CARA MENGHINDARI
BEKAS JERAWAT MERAH ATAU HITAM

Article Read Duration 5 menit membaca

Jerawat dapat meninggalkan bekas merah atau cokelat di kulit yang tidak sedap dipandang dan dapat mengganggu rasa percaya diri Anda, tetapi ada banyak cara, yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya:

• Jangan mengorek atau memencet bintik jerawat
• Tinggalkan sabun dan scrub, beralihlah ke micellar water atau pencuci wajah berbusa yang lembut
• Pilih perawatan kulit harian yang disarankan oleh para ahli dermatologi seperti rangkaian produk EFFACLAR
• Gunakan pelembap tanpa minyak yang tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic) dengan SPF
• Hindari penggunaan peeling AHA berkonsentrasi tinggi di rumah, karena dapat menyebabkan iritasi kulit
• Berkonsultasi dengan ahli dermatologi untuk mempertimbangkan eksfoliasi, mikrodermabrasi, dan perawatan di klinik lainnya

LUKA DAN NODA BEKAS JERAWAT :
APAKAH BEKAS JERAWAT ITU?

Peradangan yang disebabkan oleh bintik jerawat dapat meninggalkan bekas merah atau hitam yang sulit hilang di kulit

Bekas jerawat merah

Bintik jerawat adalah pusat peradangan yang dapat meninggalkan bekas jerawat berwarna gelap. Kulit bereaksi dengan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut, sambil membawa "tentara" sel darah putih untuk melawan bakteri dan memperbaiki kerusakan. Sayangnya, reaksi intens ini dapat tetap berlangsung bahkan setelah noda jerawat hilang, meninggalkan bekas jerawat merah.

Bekas jerawat hitam

Ketika tubuh Anda melawan noda jerawat pada kulit, peradangan dapat memicu produksi melanin dalam kulit, menciptakan bekas jerawat hitam yang sulit hilang. Bekas jerawat ini dapat bertahan berbulan-bulan setelah bintik jerawat menghilang dan lebih umum terjadi pada kulit gelap, meskipun dapat juga terjadi pada kulit terang. Dokter menyebutnya sebagai hiperpigmentasi pasca-peradangan atau PIH (post-inflammatory hyperpigmentation).

Luka bekas jerawat

Luka bekas jerawat terjadi ketika noda jerawat yang dalam meradang sehingga enzim memakan struktur lapisan pelindung bagian dalam kulit, seperti kolagen dan elastin. Kulit memproduksi jaringan luka untuk memulihkan kerusakan. Hasilnya kulit yang terlihat berlubang dan tidak sedap dipandang: Anda mungkin menyebutnya seperti kawah, sedangkan ahli dermatologi menyebutnya jaringan parut atropik.

PERAWATAN UNTUK LUKA BEKAS JERAWAT
DAN BEKAS JERAWAT MERAH ATAU HITAM

Produk dan perawatan yang akan membantu Anda menghilangkan bekas jerawat yang tidak sedap dipandang

Jika terkait dengan luka bekas jerawat, pencegahan lebih baik (dan lebih murah!) daripada pengobatan karena perawatan di klinik yang diterangkan berikut ini biayanya cukup besar. Klik DI SINI untuk mencari tahu cara menghentikan terbentuknya luka bekas jerawat dari awal.

Namun, jika Anda harus merawat luka bekas jerawat, bekas jerawat merah dan bintik hitam, inilah’ panduan dari para ahli kami untuk menghindari luka bekas jerawat di wajah atau punggung.

Peeling di klinik seperti peeling TCA

Solusi populer untuk membersihkan luka bekas jerawat adalah peeling TCA (trichloroacetic acid). Peeling di atas 10% masuk kedalam golongan medis, yang berarti peeling dapat mencapai lebih dalam dari epidermis kulit (lapisan luar kulit). Peeling TCA dirancang untuk mendorong pertumbuhan kolagen baru, sejenis protein yang membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dan memperindah penampilannya. Peeling ini mendorong pergantian sel kulit, menjadikan kulit lebih bersih dan bercahaya. Kabar baiknya peeling juga bisa bermanfaat bagi luka bekas jerawat ringan– meskipun akan ada waktu tunggu setelah prosedur dilakukan selagi kulit mengalami pemulihan. Ada berbagai jenis peeling tersedia, jadi hubungi ahli dermatologi Anda untuk saran selengkapnya. Untuk mengatasi luka bekas jerawat yang signifikan, scroll ke bawah untuk opsi perawatan yang lebih invasif seperti laser wajah.

