6 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DAN BEKASNYA SAMPAI TUNTAS!

Article Read Duration 5 menit membaca

Saat muncul jerawat di wajah, Anda tentu ingin agar jerawat tersebut bisa segera teratasi sehingga tak lagi mengganggu penampilan. Karena tak sabar, Anda tak mau menunggu obat jerawat menuntaskan aksinya dan malah memencet jerawat. Ini membuat jerawat malah semakin meradang dan berpotensi untuk meninggalkan bekas berupa noda hitam di wajah. Sekarang tugas Anda bertambah karena harus mencari cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas dan menerapkannya dengan tepat.

Penyebab Munculnya Jerawat dan Bekasnya di Wajah

Mengetahui penyebab munculnya jerawat akan membantu Anda mencari cara menghilangkan jerawat dengan tepat. Jerawat akan muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh paduan sel-sel kulit mati, minyak berlebih, kotoran, dan zat-zat lainnya. Sumbatan ini disebut dengan komedo, sebuah bentuk jerawat yang tidak meradang. 

Komedo ada dua jenis, yaitu komedo putih (whitehead) yang disebabkan pori-pori tertutup kulit sehingga isi komedo terlihat putih, dan komedo hitam (blackhead) yang disebabkan oleh pori-pori terbuka sehingga sumbatannya mengalami oksidasi dan warnanya menghitam. Jika komedo terpapar bakteri penyebab jerawat yang berkembang biak di dalam pori-pori, maka akan meradang. 

Jerawat yang meradang terbagi menjadi:

  • Jerawat papula yang memiliki bentuk bengkak kecil berwarna merah.
  • Jerawat pustula yang pada dasarnya merupakan jerawat papula tapi berisi nanah, terlihat seperti memiliki “mata” kekuningan.
  • Jerawat nodul yang muncul di dalam lapisan kulit dan memiliki ukuran besar. Jerawat ini biasanya lunak dan menimbulkan rasa sakit.
  • Jerawat kistik yang sebenarnya merupakan jerawat nodul tapi berisi nanah. Jerawat ini terasa keras saat disentuh dan menimbulkan rasa sakit.

Dari penjelasan mengenai jerawat ini, terlihat bahwa penyebab munculnya jerawat adalah minyak berlebih, tumpukan sel-sel kulit mati, kotoran, dan bakteri. Jerawat juga bisa muncul dan kondisinya bertambah parah akibat kondisi berikut:

  • Perubahan hormon yang menyebabkan kelenjar sebasea aktif memproduksi minyak, dan kemudian minyak berlebih ikut menyumbat pori-pori.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan bergula yang dapat memicu terjadinya peradangan di tubuh, atau mengonsumsi susu sapi dan produk-produk turunannya yang dapat membuat hormon tidak seimbang.
  • Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, kurang tidur, kurang olahraga, tidak merawat kulit, dan tidak bisa mengelola stres dengan baik. 
  • Konsumsi obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, lithium, dan beberapa jenis pil kontrasepsi. 
  • Faktor genetik yang menyebabkan jerawat tetap bisa terus muncul walaupun sudah diobati.

Jika jerawat tidak dirawat dengan benar, maka dapat meninggalkan bekas berupa noda hitam. Ini terjadi karena peradangan di kulit akibat jerawat membuat sel-sel melanosit di kulit banyak memproduksi melanin, yaitu zat pigmen kulit dan rambut. Noda hitam bekas jerawat ini disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) dan banyak dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit sawo matang dan gelap.

Enam Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas

Saat mengatasi jerawat, baiknya lakukan dengan benar agar mencegah meninggalkan bekas jerawat. Semakin awal jerawat dirawat dan coba diatasi, maka semakin kecil kemungkinan muncul noda dan luka bekas jerawat.

1. Gunakan produk skincare khusus

Cara hilangkan jerawat komedo, papula, dan pustula adalah dengan merawat menggunakan produk skincare khusus untuk kulit berjerawat ditambah dengan obat jerawat yang dijual bebas. Biasanya produk-produk ini mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi jerawat, seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, retinol, niacinamide, atau adapalene

2. Konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan obat

Untuk jerawat parah seperti nodul dan kistik, harus ditangani oleh dokter kulit agar tidak meninggalkan bekas permanen di kulit wajah. Dokter kulit kemungkinan akan meresepkan Anda obat minum atau obat oles untuk membantu mengatasi jerawat ini.

