Cara Melembabkan Kulit Wajah Dehidrasi dan Kering

Article Read Duration 5 menit membaca

Kulit dehidrasi dan kulit kering merupakan dua hal berbeda tapi saling berkaitan; kulit menjadi dehidrasi saat kekurangan air, sementara kulit menjadi kering saat kekurangan lipid atau minyak. Untuk mengatasinya, kulit harus mendapat asupan air yang cukup lalu dijaga kelembabannya agar air yang ada di kulit tidak menguap ke udara. Cara melembabkan kulit wajah bisa diterapkan dengan mudah di rumah, baik dengan perawatan memakai produk skincare dan perawatan lain yang mendukung. 

 

Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi dan Kering

Kulit yang dehidrasi dan kering merupakan masalah kulit yang umum diderita manusia dari berbagai kelompok usia. Namun pada kelompok lansia, masalah kulit yang dehidrasi dan kering banyak dijumpai karena pertambahan usia membuat kulit menjadi semakin kering.

Kulit dehidrasi dan kering disebabkan oleh ketidaknormalan kondisi stratum corneum, sehingga rusak dan tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai skin barrier. Ketidaknormalan tersebut berupa berkurangnya jumlah dan/atau kualitas dari hidrolipid serta natural moisturizing factor (NMF) yang terdapat di stratum corneum. Kekurangan keduanya membuat kulit rentan dehidrasi, karena NMF memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat air, sementara hidrolipid mencegah penguapan air di kulit ke udara.

Kulit yang dehidrasi tak hanya terjadi akibat penguapan air di kulit. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka kandungan air yang ada di tubuh diprioritaskan untuk organ-organ yang memiliki fungsi vital, sehingga alokasi air untuk kulit dikurangi. Dehidrasi tubuh dapat terjadi saat seseorang kurang asupan cairan, sedang diare, mengalami sengatan panas atau terbakar sinar matahari, serta efek penyakit dan konsumsi obat-obatan.

Selain genetik, kulit kering dapat terjadi karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal mencakup kondisi lingkungan (cuaca, iklim, suhu, kelembapan udara), pekerjaan (pekerjaan yang sering terpapar air atau bahan kimia), dan membersihkan kulit. Dibanding perawatan lainnya, membersihkan kulit mendapat perhatian khusus. Pasalnya, frekuensi mandi dan mencuci wajah, suhu air, dan pilihan produk pembersih yang tidak tepat dapat membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi kulit karena menghilangkan banyak lipid di permukaan kulit.

Sedangkan faktor internal yang menyebabkan kulit menjadi kering adalah penyakit atau gangguan kulit (peradangan dan infeksi), penyakit sistemik (berkaitan dengan metabolik, peradangan, infeksi, dan hormon), penyakit kejiwaan (gangguan makan, kecanduan), pola makan, serta efek konsumsi obat-obatan. 

 

Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Efektif

Pemakaian produk skincare dasar yang memiliki kandungan bahan aktif yang bermanfaat untuk melembabkan, mengganti lipid yang hilang, menyejukkan kulit, dan menenangkan kulit yang gatal menjadi salah satu cara melembabkan kulit kering yang disarankan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kandungan air dan memenuhi kekurangan lipid di stratum corneum, sehingga dapat kembali berfungsi sebagai skin barrier.

Moisturizer merupakan produk tanpa resep yang direkomendasikan oleh dokter kulit untuk dipakai sebagai cara melembabkan kulit wajah yang kering dan dehidrasi. Ada tiga jenis bahan pelembab yang bisa ditemukan dalam moisturizer, yaitu emolien, humektan, dan oklusif. Paduan ketiganya dapat ditemukan dalam produk therapeutic moisturizer, yang berbeda dari moisturizer biasa.

Therapeutic moisturizer telah diuji klinis dapat membantu mengatasi masalah kulit yang berkaitan dengan kulit kering. Moisturizer ini merupakan produk yang tepat untuk digunakan sebagai cara melembabkan kulit wajah yang kering dan dehidrasi, karena selain melembabkan kulit juga dapat membantu menghidrasi kulit dan memperbaiki kondisi stratum corneum. Di dalamnya terdapat formula dan kandungan bahan humektan, emolien, dan oklusif terpilih yang kompatibel dengan regimen terapi masalah kulit.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menerapkan tips berikut sebagai cara melembabkan kulit wajah yang dehidrasi dan kering:

