Benarkah Penyebab Penyakit Eksim adalah Kulit yang Kering? Yuk Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Article Read Duration 5 menit membaca

Untuk Anda yang pernah menderita eksim, pasti tahu betul betapa menyiksanya kondisi ini. Kondisi kulit yang ditandai dengan gejala seperti ruam, gatal, kemerahan, melepuh, bahkan hingga penebalan kulit membuat keseharian menjadi tidak nyaman. Eksim bisa menyerang siapa saja, bahkan bayi dan anak-anak. Paparan berikut akan menjelaskan penyebab penyakit eksim untuk membantu Anda mengendalikannya.

Eksim pada Anak Umum Ditemukan

Secara umum, eksim adalah istilah yang digunakan untuk menamai kondisi kulit yang gatal dengan intens, meradang, kering, dan muncul ruam pada kulit. Penyakit eksim yang lazim terjadi adalah dermatitis atopik yang muncul berupa ruam di bagian lengan, kaki, tangan, bahkan wajah. Karena sifatnya yang sangat gatal dan meradang, eksim bisa mengganggu keseharian, menyebabkan gelisah, hingga mengganggu kualitas tidur.

Para orangtua tidak perlu merasa khawatir bila anak-anak mengalami eksim kulit, karena eksim bukanlah kondisi menular atau bisa berakibat fatal. Eksim kulit cukup lazim terjadi pada bayi dan balita karena kulitnya masih sangat rentan dan peka terhadap paparan pencetus alergi dari lingkungan. Eksim bisa muncul pada bayi usia 3-6 bulan, tapi secara umum penyakit eksim pada anak ini akan membaik bahkan menghilang saat usia anak mencapai 5-6 tahun.

Dokter kulit pada dasarnya menggolongkan eksim sebagai penyakit yang tidak berbahaya, karena bisa reda dengan sendirinya setelah melalui masa kanak-kanak. Namun, dalam beberapa kasus khusus, eksim bisa menetap dan terus timbul hingga dewasa. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa sebagian orang dewasa yang mengalami eksim sejak masa kanak-kanak bisa menjadi penderita alergi, khususnya alergi makanan dan pencetus alergi dari lingkungan.

Ciri-ciri yang bisa terlihat pada penderita eksim antara lain:

  1. Munculnya ruam, bisa berwarna kemerahan pada kulit yang terang atau warna kulit yang lebih gelap pada kulit gelap.
  2. Kulit kering dan teksturnya seperti bersisik.
  3. Rasa gatal, baik yang ringan, sedang, hingga intens.
  4. Kulit melepuh dan terasa hangat saat disentuh.
  5. Penebalan/kerak di bagian kulit yang mengalami gangguan.
  6. Pada kondisi berat, bisa muncul bintik-bintik berisi cairan. Jika digaruk, bintik-bintik ini pecah dan mengeluarkan cairan bahkan darah.

Apakah Penyebab Penyakit Eksim adalah Kulit Kering?

Sayangnya, hingga kini para ahli masih belum dapat menyimpulkan penyebab eksim yang pasti. Namun berdasarkan pemaparan yang dipublikasikan oleh the American Academy of Allergy, Asthma, & Immunology, penyebab penyakit eksim adalah terjadinya gangguan pada skin barrier, yaitu lapisan terluar yang berfungsi memproteksi kulit dan tubuh. Gangguan ini dapat memicu kulit menjadi kering, juga mempertinggi risiko terjadinya iritasi dan peradangan.

Pernyataan tersebut dapat menjawab pendapat umum yang simpang siur mengenai eksim. Masyarakat awam banyak yang menduga bahwa penyebab penyakit eksim adalah kulit yang kering, padahal yang sebetulnya terjadi adalah sebaliknya. Justru penyakit eksim lah yang menyebabkan kulit menjadi kering, karena lapisan penghalang kulit (skin barrier) mengalami kerusakan.

Faktor-faktor yang dapat menjadi pemicu eksim kulit di antaranya:

  • Genetik: Orang-orang yang memiliki keluarga dengan riwayat alergi, gangguan kulit, dan asma memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menderita eksim. Disebutkan juga bahwa eksim dapat muncul karena terjadinya mutasi gen, seperti gen CARD11 dan FLG.
  • Sistem imun tubuh yang lemah: Sistem imun tubuh yang lemah lebih mudah menderita penyakit eksim.
  • Kondisi lingkungan yang kurang baik: Berbagai pencetus alergi yang terdapat di lingkungan, seperti asap rokok, suhu tinggi, debu, makin mempertinggi risiko munculnya eksim kulit.

