Yuk, Cari Tahu 3 Produk Skincare Remaja untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak di Sini!

Article Read Duration 5 menit membaca

Remaja memang identik dengan munculnya jerawat. Perubahan hormon yang berlangsung begitu memasuki usia pubertas menjadi penyebab utamanya. Jika kulit wajah tidak dirawat dengan baik, maka jerawat bisa meninggalkan noda dan luka bekas jerawat yang butuh waktu lama untuk bisa hilang. Karena itu, perawatan menggunakan skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat penting dilakukan sejak awal. 

Penyebab Munculnya Jerawat pada Remaja dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar remaja mengalami masalah jerawat karena hormon androgen, yaitu kelompok hormon laki-laki, menjadi penyebabnya. Hormon androgen meningkatkan produksi minyak sehingga kelenjar sebasea membesar.

Pada masa remaja, produksi hormon androgen meningkat tajam, baik pada laki-laki maupun perempuan. Dampaknya, kulit bagian tubuh yang memiliki lebih banyak pori-pori berisi kelenjar sebasea akan menjadi sangat berminyak, seperti wajah, punggung, pundak, leher, dan dada. Minyak berlebih ini, bersama tumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran, berpotensi untuk menyumbat pori-pori dan menyebabkan terbentuknya komedo. Baik komedo hitam maupun komedo putih, kedua sudah masuk kategori jerawat tapi tanpa peradangan.

Jika komedo terpapar bakteri penyebab jerawat, maka akan terjadi peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat papula, yaitu bengkak kecil berwarna kemerahan, atau jerawat pustula, yaitu bengkak kecil dan kemerahan yang biasanya berisi nanah. Hindari memencet jerawat pustula untuk mengeluarkan isinya, karena malah dapat meninggalkan luka dan noda bekas jerawat yang butuh waktu lama untuk hilang.  

Jika ukuran jerawat tergolong besar dan terasa sakit saat disentuh, maka kemungkinannya adalah jerawat nodul. Jerawat ini terbentuk di dalam lapisan kulit dan tidak bisa diobati menggunakan obat jerawat biasa. Selain jerawat nodul, jerawat lain yang masuk dalam kategori parah adalah jerawat kistik yang berisi nanah. Penanganan kedua jenis jerawat ini harus dilakukan oleh dokter kulit, karena mengutak-atik jerawat dapat meninggalkan bekas berupa jaringan parut atau bopeng. 

Merawat Wajah dengan Produk Skincare yang Bagus untuk Remaja

Baik bagi orang dewasa maupun remaja, jerawat bisa sangat mengganggu penampilan. Namun bagi remaja, dampak munculnya jerawat kemungkinan akan lebih besar. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri pada remaja bisa menurun drastis akibat jerawat. Mereka merasa diri tidak menarik, terutama bagi lawan jenis. 

Pada kasus yang lebih parah, remaja yang berjerawat dapat menjadi korban perundungan atau bullying. Kondisi ini dapat membuat mereka mengalami kecemasan dan depresi. Jika Anda memiliki anak remaja di rumah yang wajahnya berjerawat, maka waspadai tanda-tanda ia mengalami depresi, misalnya ia terlihat sedih dan galau dalam jangka panjang, tidak lagi tertarik mengerjakan hal-hal yang sebelumnya ia sukai, serta tidak tertarik lagi mengikuti kegiatan bersama teman-temannya. 

Solusi utama untuk membantu remaja mengatasi masalah jerawat adalah dengan melakukan perawatan wajah menggunakan produk-produk skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat. Untuk perawatan kulit wajah pada pagi dan malam hari, paling tidak ia harus membersihkan dan melembapkan kulit wajahnya, ditambah dengan melindungi wajah dari paparan sinar matahari pada pagi-siang hari. Tambahkan penggunaan produk treatment untuk mengatasi jerawatnya, bisa berupa obat jerawat dan serum khusus kulit berjerawat.

