CARA EKSFOLIASI KULIT BERJERAWAT YANG BISA ANDA COBA

Article Read Duration 4 menit membaca

Anda mungkin pernah mendengar istilah eksfoliasi, yaitu proses mengangkat sel-sel kulit mati di wajah untuk mencegah sel-sel kulit mati tersebut menumpuk di permukaan kulit wajah. Eksfoliasi bermanfaat untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat. Jika kulit wajah Anda berjerawat, maka Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk eksfoliasi kulit berjerawat.


Salah satu hal yang sering membuat frustasi mengenai cara merawat kulit berjerawat adalah bagaimana cara mengeksfoliasinya. Eksfoliasi kulit berjerawat hanya akan berhasil jika Anda:

  • Mengeksfoliasi kulit secara lembut

  • Tidak mengeksfoliasi secara berlebihan

  • Menggunakan produk yang tepat

APA YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SAAT EKSFOLIASI KULIT BERJERAWAT

Eksfoliasi kulit secara berlebihan adalah masalah yang umum terjadi. Mungkin Anda pernah menggosok wajah terlalu keras saat menggunakan scrub wajah, atau melakukan eksfoliasi lebih sering dari seharusnya dengan harapan kulit wajah menjadi bersih menyeluruh. Sayangnya, anggapan ini salah.

Eksfoliasi kulit berjerawat secara berlebihan akan membuat kulit menjadi kering, kemerahan, dan iritasi. Jika kulit Anda menjadi terlalu kering, kurangi frekuensi eksfoliasi kulit Anda dan ubah cara mengeksfoliasi wajah menjadi lebih lembut.

Memperlakukan kulit secara lembut merupakan hal yang penting bagi Anda terutama jika Anda memiliki kulit berjerawat. Memperlakukan kulit berjerawat secara kasar dapat memunculkan bercak merah, meningkatkan sensitivitas kulit, bahkan memicu inflamasi. 

Cara mengeksfoliasi wajah yang aman adalah dengan menghindari eksfolian dengan butir-butir kecil karena sifatnya terlalu abrasif untuk kulit yang berjerawat dan sensitif. Anda dapat menggunakan eksfolian dalam bentuk lotion atau pembersih, serta sarung tangan eksfoliasi yang lembut.

CARA MEMILIH EKSFOLIAN UNTUK KULIT BERJERAWAT

Untuk eksfoliasi kulit berjerawat, Anda bisa menggunakan La Roche-Posay Effaclar Astringent Lotion yang mengandung eksfolian-mikro (micro-exfoliants) sebagai alternatif dari scrub. Kandungan La Roche-Posay Effaclar Astringent Lotion tidak akan mengganggu atau menimbulkan iritasi pada jenis kulit sensitif.

Lotion ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, karena kandungan LHA-nya bekerja serupa dengan salicylic acid, yaitu dengan mengeksfoliasi dan menghilangkan bakteri dari pori-pori. LHA juga memiliki fungsi keratolitik yang mempercepat regenerasi sel dan membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati.

Eksfolian lain yang juga bisa mempercepat regenerasi sel-sel kulit adalah Retinol. Produk La Roche-Posay Redermic mengandung bahan aktif Retinol yang dapat memicu produksi sel kulit baru dan membantu menstimulasi perputaran sel dari lapisan kulit terdalam sampai ke permukaan. Hasil dari proses ini adalah lepasnya lapisan sel-sel kulit mati yang digantikan oleh lapisan sel-sel kulit yang baru.

PRODUK YANG BISA DIGUNAKAN SETELAH EKSFOLIASI KULIT

Setelah mengeksfoliasi kulit berjerawat, Anda perlu untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Proses eksfoliasi bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering sehingga bisa memicu produksi sebum berlebih. Menggunakan pelembab yang tepat merupakan cara terbaik untuk menghidrasi kulit setelah eksfoliasi.

Anda dapat menggunakan La Roche-Posay Effaclar Duo(+) Anti-Acne Moisturiser setelah mengeksfoliasi kulit. Formulanya memastikan kulit tetap lembab tanpa efek samping rasa lengket dan berminyak. La Roche-Posay Effaclar Duo(+) Anti-Acne Moisturiser juga berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul akibat pori-pori tersumbat dan membantu menghaluskan tekstur kulit berjerawat.

Ikuti langkah di atas untuk menjaga kulit berjerawat Anda!

 

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.