Cara Kerja Niacinamide yang Bantu Samarkan Noda Hitam di Wajah

Article Read Duration 5 menit membaca

Saat muncul noda hitam di wajah, ada beberapa kemungkinan bentuk dan penyebabnya. Hal yang pasti adalah, noda hitam muncul saat kulit wajah mengalami hiperpigmentasi, yaitu kondisi yang membuat kulit wajah di suatu area berubah menjadi lebih gelap dibandingkan area sekitarnya. Walau noda hitam ini umumnya bisa hilang dengan sendirinya, tapi Anda dapat mempercepat prosesnya dengan pemakaian produk skincare dengan kandungan bahan pencerah, salah satunya adalah niacinamide.

 

Masalah Hiperpigmentasi Orang Indonesia

Hiperpigmentasi di kulit wajah berkaitan dengan melanin, yaitu zat pigmen kulit, yang diproduksi sel-sel melanosit yang terdapat di berbagai lapisan kulit. Saat sel-sel melanosit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan, maka kulit akan mengalami hiperpigmentasi. Tak hanya produksi melanin, perubahan proses distribusi melanin antar sel-sel kulit juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi bisa diderita oleh semua orang dengan warna kulit apa pun, tapi yang paling rentan mengalami hiperpigmentasi adalah orang-orang yang memiliki kulit tipe III dan IV di Skala Fitzpatrick. Ini merupakan tipe kulit yang dimiliki oleh mayoritas orang Indonesia. Menurut hasil penelitian yang diadakan pada tahun 2018 lalu, masalah hiperpigmentasi yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia adalah:

  • Solar lentigo

Merupakan hiperpigmentasi yang paling umum terjadi akibat paparan sinar matahari secara berlebihan dan terus-menerus di kulit yang tidak terlindungi sunscreen. Solar lentigo bisa muncul pada usia berapa saja, tapi paling banyak muncul saat usia matang. Karena itu, solar lentigo sering disebut juga dengan age spot. Di Indonesia, solar lentigo banyak dialami oleh perempuan usia 40 tahun ke atas.

 

  • Melasma

Merupakan hiperpigmentasi yang menyebabkan munculnya noda hitam di wajah dan leher, juga perut. Diduga kalau melasma disebabkan perubahan produksi hormon, seperti yang dialami oleh perempuan hamil atau mengonsumsi pil kontrasepsi. Di Indonesia, melasma banyak diderita oleh perempuan usia 20-30 tahun. Melasma dengan sendirinya akan menghilang secara bertahap saat produksi hormon sudah kembali stabil.

 

  • Post inflammatory hyperpigmentation (PIH)

Merupakan kondisi saat hiperpigmentasi disebabkan oleh peradangan atau cedera di kulit. Penyebab PIH yang utama adalah jerawat, karena jerawat dapat meninggalkan bekas jerawat hitam setelah sembuh. Di Indonesia, PIH banyak dialami oleh perempuan berusia muda dan penderitanya cenderung akan berkurang pada kelompok usia yang lebih tua.

 

Menyamarkan Noda Hitam di Wajah dengan Niacinamide

Walau tidak berbahaya bagi kesehatan, tapi noda hitam di wajah dapat berpengaruh besar kepada kenyamanan dan rasa percaya diri penderitanya. Apalagi jika Anda memiliki noda bekas jerawat hitam membandel yang sulit hilang. Untungnya, ada berbagai cara yang membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi, mulai dari pemakaian produk oles sampai ke prosedur di klinik kecantikan.

Obat oles dengan kandungan hydroquinone dan retinoid masih menjadi solusi masalah hiperpigmentasi yang umum diresepkan oleh dokter kulit. Namun kini semakin banyak bahan aktif yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi hiperpigmentasi, termasuk menyamarkan noda hitam di wajah. Salah satunya adalah adalah niacinamide, yang merupakan bentuk aktif dari Vitamin B3.

Untuk mengatasi noda hitam di wajah, termasuk noda bekas jerawat menghitam, niacinamide bekerja dengan mengurangi transfer melanin dari sel-sel melanosit ke sel-sel keratinosit yang paling banyak terdapat di lapisan epidermis kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemakaian moisturizer dengan kandungan niacinamide 5% dapat membantu menghambat 35—68% transfer dari sel-sel melanosit ke sel-sel keratinosit. Namun jika dihubungkan dengan kerja enzim tirosin dalam memproduksi melanin di sel-sel melanosit, hasil penelitian bervariatif antara mendorong, menghambat, atau tidak ada efeknya yang signifikan.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan terhadap 18 orang perempuan Jepang yang mengalami berbagai bentuk hiperpigmentasi. Mereka diberikan produk oles dengan kandungan niacinamide 5%. Hasilnya, setelah delapan minggu, noda hitam di wajah berkurang secara signifikan dibandingkan pemakaian zat hantarannya saja. Peneliti yang sama kemudian juga melakukan penelitian lain terhadap 120 perempuan Jepang menggunakan niacinamide 2% dan sunscreen dengan SPF 15. Hasilnya menunjukkan warna kulit wajah menjadi lebih cerah setelah 4—6 minggu.

Selain potensial mengatasi hiperpigmentasi, niacinamide juga memberi manfaat-manfaat lainnya, di antaranya adalah manfaat antioksidan terutama yang berkaitan dengan perawatan anti-aging, mendorong fungsi skin barrier, membantu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah, serta membantu mengatasi post-inflammatory erythema (PIE) yaitu noda kemerahan bekas jerawat di wajah.