Jika jerawat yang ia miliki tergolong parah, maka Anda bisa menemaninya berkonsultasi dengan dokter kulit. Biarkan ia yang berbicara dan memberi penjelasan kepada dokter kulit. Jika perlu, Anda bisa keluar ruang konsultasi agar ia bisa leluasa mengobrol. Selain melakukan perawatan wajah dengan produk skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak, dokter kulit juga akan meresepkan obat minum untuk mengatasi masalah jerawatnya.

Tiga Produk Skincare Remaja untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

La Roche-Posay memiliki produk-produk skincare terbaik untuk kulit berminyak, berjerawat dan sensitif dari rangkaian EFFACLAR. Rangkaian produk skincare untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat ini memberi solusi lengkap untuk melawan jerawat, dengan efikasi yang terbukti pada lebih dari ribuan pengguna. Rangkaian ini pun aman digunakan oleh remaja. 

Ada tiga produk skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat yang direkomendasikan dari rangkaian La Roche-Posay EFFACLAR, yaitu:

  1. La Roche Posay EFFACLAR Foaming Gel Cleanser, yaitu pembersih wajah yang secara lembut dapat membersihkan komedo serta mengangkat kotoran dan minyak berlebih, membuat kulit wajah menjadi bersih dan segar. Mengandung La Roche Posay thermal spring water yang dapat membantu menyejukkan kulit dan zinc yang mengurangi minyak berlebih.
  2. La Roche-Posay EFFACLAR Ultra Concentrated Serum, yaitu serum dengan kandungan tiga jenis exfoliating acid, yaitu salicylic acid, glycolic acid, dan LHA untuk membantu  melawan jerawat, noda jerawat dan wajah kusam. Dipadukan dengan niacinamide dan La Roche Posay thermal spring water yang membantu menenangkan dan menyejukkan kulit yang meradang. Aplikasikan di kulit wajah yang sudah bersih sebelum pelembap.
  3. La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+), yaitu pelembap ringan berbentuk gel cream dengan rasa nyaman dan tidak berminyak yang dalam waktu 12 jam intensif melawan jerawat, serta membantu menyamarkan jerawat membandel serta noda akibat jerawat yang muncul di kulit wajah tanpa disertai . Memiliki kandungan utama berupa niacinamide yang membantu meredakan peradangan dan kemerahan, procerad yang membantu mengurangi kemungkinan terjadinya noda jerawat, serta APF (aqua posae filiformis) dan manosse yang merawat kondisi kulit. 

Khusus untuk pagi hari, tambahkan aplikasi produk baru La Roche Posay ANTHELIOS UVMUNE400Dry SPF50+ PA++++, yang memberi perlindungan optimal terhadap sinar matahari terlebih ULTRA LONG-UVA yang tidak terlihat dan paling berbahaya. Sunscreen ini juga merupakan produk skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat karena juga melindungi kulit berjerawat dari polusi yang dapat memperparah kondisinya. Aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali agar wajah terus-menerus mendapat perlindungan dari sinar matahari. Tekstur yang cair dan ringan membuat sunscreen ini cepat menyerap.

Menggunakan produk-produk skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat dari rangkaian La Roche-Posay EFFACLAR akan membantu mengatasi masalah jerawat remaja sehingga ia kembali percaya diri. Anda bisa mendapatkan produk-produk yang direkomendasikan di atas di Official Store La Roche-Posay Indonesia di e-commerce ternama. 

Anda juga bisa melakukan analisa kulit online dengan menggunakan Effaclar SPOTSCAN. Analisa wajah berbasis Artificial Intelligence ini akan membantu Anda menemukan produk perawatan terbaik dari La Roche Posay.  Yuk, ikuti langkah mudahnya:

  1. Buka halaman Effaclar Spotscan
  2. Scan QR Code menggunakan handphone
  3. Lakukan selfie sesuai petunjuk
  4. Tunggu hasil analisa dari Effaclar Spotscan
  5. Dapatkan rekomendasi produk khusus untuk wajah anda

Temukan produk terbaik untuk masalah kulit Anda dengan mudah dan cepat sekarang juga!

 

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.