Perawatan laser

Ahli dermatologi Anda dapat menjelaskan tentang perawatan laser secara detail, cara ini bisa efektif mengatasi luka bekas jerawat dan bekas jerawat merah atau hitam. Perawatan laser bisa bersifat “ablasi” atau “non-ablasi.” Ablasi berarti menguapkan kulit pada luka dan di sekitar luka bekas jerawat untuk memberikan daerah baru kulit yang mulus, sedangkan non-ablasi berarti menstimulasi produksi kolagen.Meskipun demikian, perawatan laser tidak selalu berfungsi pada semua jenis luka bekas jerawat. Kategori khusus, yang dikenal sebagai luka bekas jerawat (scar) “ice pick”, yang tidak lebar tapi dalam, lebih sulit untuk dirawat. Apa pun jenis luka bekas jerawat Anda, dokter harus berdiskusi dengan Anda secara menyeluruh tentang ekspektasi Anda, dan memastikan Anda mengetahui potensi hasil dari perawatan.

Perawatan di klinik lainnya

Pendekatan lain untuk menyembuhkan luka bekas jerawat termasuk mikrodermabrasi, yang menggunakan kristal kecil untuk “disemburkan” ke lapisan atas kulit. Ada waktu pemulihan yang dibutuhkan tetapi ketika kulit semakin pulih, tampilan luka bekas jerawat akan semakin memudar. Namun, jenis kulit gelap dan sensitif harus berhati-hati dalam melakukan perawatan ini.

Peeling di rumah: Peringatan:

Ada berbagai pilihan produk peeling yang dijual bebas saat ini. Pilihan tersebut sangat menggoda, tetapi kami sarankan agar Anda menghindari peeling super-kuat seperti alpha hydroxy acid (AHA) pekat, karena dapat mengakibatkan iritasi dan memperburuk bekas jerawat merah dan hitam. Sebaliknya, “ peeling micro-exfoliant” (pengelupas kulit) mengandung asam lemah seperti LHA yang akan membantu meratakan tekstur kulit, menstimulasi produksi kolagen, dan membantu menyamarkan luka bekas jerawat. tringent Lotion untuk alternatif yang lebih lembut.

PENCEGAHAN ADALAH KUNCI
UNTUK MENGHINDARI LUKA BEKAS JERAWAT DAN BINTIK GELAP

Melakukan skincare routine yang tepat dan menggunakan krim dan produk yang sesuai dapat membuat perbedaan yang besar

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya luka bekas jerawat dan bintik gelap terbentuk sejak awal. Yang paling penting: jangan mengorek, menusuk, atau memencet jerawat! Tindakan ini hanya akan memperburuk peradangan dan menyebarkan infeksi. Selain itu, meskipun menggoda untuk menggosok bintik jerawat agar hilang, kenyataannya pembersih abrasif kuat lebih cenderung meningkatkan peradangan yang mengakibatkan terbentuknya luka bekas jerawat dan bekas jerawat merah atau hitam.

Terakhir, jangan lupa matahari adalah musuh utama untuk bekas jerawat. Matahari menstimulasi produksi melanin yang mengakibatkan timbulnya bekas jerawat hitam dan dapat membuat bekas jerawat merah semakin terlihat. Pastikan Anda menggunakan SPF dalam rutinitas perawatan jerawat Anda dengan produk seperti EFFACLAR Duo (+) SPF30. Lihat rutinitas lengkap berikut ini untuk melawan dan merawat jerawat.

Untuk perawatan harian, pastikan mengikuti lawan jerawat dengan optimal dan gunakan produk khusus untuk merawat jerawat. La Roche-Posay mengembangkan rangkaian produk EFFACLAR yang secara khusus merawat kulit rentan berjerawat.

  • Bersihkan kulit dengan lembut dua kali sehari dengan EFFACLAR Micellar Water atau EFFACLAR Cleansing Foaming Gel.
  • Lakukan micro-exfoliate pada kulit (pengelupasan kulit mati) dengan EFFACLAR Astringent Lotion yang mengandung LHA untuk efek mini-peeling harian.
  • Jangan mengurangi penggunaan pelembap – tetapi gunakan produk yang tidak mengandung minyak (oil-free formula), karena hidrasi penting bagi pemulihan yang optimal. EFFACLAR Duo (+) menghidrasi kulit sambil melawan tanda jerawat dan merawat jerawat.
  • Radiasi UV memperburuk tampilan luka bekas jerawat dan noda bekas jerawat, jadi jangan lupa memakai SPF. Pori-pori tidak akan tersumbat jika Anda memilih sunscreen yang matte dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic) seperti EFFACLAR Duo (+) SPF 30. Pastikan untuk memakainya setiap hari.

Seperti biasa, jangan ragu berkonsultasi dengan ahli dermatologi untuk mendapatkan saran dari ahli tentang cara tepat menangani jerawat.

BENAR
ATAU SALAH

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN BERJERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Ahli dermatologi tidak menyarankan untuk menyentuh bagian kulit yang bermasalah karena ini dapat memperburuk peradangan sehingga memperburuk jerawat & bekas jerawat.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

EFFACLAR adalah salah satu solusi perawatan untuk melawan jerawat dan komedo pada kulit dalam berbagai tahapannya, dengan mengedepankan kualitas dan keamanan produk.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama oleh ahli dermatologi dan ahli toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kandungan bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

PELAJARI SELENGKAPNYA TENTANG
APAKAH JERAWAT ITU