  • Untuk mencegah iritasi kulit wajah, kurangi frekuensi mencuci wajah, gunakan air hangat atau suhu ruang untuk membasuh wajah, dan pilih produk pembersih wajah yang formulanya lembut dengan pH mendekati pH kulit.
  • Hindari gesekan di kulit wajah yang berpotensi menjadi penyebab iritasi kulit wajah, Karena itu, sebaiknya hindari pemakaian alat-alat yang digunakan untuk eksfoliasi fisik, seperti waslap, sikat, dan spons. Saat mengeringkan wajah, cukup tepuk-tepuk dengan handuk.
  • Langsung aplikasikan moisturizer segera setelah mandi di kulit yang masih setengah basah. Ini akan membantu mengunci air di kulit.
  • Kulit yang kering dan dehidrasi dapat menyebabkan rasa gatal. Namun sebaiknya hindari menggaruk kulit wajah saat gatal karena dapat membuat kulit iritasi dan lecet. Jika kulit terasa gatal, sebaiknya kompres dengan air dingin atau aplikasikan moisturizer sebagai cara melembabkan kulit wajah dan mengurangi gatal.
  • Gunakan humidifier saat udara terasa kering untuk menambah kadar air di udara, sehingga dapat membantu menghidrasi kulit wajah.

 

Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Pilihan Moisturizer La Roche-Posay 

Jika kulit Anda kering atau sangat kering sampai membuat Anda merasa tak nyaman, Anda dapat merawat kulit memakai produk untuk melembabkan wajah La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M. Moisturizer berbentuk balm ini merupakan bagian dari La Roche-Posay LIPIKAR, yaitu rangkaian produk perawatan kulit yang direkomendasikan dokter kulit untuk merawat kulit kering dan cenderung sensitif.

La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan sensasi tidak nyaman yang Anda rasakan akibat kulit yang kering karena eksim. Di dalamnya terkandung bahan-bahan berupa Aqua Posae Filiformis dan microresyl yang menyeimbangkan mikrobioma kulit dan memperkuat fungsi skin barrier, niacinamide yang menenangkan kulit dan membantu meredakan kemerahan dan rasa gatal yang disebabkan oleh eksim, serta shea butter yang membantu melembabkan dan menjaga selaput hidrolipid kulit. Saat gatal karena eksim sedang kambuh gunakan La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M yang dapat meredakan nyeri dan gatal secara cepat.

Jika kulit Anda terlanjur iritasi karena kering, maka cara melembabkan kulit wajah yang dapat Anda terapkan adalah memakai La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+. Moisturizer ini dapat membantu menutrisi, melembabkan, dan merawat kulit yang rapuh serta membantu menenangkan dan menyejukkan kulit yang mengalami iritasi ringan sejak pemakaian pertama.

La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+ memiliki kandungan Tribioma, yaitu kompleks prebiotik eksklusif La Roche-Posay untuk menyeimbangkan jumlah mikroba di kulit. Sementara itu, kandungan panthenol dan madecassoside (ekstrak centella asiatica) membantu menenangkan kulit, meredakan iritasi, dan memperkuat skin barrier.

Cream untuk melembabkan wajah La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M dan La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+ telah diuji di bawah pengawasan dermatolog, dokter opthamologist, dan dokter anak sehingga dapat digunakan oleh bayi dan anak-anak, serta orang dewasa yang memiliki kulit sensitif. Keduanya juga tidak mengandung fragrance dan hypoallergenic.

La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M dan La Roche-Posay CICAPLAST Baume B5+ dapat menjadi andalan Anda untuk cara melembabkan kulit wajah yang kering dan dehidrasi. Kedua produk ini bisa Anda dapatkan di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Millar, H. (2022, April 29). Dehydrated vs. dry skin: What to know. Medical News Today. Retrieved August 29, 2023, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/dehydrated-vs-dry-skin

2Augustin, M., Wilsmann‐Theis, D., Körber, A., Kerscher, M., Itschert, G., Dippel, M., & Staubach, P. (2019, November). Diagnosis and treatment of xerosis cutis – a position paper. JDDG: Journal Der Deutschen Dermatologischen Gesellschaft, 17(S7), 3–33. https://doi.org/10.1111/ddg.13906

Millar, H. (2022, April 29). Dehydrated vs. dry skin: What to know. Medical News Today. Retrieved August 29, 2023, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/dehydrated-vs-dry-skin

4Gade, A., Matin, T., & Rubenstein, R. (2022, November 15). Xeroderma Article. StatPearls.com. Retrieved August 29, 2023, from https://www.statpearls.com/ArticleLibrary/viewarticle/43016#/

5Augustin, M., Wilsmann‐Theis, D., Körber, A., Kerscher, M., Itschert, G., Dippel, M., & Staubach, P. (2019, November). Diagnosis and treatment of xerosis cutis – a position paper. JDDG: Journal Der Deutschen Dermatologischen Gesellschaft, 17(S7), 3–33. https://doi.org/10.1111/ddg.13906

6Bikowski J. (2001). The use of therapeutic moisturizers in various dermatologic disorders. Cutis, 68(5 Suppl), 3–11. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11845952/

79 ways to banish dry skin. (2020, September 21). Harvard Health. Retrieved August 29, 2023, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/9-ways-to-banish-dry-skin

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.