Apa Itu Eksim Dishidrotik dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Cek Info Berikut!

Article Read Duration 4 menit membaca

Secara mendasar, istilah eksim digunakan untuk menamai sekelompok kondisi kulit yang ditandai dengan kulit menjadi gatal, meradang, dan muncul ruam. Penyakit eksim yang paling banyak diderita di seluruh dunia adalah dermatitis atopik, tapi selain itu ada enam jenis penyakit lain yang masuk kategori eksim. Salah satunya adalah eksim dishidrotik yang muncul di telapak kaki dan tangan, serta di jari-jari. 

Mengenal Lebih Jauh tentang Eksim Dishidrotik

Ada berbagai jenis penyakit kulit yang masuk dalam kategori eksim (eczema), salah satunya adalah dyshidrotic eczema atau biasa disebut juga dengan pompholyx. Jika dermatitis atopik atau eksim kering bisa muncul di area mana saja di tubuh dan wajah, maka jenis eksim ini hanya muncul di tangan dan kaki, terutama di bagian telapak dan sisi jari-jari. 

Disebut juga dengan eksim tangan dan kaki, penyakit eksim ini bisa muncul dengan tiba-tiba, bentuknya berupa bintik-bintik kecil di kulit berisi air. Awalnya, Anda mungkin akan merasa gatal-gatal pada kulit telapak serta jari-jari tangan dan kaki yang intens. Bintik-bintiknya baru muncul kemudian setelah Anda terus-menerus menggaruk karena gatal. 

Bintik-bintik ini kemudian muncul lebih banyak sehingga mencakup area yang luas. Kulit akan melepuh, berisi cairan, kemerahan, bengkak, dan terasa sangat gatal. Kulit di sekitar area eksim akan sering basah oleh keringat. Biasanya eksim dishidrotik akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 minggu. Dalam proses penyembuhannya, kulit akan mengering, pecah-pecah, dan mengelupas. Perawatan kulit kering dapat dilakukan dengan menggunakan Cicaplast Baume B5 + yang dapat melembapkan, menutrisi, membuat kulit tampak lebih halus dan lembut.

Jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit eksim dapat terinfeksi kuman. Jika hal ini terjadi, maka kondisinya menjadi lebih buruk karena kulit membengkak, muncul nanah di kulit yang melepuh, terbentuk kerak, dan terasa sakit. Pada kasus yang ekstrem, eksim akan menjalar ke bagian punggung tangan, lengan, juga punggung kaki. Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit jika hal ini terjadi.

Penyebab Eksim Dishidrotik dan Dampaknya kepada Penderita

Secara umum, penyakit eksim masih belum bisa ditentukan penyebab pastinya, begitu pula dengan eksim dishidrotik. Penyakit kulit ini umumnya terjadi pada orang dewasa usia 20-40 tahun, dan sebagian besar diderita oleh perempuan. Walau peradangannya dapat terjadi sekali saja, tapi paling sering terjadi eksim kulit ini datang dan pergi, tergantung dari paparan faktor pemicunya.

Penderita dishidrotik biasanya hipersensitif terhadap logam, terutama nikel dan kobalt. Begitu juga dengan kandungan bahan tertentu di produk perawatan tubuh, tembakau di rokok, dan sejenis obat-obatan. Selain itu, penyakit kulit ini bisa juga dipicu oleh stres, perubahan cuaca, penyakit infeksi lainnya yaitu tinea pedis (athlete’s foot), alergi lainnya seperti rhinitis alergi, udara yang panas dan sangat lembap, serta telapak tangan dan kaki yang sering basah.

Anda perlu ingat bahwa ada kemungkinan seseorang untuk menderita lebih dari satu jenis eksim, dan ini berlaku pada eksim dishidrotik. Sekitar 50 persen dari para penderitanya juga menderita jenis eksim lain, paling banyak adalah dermatitis atopik dan dermatitis kontak. 

