FAKTA MAKANAN PENYEBAB JERAWAT

Article Read Duration 4 menit membaca

Munculnya jerawat dipicu oleh perubahan hormon. Mungkin selama ini Anda menyangka kalau cokelat dan keripik merupakan makanan penyebab jerawat, tapi ternyata bukan. Di sisi lain, produk-produk olahan susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (Yang menyebabkan melonjaknya gula darah) seperti gula dan tepung putih, ternyata ikut berperan dalam memicu munculnya jerawat di wajah.

APAKAH PRODUK OLAHAN SUSU DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT?

Ya,  Ada bukti yang kuat bahwa susu dan keju dapat menyebabkan munculnya jerawat. Berbagai penelitian dan studi memberikan hasil yang bervariasi, tapi terbukti bahwa peningkatan konsumsi produk-produk olahan susu dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Para dokter tidak mengetahui dengan pasti alasannya.  Kemungkinan penyebabnya adalah hormon-hormon yang terkandung di dalam produk-produk olahan susu. 

Anda bisa mencoba membatasi konsumsi susu dan makanan penyebab jerawat seperti hasil olahan susu berupa keju, yoghurt, dan krim, kemudian lihat hasilnya di kulit Anda. Selain itu, minuman protein shake dari whey juga memiliki konsentrasi susu yang sangat tinggi. Jika jerawat sedang meradang di wajah, maka lebih baik hindari mengonsumsinya.

APAKAH COKELAT DAPAT MENYEBABKAN KULIT BERJERAWAT?

Tidak, tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek pada jerawat, meskipun setiap orang memiliki reaksi yang berbeda akan hal ini, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda! 

APAKAH MAKANAN MANIS DAN KUE-KUE MERUPAKAN MAKANAN PENYEBAB JERAWAT?

Ya, berbagai penelitian terkini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk kondisi jerawat. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda perlu mengurangi konsumsi permen, minuman manis, dan makanan lainnya yang terbuat dari tepung putih. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. 

APAKAH BANYAK MINUM AIR PUTIH DAPAT MENYEMBUHKAN JERAWAT?

Tidak, tapi minum air putih yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Jika tubuh sehat, maka kulit Anda juga akan ikut sehat. Sayangnya, lebih banyak minum air putih tidak akan membuat jerawat Anda menjadi berkurang. 

APAKAH MINYAK IKAN MEMBERI MANFAAT BAGI KULIT? 

Ya, minyak ikan dapat membantu kulit Anda terhindar dari jerawat. Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di seluruh tubuh, termasuk kulit yang merupakan organ terluas di tubuh manusia. 

Anda bisa mengonsumsi  ikan tuna dan salmon beberapa kali dalam seminggu untuk membantu mencegah jerawat muncul. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi ikan, maka Anda bisa mencari alternatif sumber asam lemak Omega-3 seperti kacang kenari, benih lenan (flaxseed), biji chia, sayuran hijau, dan telur.

APAKAH GORENGAN MERUPAKAN MAKANAN PENYEBAB JERAWAT?

Tidak. Mitosnya memang makanan yang digoreng atau berminyak dapat memicu kulit wajah jadi lebih berminyak, padahal tidak ada kaitan di antara keduanya. Walaupun begitu, mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dapat memicu terjadinya peradangan-peradangan kecil di organ tubuh, termasuk kulit. Jadi, makan kentang goreng tidak akan membuat Anda berjerawat, tapi Anda perlu membatasi jumlahnya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

DAPATKAH SUPLEMEN VITAMIN DAN MINERAL MENYEMBUHKAN JERAWAT? 

Tidak, tidak ada suplemen nutrisi yang dapat menyembuhkan jerawat. Penyebab utama munculnya jerawat adalah perubahan hormon dan tidak ada hubungannya dengan kekurangan vitamin atau mineral. 

Walaupun begitu, pola makan yang seimbang dengan banyak konsumsi buah dan sayuran dapat membantu menyuplai nutrisi penting yang dibutuhkan kulit untuk menyembuhkan jerawat. Cobalah konsep makanan warna pelangi untuk mengisi piring Anda. Sayuran dan buah-buahan yang berwarna-warni umumnya kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan kulit seperti jerawat.

 

DAPATKAH MINUMAN BERALKOHOL MENYEBABKAN JERAWAT?

Tidak, tapi terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol tidak baik efeknya bagi kulit Anda. Tidak ada bukti kuat kalau alkohol dapat menyebabkan jerawat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat membuat pembuluh darah di kulit wajah melebar sehingga memperburuk kondisi kulit yang kemerahan. Alkohol juga membuat dehidrasi, karena itu batasi konsumsinya. 

Mengetahui lebih banyak tentang makanan penyebab jerawat dapat membantu Anda untuk menghindarinya atau membatasi konsumsinya agar jerawat tak mudah muncul di wajah. 

 

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.