MENGAPA BUTUH WAKTU LAMA
UNTUK MENGHILANGKAN JERAWAT

Article Read Duration 4 menit membaca

Setiap orang yang berjerawat memimpikan perawatan yang bekerja cepat untuk menghilangkan jerawatnya. Sayangnya, dalam kenyataannya, cara mengatasi jerawat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk dapat berefek. Karena masalah jerawat merupakan kondisi genetik dan hormonal dengan mekanisme kompleks.

OBAT JERAWAT YANG CEPAT?

Setiap orang yang berjerawat memimpikan cara mengatasi jerawat yang akan bekerja cepat untuk menghilangkan jerawatnya. Sayangnya, dalam kenyataannya, cara mengatasi jerawat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk dapat berefek. Baca untuk mencari tahu alasannya.

JERAWAT ADALAH KONDISI GENETIK

Mungkin Anda mendapatkannya dari orangtua Anda!


Jerawat adalah kondisi yang sebagian diakibatkan oleh genetik: Dengan kata lain, jerawat adalah keturunan. Penyebabnya adalah orang-orang tertentu memiliki pradisposisi genetik untuk memproduksi banyak sebum (minyak kulit) yang menyumbat pori-pori, menciptakan tempat berkembang biak bakteri yang mengakibatkan terbentuknya bintik jerawat. Tidak ada cara mengatasi jerawat yang bisa mengubah gen Anda, jadi jika Anda memiliki pradisposisi genetik ini, mengatasi jerawat membutuhkan waktu lebih lama. Namun, jangan kehilangan harapan! Jika digunakan secara teratur, produk perawatan kulit yang tepat dapat secara optimal melawan jerawat.

JERAWAT ADALAH KONDISI HORMONAL

Penyebab jerawat bisa beragam (pola makan, gaya hidup, obat-obatan…), tetapi penyebab teratas adalah jerawat hormonal. Inilah alasan kenapa jerawat timbul pada masa pubertas, dan alasan kenapa jerawat sering timbul bersama-sama siklus haid wanita. Jerawat sangat umum terjadi: memengaruhi 80% remaja dan 40% dewasa 1.

Hormon yang disebut androgen diproduksi oleh testis pada pria dan ovarium pada wanita, dan hormon ini menstimulasi kelenjar sebasea pada kulit agar memproduksi banyak minyak yang mendorong timbulnya bintik jerawat. Hormon androgen juga menyebabkan lapisan atas sel kulit menjadi lebih tebal dan lengket… yang membuatnya lebih rawan menyumbat pori-pori, dan mengakibatkan timbulnya bintik jerawat.

Karena jerawat hormonal adalah proses yang kompleks, menghilangkan jerawat hormonal memakan waktu. Salah satu perawatan jerawat hormonal yang efektif adalah pil kontrasepsi oral (pil KB). Pil ini menyeimbangkan kembali hormon Anda sehingga menghasilkan kulit bersih, dan akan mulai berefek setelah beberapa minggu . Namun, jika Anda pria atau pil KB tidak cocok untuk Anda, ada solusi dari ahli yang dijual bebas untuk menghilangkan jerawat secara efektif. Kunci perawatan jerawat yang efektif? Sabar dalam menajalani perawatan! Bahkan solusi yang paling menyeluruh membutuhkan waktu beberapa minggu agar berefek.

JERAWAT DAPAT MENJADI
SISTIK

Jerawat sistik atau jerawat batu adalah bentuk paling parah dari jerawat, berupa bintik yang dalam, sensitif, merah, dan bengkak yang disebut kista (cysts). Karena lesi meradang secara intens, perawatan untuk jerawat sistik membutuhkan waktu agar berefek. Dokter dapat meresepkan antibiotik seperti doksisiklin untuk membunuh bakteri yang bertanggung jawab atas peradangan di jerawat sistik. Dalam kasus yang paling parah, dokter Anda akan meresepkan obat yang disebut isotretinoin (Accutane) untuk mencegah kulit memproduksi begitu banyak minyak, yang membuat kulit jadi lebih kering dan mengurangi kemungkinan terbentuknya bintik jerawat. Kedua strategi ini membutuhkan waktu agar berefek, tetapi Anda dapat berharap kulit Anda mulai bersih setelah sekitar sebulan. Untuk hasil yang lebih cepat, padukan perawatan ini dengan solusi dermokosmetik dari apotek yang akan meningkatkan dan memperkuat efek perawatan.

JERAWAT JUGA DAPAT MEMENGARUHI KULIT KERING

Jerawat umumnya dianggap sebagai kondisi kulit berminyak, tetapi Anda juga bisa terkena jerawat dengan kulit kering. Meskipun terjadi di kulit kering, mekanisme jerawat pada dasarnya sama. Pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum, mengubah mereka menjadi tempat berkembang biak bakteri yang disebut P. acnes yang memperbanyak diri dalam pori-pori tersumbat, mengakibatkan terjadinya peradangan (dalam kata lain, bintik jerawat). Jerawat pada kulit kering dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk perawatannya karena sangat penting untuk mengambil pendekatan yang berhati-hati dan telaten. Produk yang keras dan mengeksfoliasi dengan kuat akan menyebabkan kulit terasa terkelupas dan sensitif, yang mengakibatkan kulit kemerahan dan bersisik. Seperti halnya dengan jenis jerawat lainnya, kesabaran adalah kunci untuk perawatan yang efektif.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT
DENGAN CEPAT

Jerawat adalah kondisi kronis yang dapat berlangsung bertahun-tahun, tetapi dengan perawatan ahli yang tepat, Anda dapat mengendalikannya dalam beberapa minggu. Triknya adalah untuk memilih perawatan yang tepat dan konsisten dalam menjalankannya!

Menghilangkan jerawat dengan cepat juga bermulai dari pembersihan kulit yang tepat. Kami merekomendasikan produk yang dengan lembut membersihkan kulit dari minyak berlebih dan sel kulit mati tanpa mengikis pelindung permukaan kulit.

PERAWATAN JERAWAT
YANG TEPAT?

Setelah Anda membersihkan kulit, sebaiknya ditindaklanjuti dengan perawatan jerawat yang optimal. Beberapa solusi dermo-kosmetik memadukan kombinasi yang terdiri dari kandungan bahan untuk membuka penyumbat pori-pori, menenangkan iritasi ringan, dan melawan bakteri penyebab bintik jerawat, sambil membantu menyeimbangkan kembali bakteri yang ramah bagi kulit.

Anda tidak dapat mengayunkan tongkat ajaib dan membuat bintik hilang dalam semalam, tetapi Anda dapat segera meredakan peradangan agar mengurangi kemerahan pada wajah dan merawat jerawat untuk kulit lebih bersih dan cerah dalam waktu seminggu.

1 Ann Dermatol Venereol. 2010 Nov;137 Suppl 2:S49-51. doi: 10.1016/S0151-9638(10)70024-7. Recent data on epidemiology of acne. Dréno B.

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.