10 Manfaat Niacinamide untuk Wajah yang Wajib Diketahui

Article Read Duration 5 menit membaca

Walau penggunaan niacinamide dalam produk skincare telah dilakukan sejak lama, tapi baru beberapa tahun terakhir senyawa ini populer di masyarakat. Dalam waktu tergolong singkat, hadir begitu banyak produk skincare yang mengandung niacinamide di pasaran. Popularitas niacinamide tak akan meningkat drastis seperti ini jika klaim manfaat niacinamide untuk wajah tak terbukti benar. Paling tidak, ada 10 manfaat niacinamide yang diakui dapat membantu kondisi kulit wajah menjadi lebih baik.

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk amida dari Vitamin B3, yang juga dikenal dengan sebutan nicotinamide. Vitamin B3 dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi tubuh, yang paling utama adalah mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi bagi sel-sel tubuh agar dapat menjalani fungsinya. Vitamin B3 juga dikenal dengan sederet manfaatnya bagi kulit.

Saat dikonsumsi, Vitamin B3 diubah oleh tubuh menjadi niacinamide. Vitamin B3 bisa didapatkan dari konsumsi makanan diantaranya berupa daging merah, produk dairy, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau, serta dari konsumsi suplemen. Jika digunakan untuk merawat dan mengatasi masalah kulit, maka yang paling efektif adalah menggunakan niacinamide topikal (oles). Karena larut dalam air, maka niacinamide dapat dengan mudah dijadikan kandungan dalam berbagai produk skincare.

Awalnya, niacinamide lebih banyak ditemukan sebagai kandungan di produk serum. Namun kini, niacinamide juga bisa ditemukan sebagai kandungan produk pelembap, pembersih wajah, dan toner dengan konsentrasi yang bervariasi. Niacinamide topikal tergolong aman untuk semua jenis kulit; selain itu, niacinamide juga dapat bekerja dengan baik bersama bahan aktif lainnya untuk memberi manfaat optimal. Karena itulah, sejak dahulu niacinamide telah digunakan sebagai bahan aktif dalam produk skincare sampai saat ini.  

 

10 Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Pemakaian produk skincare yang mengandung niacinamide dapat memberi manfaat sebagai berikut:

1. Mendukung fungsi skin barrier

Manfaat niacinamide untuk wajah yang sangat dikenal adalah meningkatkan kinerja dari komponen-komponen utama dari skin barrier, di antaranya adalah ceramide, asam lemak, dan kolesterol. Niacinamide juga meningkatkan kinerja protein-protein yang penting bagi sel-sel korneosit. 

 

2. Memudarkan noda hitam

Niacinamide membantu mengatasi noda hitam akibat hiperpigmentasi dengan cara menghalangi transfer melanin dari sel-sel melanosit ke sel-sel keratinosit di kulit. Niacinamide secara efektif dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit akibat paparan sinar UVA/UVB. 

 

3. Menjaga hidrasi dan kelembapan kulit

Manfaat niacinamide untuk wajah ini berkaitan dengan kemampuan niacinamide dalam mendukung fungsi skin barrier. Dengan fungsi skin barrier yang meningkat, maka penguapan air dari kulit menjadi berkurang dan kelembapan dapat terjaga.

 

4. Memperbaiki sel-sel kulit yang rusak

Saat kulit mengalami stres akibat jumlah radikal bebas yang berlebihan, maka kerusakan sel-sel kulit tak terhindari. Niacinamide dapat memberi manfaat antioksiden yang poten dan tinggi bagi kulit yang secara tidak langsung dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit rusak akibat radikal bebas. 

 

5. Meredakan peradangan di kulit

Efek anti-peradangan dari niacinamide dapat membantu menenangkan serta meredakan iritasi dan kemerahan akibat peradangan kulit seperti eksim, rosasea, dan jerawat. Ditambah fungsi skin barrier yang meningkat, sifat anti-peradangan ini membuat kulit tak mudah mengalami iritasi dan kemerahan akibat agresor dari lingkungan. 

 

6. Mengatasi jerawat

Membantu penyembuhan jerawat, terutama jerawat meradang, merupakan manfaat niacinamide untuk wajah yang didapat dari efek anti-peradangannya.  Dalam sebuah uji klinis, hasil pemakaian gel nicotinamide 4% memberi hasil efektif dalam mengatasi jerawat sedang pada 76 orang, sama seperti pemakaian antibiotik topikal gel clindamycin 1%. 

 

7. Merawat kulit berminyak

Niacinamide juga dapat mengontrol produksi minyak di kelenjar sebasea, sehingga dapat mengurangi tampilan kilap di wajah dan mengurangi potensi pori-pori tersumbat yang memicu jerawat. Kemampuan niacinamide dalam menstimulasi terbentuknya kolagen dan elastin juga membuat pori-pori besar tampak lebih kecil. 

 

8. Memberi manfaat anti-aging

Dari hasil beberapa studi klinis, terlihat bahwa niacinamide dapat membantu menyamarkan tampilan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Manfaat niacinamide untuk wajah didapatkan dari kemampuannya untuk menstimulasi terbentuk kolagen, elastin, dan fibrilin. 

 

9. Mencegah kanker kulit

Radiasi sinar UV dapat memicu terbentuknya kanker kulit akibat kerusakan DNA dan sistem imun tubuh. Manfaat niacinamide untuk kulit adalah meningkatkan proses perbaikan DNA yang rusak serta berpotensi untuk mencegah penekanan reaksi imun. 

