CARA MERAWAT KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Article Read Duration 10 menit membaca

Faktor-faktor internal dan eksternal dapat membuat kulit Anda kehilangan air dan mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan kulit menjadi terasa tertarik dan tidak nyaman. Pastikan kulit Anda tetap terhidrasi dengan mengikuti cara merawat kulit kering yang akan dibahas berikut ini.

Mengenali Kulit Dehidrasi yang Merupakan Gejala Kulit Kering dan Sensitif

Untuk mendiagnosa kondisi kulit kering, para dermatolog biasanya akan melihat gejala yang muncul  di permukaan kulit, seperti timbulnya bercak kulit kering, sisik, kulit kaku dan kasar. Selain gejala-gejala klinis ini, kulit kering juga dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman dan sakit, misalnya kulit seperti ditarik, kesemutan, dan terasa panas.

Kulit yang sangat kering dapat memicu siklus gatal-garuk. Pada siklus gatal-garuk, kulit kering dan sensitif menjadi gatal, sehingga jika Anda ingin menggaruknya. Namun hal ini hanya akan menjadi solusi sementara, dan pada saat bersamaan, menggaruk dapat merusak kulit Anda. Penghalang kulit (skin barrier) yang rusak akan membuat zat-zat iritan dan alergen menembus kulit dengan mudah. Hal ini dapat memunculkan rasa gatal yang baru, yang membuat Anda semakin ingin untuk menggaruk. Lalu dimulailah siklus yang buruk tersebut.

Tampilan dan sensasi yang disebabkan oleh kulit kering dapat menurunkan kualitas hidup. Banyak perempuan yang menderita kulit kering mengatakan bahwa mereka menghindari penggunaan makeup. Sebagian dari mereka bahkan merasa menjadi kurang menarik dan kehilangan kepercayaan diri. 

Apa Penyebab Kulit Kering dan Sensitif?

Untuk mengetahui cara merawat kulit kering, Anda harus lebih dahulu mengerti penyebab-penyebabnya.

Kulit Anda berperan sebagai pelindung terluar tubuh yang butuh dijaga kadar kelembabannya agar bisa melindungi diri dari agresor-agresor eksternal. Untuk menjaga kelembabannya, kulit butuh kandungan air sebanyak 10-15 persen. Ketikan lapisan-lapisan terluar kulit–epidermis dan lapisan korneum kehilangan air, kulit Anda akan menjadi dehidrasi. Sel-sel korneum akan melepaskan diri dari satu sama lain dengan lebih mudah, menyebabkan terjadinya deskuamasi, yang disebut juga dengan kulit terkelupas. 

Proses biologis yang menyebabkan terjadinya kulit dehidrasi merupakan hal yang kompleks. Seperti terjadinya defisiensi protein kulit yang disebut filaggrin, defisiensi lipid, defisiensi Natural Moisturizing Factor (NMF), defisiensi protein dan enzim-enzim yang bertanggung jawab terhadap keratinisasi dan mengorganisasi sel-sel, serta degradasi film hidrolipid. 

Ada banyak pemicu yang membuat kondisi kulit kering dan kusam menjadi lebih buruk, baik faktor eksternal maupun internal sebagai berikut:

  • Lingkungan. Suhu udara yang rendah saat musim dingin dan tinggi pada musim panas, angin, sinar ultraviolet dari matahari, serta pemanas dan pendingin udara di dalam ruangan. Semua ini dapat membuat air menguap dari kulit, membuat kulit menjadi dehidrasi.
  • Zat-zat alergen dan polutan yang menyerang lapisan terluar kulit dan membuat kulit mudah kehilangan air.
  • Kontak dengan air yang lama dan berulang kali dapat menyebabkan dehidrasi. Contohnya jika Anda sering mencuci atau  bekerja sebagai penata rambut atau perawat yang sering melakukan kontak dengan air.
  • Produk-produk yang abrasif terhadap kulit, contohnya batu apung atau sarung tangan mandi, serta bahan-bahan kimia yang keras yang umumnya terdapat di produk-produk pembersih rumah. 
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu (seperti retinoid dan kortikosteroid) dan eksim yang meradang dapat membuat kulit menjadi kering.
  • Nutrisi penting untuk menjaga kondisi kulit. Defisiensi asam lemak esensial dapat mengurangi daya tahan kulit Anda.
  • Penuaan dan perubahan hormonal juga dapat mengurangi komponen-komponen hidrofilik kulit (kemampuan kulit untuk menarik air).
  • Dehidrasi dapat membuat kulit kering! Jangan lupa untuk minum air yang cukup setiap harinya! 

