagi hari agar bisa memiliki waktu yang cukup untuk sarapan sehat, berpakaian, dan menempuh perjalanan ke kantor? Hitung mundur dari waktu tadi untuk memperkirakan kapan Anda harus tidur dan malam hari. Lalu tambahkan ekstra 30 menit sebagai waktu tubuh mempersiapkan diri untuk beristirahat. Jadi, jika Anda harus bangun pukul tujuh pagi, waktu tidur Anda adalah pukul 10.30 malam.

Produk yang Tepat untuk Perawatan Wajah Berjerawat

Untuk membantu menghilangkan jerawat, Anda perlu secara rutin membersihkan wajah pada malam hari. Anda dapat menggunakan produk La Roche Posay yang secara khusus diformulasi untuk perawatan kulit berminyak dan rentan berjerawat. 

  • La Roche Posay Effaclar Deep Cleansing Foaming Cream yang merupakan pembersih wajah untuk kulit berminyak dan kombinasi, membersihkan kulit berminyak dan pori-pori tersumbat dengan tekstur creamy foam yang lembut dan mudah dibilas. Pembersih ini diperkaya dengan salicylic acid untuk mengontrol sebum yang menghasilkan kulit yang bersih. 
  • La Roche Posay Effaclar Purifying Foaming Gel yang dapat membersihkan kulit berminyak rentan berjerawat dengan lembut tanpa membuat kulit kering. Pembersih ini dapat membersihkan komedo dan mengurangi kilap di wajah sehingga membuat kulit terasa lembut dan segar.
  • La Roche Posay Effaclar Astringent Lotion adalah losion eksfoliasi mikro dengan LHA untuk mengatur sebum menghaluskan permukaan kulit, mengangkat sel - sel kulit mati dengan lembut, serta membuat pori - pori wajah tampak kecil. Selain itu, losion ini mengandung bahan powder penyerap minyak berlebih yang dapat membuat kulit tampak lebih matte dan tidak mengkilap
  • La Roche Posay Effaclar Purifying Sebo-Controlling Mask adalah masker deep-cleansing untuk membantu membuka pori-pori, menyerap kotoran, dan mengontrol sebum. Gunakan 1-2 kali seminggu setelah membersihkan wajah.
  • La Roche Posay Effaclar K (+) adalah pelembap yang menghidrasi dengan kandungan antioksidan yang bekerja untuk mengatur sebum, mengontrol kilap, dan membuka pori-pori sehingga cocok untuk perawatan jerawat dewasa.
  • La Roche Posay Effaclar Duo (+) adalah perawatan lengkap yang intensif melawan jerawat dan tanda kulit berjerawat, membantu menyamarkan jerawat membandel dan noda akibat jerawat yang muncul pada kulit.

Temukan lebih banyak produk La Roche Posay Effaclar untuk merawat kulit Anda yang cenderung berjerawat. Selain itu, sebagai perawatan kulit berjerawat, pastikan Anda selalu menjaga kualitas dan kuantitas waktu tidur untuk mendapatkan kulit yang bersih, mulus, dan halus. 

 

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.