 

10. Merawat kulit dengan dermatitis atopik

Peningkatan fungsi skin barrier sebagai salah satu manfaat niacinamide untuk wajah membuat niacinamide ikut membawa manfaat bagi penderita dermatitis atopik. Pasalnya, penguapan air di kulit berkurang sehingga kulit terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya.

 

Serum dari La Roche-Posay dengan Kandungan Pure Niacinamide

Dari penjelasan ini, ada begitu banyak manfaat dan fungsi niacinamide untuk wajah. Jika sesuai dengan masalah kulit yang Anda hadapi, Anda bisa memilih produk skincare dengan kandungan niacinamide, seperti La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum. Dengan kandungan pure niacinamide sebesar 10%, serum ini akan memberikan manfaat niacinamide untuk wajah, termasuk yang telah dijelaskan di atas.

Kandungan pure niacinamide membantu menyamarkan noda hitam di wajah akibat hiperpigmentasi, termasuk noda hitam bekas jerawat, sehingga warna kulit tampak lebih merata dan cerah. Tak hanya itu, serum ini juga membantu menenangkan kulit dan melindungi skin barrier.

La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum juga mengandung HEPES exfoliator yang lembut untuk membantu mengeksfoliasi kulit wajah secara ringan dan mempercepat proses regenerasi kulit, serta hyaluronic acid yang membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Teksturnya cair sehingga serum ini mudah dibaurkan dan cepat meresap ke dalam lapisan kulit. Kulit terasa lebih lembap tapi tidak lengket, dengan hasil akhir velvet. Serum ini aman untuk kulit kering dan kulit sensitif.

Dari uji konsumen yang dilakukan terhadap 55 subjek selama delapan minggu, memberi hasil 85% tekstur kulit wajah tampak halus, 87% kulit wajah terasa terhidrasi, 77% warna kulit wajah tampak lebih rata, dan 79% kulit wajah tampak glowing sehat.

Anda bisa mendapatkan manfaat niacinamide untuk wajah lewat pemakaian La Roche-Posay Pure Niacinamide 10 Serum secara teratur. Produk serum ini bisa didapatkan di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama. 

BENAR
ATAU SALAH

EMOSI
DAPAT BERDAMPAK PADA KULIT SENSITIF SAYA.

BENAR

Stres dan emosi yang kuat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di kulit, sehingga memicu kemerahan dan rasa tidak nyaman. Banyak orang menemukan bahwa teknik kesadaran diri atau teknik relaksasi serupa sangat membantu menjaga ketenangan kulit sensitif mereka. Pendekatan ini bekerja paling efektif jika dipadukan dengan perawatan kulit sensitif yang tepat seperti rangkaian TOLERIANE.
Pelajari Selengkapnya

PRODUK ORGANIK
PALING SESUAI UNTUK KULIT SENSITIF.

SALAH

Meskipun alami, tidak berarti produk tersebut tidak akan menyebabkan ruam pada kulit sensitif. Sebenarnya, banyak ekstrak tanaman alami dapat menimbulkan sensasi yang sangat umum dijumpai, seperti perih, panas, dan tersengat. Sedangkan ada banyak sekali alergen di alam!
Pelajari Selengkapnya

PAPARAN SINAR MATAHARI DAPAT
MENJADIKAN KULIT MAKIN SENSITIF.

BENAR

Matahari benar-benar dapat memperburuk kondisi kulit wajah sensitif.Hal ini karena sinar UV memicu stres oksidatif dan peradangan di dalam kulit, sehingga menimbulkan kemerahan dan ruam. Pastikan rutinitas perawatan kulit Anda sehari-hari mencakup perlindungan terhadap spektrum luas UVA-UVB dan sinar UVA gelombang panjang seperti rangkaian produk ANTHELIOS.
Pelajari Selengkapnya

MANDI PANCURAN AIR PANAS DALAM WAKTU LAMA
MEMBANTU MENENANGKAN KULIT SENSITIF SAYA.

SALAH

Ini mungkin meregangkan otot Anda yang kaku setelah bekerja sepanjang hari, tetapi mandi pancuran atau berendam di air panas dalam waktu lama bukan pilihan yang baik untuk kondisi kulit sensitif. Paparan kulit sensitif terhadap suhu panas (dan dingin) merangsang pelepasan histamin (molekul penyebab gatal), yang dapat memicu reaksi iritasi berantai. Yang terbaik adalah mandi pancuran atau berendam di air hangat kuku (suam kuku) dan dalam waktu singkat.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Sepanjang hari, kulit terpapar polusi udara, khususnya ozon dan PM2.5, partikel debu mikroskopis. Polutan ini dapat menempel di kulit, dan partikel terkecil bahkan mampu menembus hingga ke sel epidermis. Itu sebabnya penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk membersihkan, menenangkan, dan melindungi kulit Anda.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

Rangkaian produk REDERMIC RETINOL membantu menyamarkan kerutan dan menghaluskan tekstur kulit. Produk-produk ini juga membantu meratakan warna kulit wajah dan menyamarkan bintik-bintik pada kulit akibat penuaan.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

PELAJARI SELENGKAPNYA TENTANG
APA YANG DIMAKSUD DENGAN KULIT SENSITIF

PENYEBAB KULIT SENSITIF:
INTERNAL DAN EKSTERNAL
Cari tahu