Jika dibandingkan penyakit eksim yang lain, penyakit kulit gatal ini memang hanya muncul di area kulit tertentu saja. Namun karena area tersebut ada yang tidak tertutup pakaian, maka kenyamanan dan rasa percaya diri si penderita dapat menurun drastis karena dapat dilihat oleh orang lain. Belum lagi pekerjaan akan terganggu karena rasa sakit yang muncul saat menggunakan alat yang harus dipegang atau digenggam tangan. Ini dapat membuat si penderita merasa stres dan mengurangi interaksi sosial. 

Mengatasi Eksim Dishidrotik dengan Perawatan di Rumah

Penderita eksim ini sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kulit saat gejala-gejalanya sudah muncul sekitar seminggu. Setelah menganalisa kondisi dan tingkat keparahannya, dokter akan membuatkan perawatan yang harus Anda lakukan di rumah untuk penyembuhannya. 

Untuk yang tingkatnya masih ringan, maka dokter kulit kemungkinan akan memberikan Anda kompres dingin dan obat untuk merendam kaki atau tangan yang terkena eksim. Selain menggunakan obat dari dokter, Anda juga bisa melakukan beberapa hal ini di rumah:

  • Hindari menggaruk bagian yang terkna eksim, lakukan kompres dingin saja
  • Jangan mandi terlalu lama, batasi mandi selama 10 sampa 15 menit saja
  • Gunakan air humidifier untuk menjaga kelembapan kulit

Karena kulit yang mengalami eksim ini akan cenderung menjadi kering selama proses penyembuhan, maka Anda harus mengaplikasikan pelembap sesering mungkin sesuai yang direkomendasikan oleh dokter kulit. Aplikasikan pelembap langsung setelah Anda selesai mandi dan mencuci tangan saat kulit masih setengah basah.

Jika pengobatan ini sudah Anda lakukan tapi tidak membawa hasil, maka kemungkinan besar dokter kulit akan memberikan pengobatan yang lebih keras, termasuk beberapa tindakan yang harus dilakukan di klinik.

Merawat Kulit Kering akibat Eksim Dishidrotik

Kulit gatal kering selama penyembuhan eksim dishidrotik dapat Anda rawat dengan rangkaian produk La Roche-Posay LIPIKAR. Tak perlu khawatir karena produk-produk La Roche-Posay LIPIKAR direkomendasikan oleh dokter kulit untuk merawat kulit sensitif, sangat kering, memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal. Rangkaian produknya sangat aman sehingga dapat digunakan oleh bayi baru lahir.

Ada tiga produk La Roche-Posay LIPIKAR yang bisa Anda gunakan secara rutin, yaitu:

  • La Roche-Posay LIPIKAR Syndet AP+ Cleanser, pembersih wajah dan tubuh untuk merawat lapisan lipid kulit, menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, dan mengurangi sensasi rasa gatal. 
  • La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M, pelembap kulit yang membantu merawat kulit sangat sensitif. Secara intensif melawan gatal, mengurangi sensasi rasa gatal, dan menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit. Produk ini juga menutrisi kulit dan merawat lapisan penghalang kulit.
  • La Roche-Posay LIPIKAR Stick AP, yang dengan seketika meringankan sensasi gatal, dorongan untuk menggaruk, dan menyejukkan kulit. Aplikasikan di wajah dan tubuh saat Anda sangat ingin menggaruk. 

Ketiga produk La Roche-Posay LIPIKAR mengandung bahan-bahan utama berupa shea butter yang dapat merawat selaput hidrolipid kulit, niacinamide yang menenangkan, mengurangi rasa gatal, dan menjadi kondisi lapisan penghalang kulit, serta Aqua posae filiformis untuk merawat kulit yang sangat kering, termasuk akibat alergi kulit. 

Tugas Anda memilih rangkaian produk perawatan kulit kering akibat eksim dishidrotik terselesaikan dengan hadirnya rangkaian La Roche-Posay LIPIKAR. Untuk mendapatkan rangkaian produk ini, Anda bisa membelinya di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama. 

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.