Rekomendasi Sunscreen yang Cocok dan Aman untuk Kulit Berminyak

Article Read Duration 5 menit membaca

Kulit wajah yang berminyak seringkali membuat kurang percaya diri. Minyak yang tidak terkontrol juga bisa menyebabakan berbagai masalah kulit lain misalnya saja jerawat. Hal ini membuat perawatan kulit berminyak perlu dilakukan secara ekstra. Jenis kulit wajah berminyak membutuhkan perawatan yang sesuai untuk mengontrol produksi minyak agar tidak berlebih, mulai dari membersihkan wajah sampai melindungi wajah memakai sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak.

Ciri-Ciri Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah kulit yang memiliki kelenjar sebasea berukuran besar sehingga memproduksi minyak atau sebum dalam jumlah berlebih, menyebabkan kulit tampak mengilap dan terlihat berminyak. Karena kelenjar sebasea terdapat di dalam pori-pori tempat folikel rambut berada, maka tak heran jika pori-pori wajah menjadi terlihat besar. Ciri-ciri lain dari kulit berminyak adalah kulit terasa tebal, mudah terbentuk komedo terutama komedo hitam, serta rentan berjerawat.

Sebenarnya minyak alami ini memiliki peran penting untuk melembapkan kulit, mendukung kerja skin barrier, dan secara umum membuat kulit sehat. Namun jika jumlahnya berlebihan seperti pada kulit berminyak, atau sangat sedikit seperti pada kulit kering, maka bisa menyebabkan masalah. Selain membuat wajah terlihat mengilap, terasa lengket, dan mudah kotor, minyak berlebih juga dapat membuat pori-pori tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat.

Kulit yang berminyak bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Misalnya, orang-orang Afrika  yang memiliki ukuran pori-pori besar cenderung memiliki kulit wajah yang berminyak karena produksi minyaknya lebih tinggi di kelenjar sebasea. Produksi hormon androgen yang meningkat pada usia puber juga dapat membuat produksi minyak di kelenjar sebasea mengalami lonjakan drastis, karena hormon androgen dapat berpengaruh kepada kerja kelenjar sebasea.

Kulit wajah juga bisa menjadi lebih berminyak pada orang berjenis kelamin laki-laki, perempuan menjelang menopause, tinggal di area dengan kelembapan udara yang tinggi, stres tingkat tinggi, berada pada musim panas atau kemarau, serta memiliki kondisi-kondisi tubuh yang berhubungan dengan peningkatan hormon androgen.

 

Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Anda sangat disarankan untuk merawat kulit wajah dengan produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Begitu juga dengan kulit yang berminyak, Anda sebaiknya memilih produk-produk skincare yang sesuai, karena formula dan kandungan bahan-bahannya telah disesuaikan dengan kondisi kulit berminyak. Produk-produk skincare untuk kulit berminyak biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Bersifat non-comedogenic. Ini berarti kandungan bahan-bahan dalam produk tersebut sangat kecil potensinya untuk menyumbat pori-pori. Selain non-comedogenic, Anda juga bisa memilih produk dengan label oil-free
  • Berbahan dasar air, bukan minyak. Ini membuat produk dapat membantu menghidrasi kulit berminyak serta mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat. 
  • Tidak mengandung alkohol, karena alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering, sehingga kulit malah memproduksi minyak lebih banyak. 
  • Memiliki tekstur losion, gel, atau gel-cream yang ringan, sehingga mudah diserap kulit. Karena tidak berminyak, maka kulit juga terasa segar dan tidak lengket.
  • Mengandung bahan-bahan yang dapat mengontrol produksi minyak di kulit wajah, seperti salicylic acid, hyaluronic acid, dan niacinamide, atau yang dapat menghidrasi kulit seperti hyaluronic acid dan glycerin.

Karakteristik ini juga bisa Anda perhatikan saat memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak, sehingga produk sunscreen tak hanya memberi perlindungan terhadap radiasi sinar UV, tapi juga dapat membantu merawat kulit berminyak. Produk sunscreen yang berbahan dasar air dengan tekstur gel dan memberi hasil akhir matte dapat menjadi sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak. Tambahan kandungan bahan-bahan seperti niacinamide dan hyaluronic acid akan membantu mengontrol produksi minyak di kulit agar tidak berlebih.