Cara Merawat Kulit Kering yang Simpel dan Efektif

Setelah mengetahui gejala kulit kering dan penyebabnya, sekarang saatnya Anda mengetahui cara merawat kulit kering. Anda bisa mengikuti cara-cara merawat kulit kering yang simpel ini:

  • Cara terbaik untuk memperkuat lapisan pelindung kulit Anda terhadap paparan faktor eksternal adalah dengan menggunakan produk-produk pelembab yang bersifat humektan dan hidrofilik secara teratur. Produk pelembab seperti ini akan menarik dan menahan air di kulit Anda yang menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.
  • Pada musim dingin, tutupi kulit yang terekspos udara dingin dengan sarung tangan atau syal. Sedangkan pada musim panas, praktikkan perlindungan terhadap sinar matahari yang aman.
  • Saat berada di dalam rumah atau kantor, usahakan untuk mematikan pemanas ruangan atau AC yang Anda pakai. Hindari tidur dengan pemanas udara atau AC masih menyala karena dapat membuat wajah Anda menjadi lebih cepat kering. Jika kondisi udara di dalam ruangan sangat kering, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan humidifier.
  • Kurangi jumlah alergen seperti debu dan tungau dengan membersihkan karpet dan furnitur di rumah menggunakan penyedot debu, serta mencuci kain-kain tempat tidur secara rutin. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup dan bebas jamur. Gunakan produk-produk pembersih dan perawatan kulit yang bersifat hipoalergenik.
  • Lebih baik mandi menggunakan shower dengan air hangat dalam waktu yang singkat daripada berendam di air panas di dalam bathtub. Tak apa jika sesekali berendam, tapi gunakan bath oil yang bersifat emolien. Oleskan pelembab kulit saat kulit masih setengah kering maksimal 10 menit setelah mandi.
  • Kenakan sarung tangan karet saat membersihkan rumah dan mencuci piring. Jika pekerjaan membuat Anda harus sering mencuci tangan, maka oleskan krim tangan yang melembabkan setelahnya. 
  • Cara merawat kulit kering lainnya adalah menggunakan eksfoliator kulit yang lembut dalam jumlah yang cukup.
  • Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, C, dan E serta asam lemak esensial. Jika kulit Anda sangat dehidrasi, maka sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin tersebut selama dua bulan.
  • Minum air yang cukup, minimal dua liter per hari.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Melembabkan

Apapun penyebab kulit Anda kering, rutinitas perawatan kulit yang menutrisi, menghidrasi, dan melindungi akan sangat membantu mengembalikan kekenyalan kulit Anda. 

Ada beberapa jenis produk perawatan kulit seperti: 

  • Produk hidrofilik yang menarik air ke dalam kulit
  • Produk humektan yang membantu menahan air di dalam kulit
  • Produk hidrofobik mengurangi penguapan air dengan membuat semacam lapisan di permukaan kulit. 

Pilih dan gunakan produk yang berbeda sesuai dengan situasi, musim, waktu yang Anda hadapi.

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, Anda perlu melakukan kebiasaan melembabkan kulit berikut ini:

  • Rutin mengaplikasikan pelembab untuk kulit minimal dua kali sehari, bahkan pada saat Anda merasa kulit Anda tidak memerlukannya.
  • Setelah mandi, keringkan kulit Anda dengan menepuk-nepuk handuk secara halus di kulit Anda, lalu oleskan pelembab di kulit wajah dan tubuh yang masih setengah kering.
  • Hindari merusak lapisan epidermis kulit dengan menggunakan pembersih make-up yang lembut seperti micellar water.
  • Gunakan tabir surya setiap hari.
  • Saat cuaca dingin, gunakan krim penghalang yang melembabkan kaki dan tangan.
  • Bawalah krim tangan yang menghidrasi di dalam tas. 
  • Untuk menghidrasi kulit secara instan, selalu simpan La Roche Posay Thermal Spring Water yang praktis untuk dibawa dan gunakan saat kulit Anda terasa kering.

Catatan: Laki-laki juga dapat mengalami kulit kering. Ikuti cara merawat kulit kering di atas, dan selalu gunakan pelembab kulit wajah setelah bercukur.