Meski tidak berbahaya, Anda tetap perlu menyikapi eksim kulit dengan serius. Pasalnya, kondisi kulit yang mengalami eksim akan lebih rentan mengalami infeksi bakteri, virus, juga jamur. Selain itu, kondisi kulit yang mengalami eksim, yaitu kemerahan, ruam, maupun berkerak, kerap menyebabkan penderitanya menjadi kurang percaya diri, juga menimbulkan reaksi negatif dari orang-orang di sekitar.

Perlu juga Anda ketahui, bahwa eksim juga bisa secara tiba-tiba muncul pada orang dewasa yang tidak menderita eksim anak saat ia masih kecil. Pengaruh faktor pemicu berupa sistem imun yang sedang lemah ditambah paparan pencetus alergi dari lingkungan bisa membuat Anda tiba-tiba mendapati kulit menjadi lebih kering, terasa gatal yang mengganggu, bahkan hingga ruam berat. Beberapa bagian tubuh yang kerap terserang eksim adalah:

  • Bagian belakang lutut.
  • Lipatan siku.
  • Bagian belakang leher.
  • Wajah.
  • Daerah sekitar mata.

Bila ciri-ciri eksim muncul di satu atau beberapa bagian tubuh, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Eksim Kulit

Karena tidak diketahui penyebabnya, maka eksim merupakan penyakit kronis yang tidak dapat diobati. Namun untuk membantu meredakan gejala-gejala dan berbagai ketidaknyamanan yang dirasakan, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Hindari makanan maupun kondisi yang dapat memicu eksim, misalnya boga bahari, telur, bulu binatang peliharaan, debu, asap rokok, polen, dan lain-lain.
  • Jaga suhu ruangan yang Anda tempati agar tetap sejuk dan stabil. Suhu ruang yang terlalu dingin maupun terlalu panas juga dapat memicu eksim.
  • Kenakan baju yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun 100%. Serat sintetis pada pakaian juga dapat menimbulkan reaksi di kulit yang sensitif.
  • Gunakan produk pembersih kulit yang ramah kulit kering atau sensitif.
  • Mandi dengan air suhu ruangan. Air yang terlalu panas dapat memperparah kekeringan kulit.
  • Jangan menggosok kulit dengan loofah maupun shower puff karena dapat menimbulkan iritasi dan infeksi.
  • Setiap kali kulit terasa basah, segera keringkan dengan handuk lembut dan berganti pakaian.

Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang berkualitas dan seimbang, serta menjaga kondisi kulit agar tetap lembap dan sehat.

La Roche-Posay LIPIKAR Membantu Meredakan Gejala Eksim

Agar kulit menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu eksim kulit, Anda bisa merawatnya dengan rangkaian produk La Roche-Posay LIPIKAR yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi eksim yang ditandai kulit sensitif, sangat kering, memerah, terasa perih, dan gatal. Rangkaian produk ini sangat aman, bahkan dapat digunakan oleh bayi yang baru lahir.

La Roche-Posay LIPIKAR mengandung bahan-bahan utama berupa shea butter yang dapat merawat selaput hidrolipid kulit, niacinamide yang menenangkan, mengurangi rasa gatal, dan menjaga kondisi kulit, serta Aqua posae filiformis untuk merawat kulit yang sangat kering. Produk ini juga mengandung La Roche-Posay Thermal Spring Water yang melindungi dan menenangkan kulit sensitif, mudah iritasi, dan kemerahan.

Rangkaian produk La Roche-Posay LIPIKAR yang bisa Anda gunakan secara rutin, yaitu:

  • La Roche-Posay LIPIKAR Syndet AP+ Cleanser, yaitu pembersih wajah dan tubuh untuk merawat lapisan lipid kulit, menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, dan mengurangi sensasi rasa gatal.
  • La Roche-Posay LIPIKAR Baume AP+M, yaitu pelembap kulit yang membantu merawat kulit yang sangat sensitif. Produk ini secara intensif membantu mengatasi sensasi gatal dan menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit dengan teknologi AP+M eksklusif yang baru dengan cara melawan ketahanan serta berkembiaknya bakteria Staph yang menyebabkan kondisi kulit sensitif dan kering. Produk ini juga menutrisi kulit dan merawat lapisan pelindung kulit.
  • La Roche-Posay LIPIKAR Stick AP, yaitu produk yang dengan seketika membantu meringankan sensasi gatal dan menyejukkan kulit. Produk ini juga dapat mengatasi keinginan untuk menggaruk kulit. Gunakan langsung pada bagian kulit yang mengalami eksim setiap kali terasa tidak nyaman.

Walau penyebab penyakit eksim tak bisa diatasi, tapi perawatan rutin menggunakan rangkaian La Roche-Posay LIPIKAR akan membantu keseharian Anda menjadi lebih nyaman dan bebas gangguan kulit. Untuk mendapatkan rangkaian produk ini, Anda bisa membelinya di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.