TIPS MEMILIH SUNSCREEN UNTUK KULIT BERJERAWAT DAN REKOMENDASINYA

Article Read Duration 10 menit membaca

Memasuki musim kemarau saat matahari bersinar dengan terik, himbauan memakai sunscreen setiap hari pun bermunculan di media sosial. Namun, banyak yang ragu melakukannya karena kondisi kulit yang sedang berjerawat; khawatir pemakaian sunscreen hanya akan membuat jerawat Anda menjadi lebih buruk. Padahal, memakai sunscreen untuk kulit berjerawat yang tepat akan melindungi kulit Anda agar kondisi jerawat tidak bertambah parah.

Kondisi Kulit Berjerawat

Jerawat muncul saat pori-pori yang berisi folikel rambut mengalami penyumbatan oleh minyak berlebih dan sel-sel kulit mati. Pada awalnya, penyumbatan pori-pori ini akan menyebabkan munculnya jerawat tidak meradang berupa komedo, baik komedo putih yang tertutup (whitehead) maupun komedo hitam yang terbuka (blackhead). 

Saat bakteri P. acnes ikut terjebak di dalam pori-pori dan berkembang biak, maka jerawat yang tadinya tidak meradang akan berubah menjadi meradang. Jerawat yang meradang ini ada empat jenis, yaitu papula dan pustula yang tergolong ringan, lalu ada nodul dan kistik yang tergolong jerawat parah. Papula dan pustula bisa diatasi dengan pemakaian obat jerawat, sedangkan nodul dan kistik hanya bisa diatasi oleh dokter kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, maka nodul dan kistik dapat meninggalkan bekas luka jerawat. 

Bersamaan dengan penanganan jerawat, Anda disarankan untuk merawat kulit wajah yang berjerawat memakai produk-produk yang ditujukan untuk kulit berjerawat. Misalnya, memakai pembersih wajah yang lembut dengan pH sedikit asam untuk mencuci wajah dua kali sehari dan setelah berolahraga. Memakai sunscreen untuk kulit berjerawat juga disarankan karena banyak obat jerawat yang membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga rentan terbakar.

Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Saat wajah sedang berjerawat, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk skincare dikarenakan pemilihan produk yang kurang tepat dapat berakibat jerawat semakin memburuk. Karena itu, luangkan waktu untuk memilih produk sunscreen untuk kulit berjerawat agar dapat memberi perlindungan dari sinar UV tanpa menimbulkan masalah.

Untuk Anda yang memiliki kulit yang berjerawat, disarankan untuk memilih sunscreen yang kandungan bahan-bahannya lebih aman dan tidak memperburuk peradangan yang sudah terjadi di kulit. Sunscreen mineral atau physical sunscreen menjadi pilihan terbaik karena kandungan bahan-bahannya berupa zinc oxide dan titanium dioxide lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan iritasi.

Namun, ada pemilik kulit berminyak dan berjerawat yang merasa tidak nyaman memakai physical sunscreen karena teksturnya yang cenderung tebal dan meninggalkan residu putih di kulit wajah. Jika ini terjadi, maka Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat bisa memilih sunscreen yang formulanya ringan, misalnya sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang berbahan dasar air dan yang memiliki tekstur gel atau teksturnya sangat cair sehingga tidak lengket, tidak berminyak, dan lebih nyaman setelah diaplikasikan. 

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat dari La Roche-Posay

Untuk produk sunscreen, La Roche-Posay ANTHELIOS telah dikenal selama 25 tahun sebagai pelopor dalam terobosan inovasi untuk filter UV, tekstur, dan teknologi lainnya. Anda yang memiliki kulit berjerawat bisa mencoba produk sunscreen yang aman untuk kulit berjerawat dan kulit sensitif dari La Roche-Posay, yaitu La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+

Produk sunscreen ini merupakan yang pertama yang dapat melindungi kulit dari sinar ultra long UVA hingga 400nm karena memiliki filter UV inovasi terbaru, yaitu MEXORYL400. Filter UV ini dapat memberi perlindungan optimal terhadap sinar UVA dan UVB, termasuk sinar ultra long UVA yang tersembunyi dan paling berbahaya karena dapat masuk sampai ke dalam lapisan kulit. Ada banyak kerusakan yang dapat ditimbulkan sinar ini, di antaranya adalah kerusakan DNA, peradangan, hiperpigmentasi, penuaan dini, sampai kanker. 

La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ memiliki tekstur yang sangat cair, sehingga sangat ringan dan dapat meresap dengan cepat ke dalam kulit, serta tidak meninggalkan residu putih yang mengganggu dan hasil akhirnya nyaris tidak terlihat. Formulanya tidak berminyak dan tidak lengket tapi dapat melembapkan kulit karena memiliki kandungan glycerin. 

Produk sunscreen untuk kulit berjerawat ini tahan air dan keringat, jadi dapat Anda gunakan saat ingin berenang. La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ telah diuji dermatologis dengan hasil aman bagi kulit yang sensitif dan uji oftalmologis dengan hasil aman untuk digunakan di area mata (aman bagi pemakai lensa kontak), tidak mengandung fragrance, dan hypoallergenic.

Untuk hasil yang optimal, aplikasikan sunscreen untuk kulit berjerawat ini dengan cara yang benar, yaitu:

  1. Sunscreen diaplikasikan paling akhir dari rutinitas perawatan kulit pada pagi hari. 

  2. Kocok terlebih dahulu kemasan produk.

  3. Untuk aplikasi di seluruh wajah, leher bagian depan, dan telinga, keluarkan sunscreen sebanyak dua jari penuh atau 1/3—1/2 sendok teh. Ini sesuai dengan perhitungan aplikasi sunscreen 2mg/cm² kulit.

  4. Aplikasikan secara merata di seluruh area tersebut. 

  5. Jika ingin mengaplikasikan produk make up setelahnya, beri jeda selama beberapa menit agar sunscreen meresap dengan baik. 

  6. Untuk perlindungan optimal, aplikasikan ulang sunscreen setiap 2-3 jam sekali. 

Dengan hadirnya La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+, Anda tak perlu khawatir memilih sunscreen untuk kulit berjerawat. Anda bisa membelinya secara online di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Acne. (2016, September 1). National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Retrieved April 16, 2023, from https://www.niams.nih.gov/health-topics/acne

2Darmawan. (2019, May 1). Find Your Sunscreen Soulmate: 15 Options for Your Skin Type. Healthline. Retrieved April 16, 2023, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-skin-type

3Bernerd, F., Passeron, T., Castiel, I., & Marionnet, C. (2022, July 26). The Damaging Effects of Long UVA (UVA1) Rays: A Major Challenge to Preserve Skin Health and Integrity. International Journal of Molecular Sciences, 23(15), 8243. https://doi.org/10.3390/ijms23158243

BENAR
ATAU SALAH

SINAR MATAHARI DAPAT MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen bagian dari kebiasaan tetap sehari-hari untuk melindungi tahi lalat dan mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
<b> BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI</b>

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Tanpa reaksi Alergi sama sekali
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, berjerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.