 

Serum Mencerahkan Noda Hitam di Wajah dari La Roche-Posay

Berbagai potensi manfaat niacinamide bisa Anda dapatkan dengan pemakaian La Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum. Dengan kandungan niacinamide sebesar 10%, serum ini membantu menyamarkan noda hitam di wajah dan tanda-tanda hiperpigmentasi, sehingga warna kulit tampak lebih merata dan cerah. Tak hanya itu, serum ini juga membantu menenangkan kulit dan melindungi skin barrier.

Selain niacinamide, La Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum juga mengandung HEPES exfoliant yang membantu mengeksfoliasi kulit wajah secara ringan sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus, serta hyaluronic acid yang membantu hidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan lembap. Tekstur yang ringan membuat serum ini mudah menyerap dan tidak lengket di wajah, sehingga dapat digunakan untuk skin prep sebelum aplikasi produk make up.

Dari uji konsumen yang dilakukan terhadap 55 subjek selama delapan minggu, memberi hasil 85% tekstur kulit wajah tampak halus, 87% kulit wajah terasa terhidrasi, 77% warna kulit wajah tampak lebih rata, dan 79% kulit wajah tampak glowing sehat. Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda disarankan untuk memakainya pada pagi dan malam hari sebelum aplikasi moisturizer. Jangan lupa untuk memakai sunscreen pada pagi dan siang hari dengan perlindungan minimal berupa SPF 30 dan PA+++ agar noda hitam di wajah lebih cepat pudar.

Anda bisa membeli La Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1Nautiyal, A., & Wairkar, S. (2021, June 3). Management of hyperpigmentation: Current treatments and emerging therapies. Pigment Cell & Melanoma Research, 34(6), 1000–1014. https://doi.org/10.1111/pcmr.12986

2Du, Y., Doraiswamy, C., Mao, J., Zhang, Q., Liang, Y., Du, Z., Vasantharaghavan, R., & Joshi, M. K. (2022, July 4). Facial skin characteristics and concerns in Indonesia: A cross‐sectional observational study. Skin Research and Technology, 28(5), 719–728. https://doi.org/10.1111/srt.13189

3Boo, Y. C. (2021, August 21). Mechanistic Basis and Clinical Evidence for the Applications of Nicotinamide (Niacinamide) to Control Skin Aging and Pigmentation. MDPI. https://doi.org/10.3390/antiox10081315

4Levin, J., & Momin, S. B. (2010, February). How Much Do We Really Know About Our Favorite Cosmeceutical Ingredients? PubMed Central (PMC). Retrieved June 14, 2023, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921764/

5Ibid

BENAR
ATAU SALAH

EMOSI
DAPAT BERDAMPAK PADA KULIT SENSITIF SAYA.

BENAR

Stres dan emosi yang kuat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di kulit, sehingga memicu kemerahan dan rasa tidak nyaman. Banyak orang menemukan bahwa teknik kesadaran diri atau teknik relaksasi serupa sangat membantu menjaga ketenangan kulit sensitif mereka. Pendekatan ini bekerja paling efektif jika dipadukan dengan perawatan kulit sensitif yang tepat seperti rangkaian TOLERIANE.
Pelajari Selengkapnya

PRODUK ORGANIK
PALING SESUAI UNTUK KULIT SENSITIF.

SALAH

Meskipun alami, tidak berarti produk tersebut tidak akan menyebabkan ruam pada kulit sensitif. Sebenarnya, banyak ekstrak tanaman alami dapat menimbulkan sensasi yang sangat umum dijumpai, seperti perih, panas, dan tersengat. Sedangkan ada banyak sekali alergen di alam!
Pelajari Selengkapnya

PAPARAN SINAR MATAHARI DAPAT
MENJADIKAN KULIT MAKIN SENSITIF.

BENAR

Matahari benar-benar dapat memperburuk kondisi kulit wajah sensitif.Hal ini karena sinar UV memicu stres oksidatif dan peradangan di dalam kulit, sehingga menimbulkan kemerahan dan ruam. Pastikan rutinitas perawatan kulit Anda sehari-hari mencakup perlindungan terhadap spektrum luas UVA-UVB dan sinar UVA gelombang panjang seperti rangkaian produk ANTHELIOS.
Pelajari Selengkapnya

MANDI PANCURAN AIR PANAS DALAM WAKTU LAMA
MEMBANTU MENENANGKAN KULIT SENSITIF SAYA.

SALAH

Ini mungkin meregangkan otot Anda yang kaku setelah bekerja sepanjang hari, tetapi mandi pancuran atau berendam di air panas dalam waktu lama bukan pilihan yang baik untuk kondisi kulit sensitif. Paparan kulit sensitif terhadap suhu panas (dan dingin) merangsang pelepasan histamin (molekul penyebab gatal), yang dapat memicu reaksi iritasi berantai. Yang terbaik adalah mandi pancuran atau berendam di air hangat kuku (suam kuku) dan dalam waktu singkat.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Sepanjang hari, kulit terpapar polusi udara, khususnya ozon dan PM2.5, partikel debu mikroskopis. Polutan ini dapat menempel di kulit, dan partikel terkecil bahkan mampu menembus hingga ke sel epidermis. Itu sebabnya penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk membersihkan, menenangkan, dan melindungi kulit Anda.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

Rangkaian produk REDERMIC RETINOL membantu menyamarkan kerutan dan menghaluskan tekstur kulit. Produk-produk ini juga membantu meratakan warna kulit wajah dan menyamarkan bintik-bintik pada kulit akibat penuaan.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

PELAJARI SELENGKAPNYA TENTANG
APA YANG DIMAKSUD DENGAN KULIT SENSITIF

PENYEBAB KULIT SENSITIF:
INTERNAL DAN EKSTERNAL
Cari tahu