Jika kulit wajah tak hanya berminyak tapi juga rentan berjerawat, maka sunscreen yang bagus adalah yang tidak membuat kulit iritasi dan membantu mencegah peradangan di kulit menjadi bertambah buruk. Anda bisa memakai sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak, atau bisa juga memilih sunscreen yang ditujukan untuk kulit sensitif. Perlu diketahui sunscreen memiliki dua tipe, pertama chemical sunscreen dan kedua physical sunscreen. Physical sunscreen mengandung mineral yang dapat memfilter sinar UV. Sedangkan chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas, lalu memancarkannya lagi ke kulit.  

 

Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dari La Roche-Posay

La Roche-Posay ANTHELIOS merupakan produk yang memberi perlindungan terhadap sinar matahari secara optimal bagi kulit sensitif, memperkenalkan La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+, sunscreen pertama yang dapat memberi perlindungan terhadap sinar ultra-long UVA.  Produk cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit wajah yang berminyak dan rentan berjerawat, sehingga dapat menjadi sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak.

La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ dilengkapi dengan filter UV yang inovatif dan eksklusif MEXORYL400, yang dapat menangkal sinar ultra-long UVA (sinar UVA1) dengan panjang hingga 400nm yang dapat masuk sampai lapisan dermis kulit dan menyebabkan penuaan kulit. MEXORYL400 merupakan filter UV terbaru dari La Roche-Posay setelah menjalani 10 tahun penelitian dengan 65 studi.

Produk sunscreen terbaik ini juga dilengkapi dengan teknologi XL Protect yang memadukan filter UV dan antioksidan untuk memberi perlindungan optimal terhadap sinar UVA dan UVB juga mencegah kerusakan sel akibat efek dari radiasinya. Diperkuat pula oleh Netlock Technology yang mengunci filter UV dalam microdroplet gel, sehingga dapat melindungi kulit dengan lebih baik, lebih resisten, tidak bergeser, dan dapat tersebar lebih merata di permukaan kulit. 

La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ memiliki tekstur yang sangat cair, sehingga sangat ringan dan dapat meresap dengan cepat ke dalam kulit. Hasil akhirnya transparan (invisible) dan tidak meninggalkan white-cast, serta tidak lengket dan tidak berminyak. Produk sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak ini juga tahan air dan keringat, jadi dapat Anda gunakan saat ingin berenang.

La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ telah diuji dermatologis dengan hasil aman bagi kulit yang sensitif dan uji oftalmologis dengan hasil aman untuk digunakan di area mata (aman bagi pemakai lensa kontak), sehingga tidak menyebabkan mata perih dan hypoallergenic.

Aplikasikan La Roche-Posay ANTHELIOS UVMune 400 Invisible Fluid SPF50+ pada akhir rutinitas perawatan wajah Anda pada pagi hari, lalu aplikasikan ulang setiap 2—3 jam terutama jika Anda banyak berkeringat dan wajah bersentuhan dengan air. Anda bisa mendapatkan produk sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak ini secara online di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Sakuma, T. H., & Maibach, H. I. (2012). Oily Skin: An Overview. Skin Pharmacology and Physiology, 25(5), 227–235. https://doi.org/10.1159/000338978 

2Johnson. (2023, May 15). Oily skin: 6 treatments, causes, and prevention (Cobb, Ed.). Medical News Today. Retrieved August 15, 2023, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090

3Ibid

4Endly, & Miller. (2017, August 1). Oily Skin: A review of Treatment Options. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 10(8), 49–55. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5605215/


5Darmawan. (2019, May 1). Find Your Sunscreen Soulmate: 15 Options for Your Skin Type. Healthline. Retrieved August 15, 2023, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-skin-type

6Ibid

BENAR
ATAU SALAH

MATAHARI BISA MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

LULUS UJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, berjerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI

PEDOMAN DASAR
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI
Baca selengkapnya
placeholder STRES DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT,
YANG BISA MENIMBULKAN DEPRESI
Baca selengkapnya
placeholder JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA
Baca selengkapnya