3. Rajin melakukan eksfoliasi dan menggunakan sunscreen

Jika jerawat sudah terlanjur meninggalkan bekas, maka Anda bisa memudarkan bekas jerawat dengan pemakaian produk-produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat secara teratur dan rajin melakukan eksfoliasi kulit berjerawat. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen karena noda hitam bisa bertambah parah akibat paparan sinar UV dari matahari. 

4. Lakukan treatment khusus di klinik kecantikan

Kalau Anda punya dana lebih dan butuh cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas dengan cepat, maka dapat melakukan perawatan yang dilakukan dokter kulit di klinik kecantikan, berupa terapi laser, chemical peeling, dan mikrodermabrasi. 

5. Jangan lupa dengan skincare dasar

Untuk perawatan kulit wajah sehari-hari sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas, paling tidak lakukan perawatan mendasar, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit. Bersihkan wajah setiap pagi sebelum beraktivitas dan pada malam hari sesudah beraktivitas. Setelahnya, Anda bisa aplikasikan serum untuk kulit berjerawat atau obat jerawat, lalu aplikasikan pelembap. Pada skincare routine pagi hari, akhiri dengan aplikasi sunscreen

6. Jangan menyentuh jerawat

Hindari memegang, mengutak-atik, dan memencet jerawat karena selain dapat membuatnya semakin meradang, juga berpotensi besar untuk meninggalkan bekas luka. Selain itu, biasanya untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas dengan La Roche-Posay 

Memilih produk-produk skincare berkualitas dan  memang ditujukan untuk mengatasi jerawat jadi kunci untuk perawatan wajah yang sedang berjerawat atau rentan berjerawat.

Untuk produk perawatan menghilangkan jerawat yang dapat bekerja cepat dan tuntas, Anda bisa gunakan La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+), pelembap yang melawan jerawat, serta membantu menyamarkan jerawat membandel dan noda akibat jerawat yang muncul di kulit wajah. La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+) bekerja cepat membantu memudarkan jerawat dalam waktu 12 jam! Memiliki tekstur gel cream sehingga cepat menyerap, tidak membuat kulit wajah menjadi berminyak, dan tidak lengket.

Kandungan utama La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+) adalah niacinamide yang membantu meredakan peradangan dan kemerahan, procerad yang membantu mengurangi kemungkinan terjadinya noda jerawat, serta APF (aqua posae filiformis) dan manosse yang merawat kondisi kulit. Produk ini telah diuji di bawah pengawasan dermatologist dengan hasil kemerahan akibat peradangan yang jauh berkurang dan tekstur kulit menjadi lebih halus. 

Anda bisa menggunakan La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+) bersama produk-produk lainnya dari rangkaian La Roche-Posay EFFACLAR. Produk-produk yang paling direkomendasikan untuk cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas adalah pembersih wajah La Roche-Posay EFFACLAR Purifying Foaming Gel yang secara lembut dapat membersihkan komedo serta mengangkat kotoran dan minyak berlebih, serta La Roche-Posay EFFACLAR Ultra Concentrated Serum untuk membantu melawan jerawat dan noda bekas jerawat. Pada pagi hari, jangan lupa gunakan sunscreen La Roche Posay ANTHELIOS Dry Touch SPF 50+ PA++++.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas jadi lebih mudah dengan bantuan La Roche-Posay EFFACLAR Duo (+). Anda bisa mendapatkan produk pelembap ini di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama. Anda juga bisa menganalisa keadaan kulit dengan Effaclar Spotscan untuk mendapatkan produk terbaik. Yuk, ikuti langkah mudahnya:

  1. Buka halaman Effaclar Spotscan
  2. Scan QR Code menggunakan handphone
  3. Lakukan selfie sesuai petunjuk
  4. Tunggu hasil analisa dari Effaclar Spotscan

Setelah melakukan empat langkah mudah ini Anda akan mendapatkan hasil analisa kondisi kulit secara menyeluruh serta produk terbaik yang sesuai dari La Roche Posay. Yuk, langsung coba!

 

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.