Rekomendasi Produk untuk Melembabkan Kulit 

La Roche Posay Laboratory telah mengembangkan berbagai produk untuk kulit wajah dan tubuh yang diciptakan untuk membuat kulit Anda kenyal dan terhidrasi.

  • Cara merawat kulit kering untuk wajah:

Untuk menjaga kelembaban kulit, Anda dapat menggunakan rangkaian La Roche-Posay Cicaplast memanfaatkan sifat terapeutik dari La Roche-Posay Thermal Spring Water yang terkenal. Diperkaya dengan kandungan yang menenangkan dan menyejukkan, seperti Panthenol, Shea Butter, dan Madécassoside, La Roche Posay Cicaplast menyediakan berbagai formula yang hypoallergenic. Kombinasi tepat dari bahan-bahan yang digunakan mampu merawat, memperbaiki kelembapan kulit dan melindungi kulit secara optimal.

Kebutuhan kulit Anda akan hidrasi berubah sesuai musim dan waktu dalam sehari, karena itu kami menciptakan pelembab wajah mutakhir untuk kulit kering dan sensitif yang memiliki dua tekstur, yaitu:

  • La Roche Posay Cicaplast Baume B5 adalah balm multifungsi dengan tekstur krim yang dapat memberikan rasa nyaman dan melindungi kulit yang teriritasi ringan, untuk seluruh keluarga: bayi, anak-anak, dan orang dewasa. 
  • La Roche Posay Cicaplast Gel adalah gel dengan tekstur yang nyaman: bening transparan, pro-massage gel, tidak lengket dan mudah dibaurkan secara merata. Gel ini berfungsi untuk merawat dan memperbaiki kelembaban kulit secara optimal dengan mempertahankan lapisan pelindung kulit.

 

  • Cara merawat kulit kering untuk tubuh:

Kulit tubuh yang kering juga perlu dirawat dengan menggunakan produk yang melembabkan. Rangkaian La Roche Posay Lipikar yang terbukti klinis sebagai  produk perawatan untuk kulit tubuh yang kering dan sensitif. Anda bisa memilih produk La Roche-Posay Lipikar yang sesuai dengan waktu dalam sehari dan musim:

  • La Roche-Posay Lipikar Fluide. Mengandung niacinamide yang menenangkan kulit, produk ini merupakan losion harian untuk kulit kering. Teksturnya yang ringan mudah diaplikasikan secara merata dan mudah menyerap. Aplikasikan setelah Anda mandi dan Anda siap beraktivitas!
  • Udara dingin dapat memperparah kondisi kulit. Lindungi kulit yang sensitif dari bercak-bercak kulit kering dengan La Roche-Posay Lipikar Baume AP+ yang bertekstur kental. Diformulasikan untuk mengatasi kekeringan kulit tanpa membuatnya berminyak dan lengket, produk ini menyeimbangkan kembali dan menstabilkan mikrobioma serta memperbaiki penghalang kulit untuk melindungi kulit Anda dari agresor eksternal.

Anda juga dapat menggunakan La Roche Posay Thermal Spring Water yang kaya kandungan mineral sebagai produk andalan Anda untuk hidrasi instan. Gunakan La Roche Posay Thermal Spring Water untuk memberikan kelembapan yang menyegarkan di mana pun, jangan lupa untuk selalu membawanya di tas Anda!

BENAR
ATAU SALAH

DERMATITIS ATOPIK
DAPAT MENULAR.

SALAH

Dermatitis atopik atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala dermatitis atopik terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid (corticosteroids) topikal.
Pelajari Selengkapnya

Dermatitis Atopik
HILANG SEIRING DENGAN WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, dermatitis atopik dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak lagi mengalaminya pada usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini tidak bisa diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi eczema dapat ditangani dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Walaupun belum dapat dijelaskan, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan / kambuhnya eczema. Namun, dermatitis atopik juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti pengendalian kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan / kambuhnya eczema. Jika menurut Anda makanan merupakan faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter untuk melakukan tes darah dan tes tusuk kulit agar mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (penyebab umum misalnya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

LIPIKAR BAUME AP+ telah diuji pada 14.180 pasien dalam 29 studi klinis di bawah kendali ahli dermatologi.

TEMUKAN
PRODUK LAIN DALAM RANGKAIAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa untuk kulit sensitif, sangat kering, rentan memerah, terasa pedih, panas, atau gatal. Terdiri dari pilihan produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.