JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA

Article Read Duration 5 menit membaca

Makin banyak wanita dewasa mengalami kulit berjerawat.
Penyebab umumnya antara lain:

• Perubahan hormon
• Stres
• Sinar ultraviolet dan polusi
• Riwayat keluarga
• Produk perawatan kulit dan rambut
• Efek samping pengobatan dan kondisi medis yang tidak terdiagnosis

 

Jerawat pada usia dewasa biasanya berupa komedo hitam dan komedo putih dan biasanya muncul pada kulit berminyak. Untuk melawan dan merawat jerawat pada usia dewasa, tersedia produk perawatan kulit yang menargetkan penyebab jerawat, seperti rangkaian produk EFFACLAR dari merek La Roche-Posay yang dibuat bersama para ahli dermatologi.

JERAWAT PADA USIA DEWASA,
MAKIN MELUAS

Para ahli dermatologi setiap hari melihat bukti bahwa jerawat tidak lagi hanya dialami oleh para remaja. Meskipun sejak dahulu dianggap sebagai “tanda permulaan masa remaja” yang canggung (diiringi dengan pilihan warna rambut dan pakaian yang mengherankan), kini jerawat makin sering dijumpai pada wanita dewasa, yang meliputi:

  • Jerawat yang terus ada sejak masa remaja
  • Jerawat baru yang muncul setelah cukup lama tidak mengalaminya
  • Jerawat yang timbul pada wanita yang tidak pernah mengalaminya pada masa remaja (jerawat yang mulai muncul pada usia dewasa). Lebih dari 1 pada setiap 4 wanita mengalaminya!

Saat ini, 51% wanita berusia antara 20 dan 29 tahun memiliki kulit berjerawat, dan hal serupa terjadi juga pada 35% wanita berusia 30 hingga 39 tahun, 26% wanita berusia 40 hingga 49 tahun, dan 15% wanita berusia di atas 50 tahun. Jerawat lebih sering muncul pada wanita dewasa, tetapi pria juga bisa mengalaminya

Dengan kata lain, makin banyak orang dewasa memiliki kulit berjerawat, dan jika jerawat masih muncul setelah Anda dewasa, Anda tidak sendirian. Tetapi jangan khawatir, bantuan tersedia. Lanjutkan membaca untuk mengetahui cara kerja jerawat pada usia dewasa dan solusinya!

1Christin N.Collier et al. The prevalence of acne in adults aged 20 and over. J Am Acad Dermatol, Volume 58, Issue 1 – 2008?

KARAKTERISTIK UMUM
JERAWAT PADA USIA DEWASA

Jerawat pada remaja umumnya disebabkan oleh peradangan, sedangkan pada orang dewasa biasanya berupa jerawat retensi.

Jerawat akibat peradangan disertai dengan pembengkakan dan kemerahan. Jerawat ini sering muncul sebagai papula (jerawat yang tidak mengandung nanah), pustula (jerawat yang mengandung nanah), atau kista.

Jerawat yang biasanya muncul pada wanita dewasa disebut jerawat retensi.

Jerawat retensi terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ini biasanya terlihat sebagai komedo putih– yang dapat berubah menjadi bintik-bintik. Ketika pori-pori tersumbat semakin membesar, minyak wajah akan terpapar udara, dan menjadi hitam. Inilah yang disebut komedo hitam. Banyak orang beranggapan bahwa komedo hitam disebabkan oleh kotoran, tetapi tidaklah demikian.

Ketika Anda memiliki jerawat, komedo putih, atau komedo hitam, permukaan kulit Anda menjadi – mengilap, pori-pori membesar, atau terdapat bintik-bintik – sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri Anda atau bahkan menurunkan harga diri Anda. Mungkin sangat sulit untuk menerima adanya jerawat yang menonjol di wajah ketika Anda sudah dewasa, memiliki pekerjaan yang mapan, memiliki anak, membeli properti, dan melakukan semua hal yang “seharusnya” dilakukan oleh orang dewasa! Kabar baiknya adalah Anda tidak sendirian (bahkan selebriti pun diserang jerawat yang mengganggu ini) dan cara melawan jerawat pada usia dewasa yang tepat ada dalam jangkauan Anda (klik DI SINI untuk melompat ke tips perawatan jerawat pada usia dewasa 

APA PENYEBAB
JERAWAT PADA USIA DEWASA?

Perubahan hormon

Jerawat biasanya muncul pada saat fluktuasi hormon. Saat-saat tersebut antara lain:

  • Menjelang menstruasi
  • Selama kehamilan dan segera setelah melahirkan
  • Setelah berhenti mengonsumsi pil KB
  • Pada masa perimenopause dan menopause

Pada saat-saat tersebut, jerawat akan lebih jarang muncul setelah hormon Anda stabil. Jika hal ini tidak terjadi, harap berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi.

Stres

Untuk menanggapi stres, tubuh kita memproduksi hormon yang disebut androgen. Hormon ini dapat merangsang produksi sebum yang berlebihan, yang kemudian dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Itu sebabnya, teknik-teknik mengurangi stres berguna untuk dilakukan

Sinar ultraviolet dan polusi

Ketika terpapar pemicu stres eksternal – misalnya sinar UV, debu, atau polusi – kulit yang rentan berjerawat mengalami oksidasi, kemudian memicu reaksi berantai: Hiperkeratinisasi (penimbunan sel kulit mati), produksi sebum berlebih (kulit berminyak), sehingga timbullah oksidasi sebum dan kotoran pada permukaan kulit. Proses ini dapat menyebabkan munculnya noda-noda baru pada kulit.

Jadi, sebaiknya lindungi kulit Anda dari sinar matahari, dan bersihkan wajah Anda secara teratur saat terpapar debu polusi tinggi. Cari produk yang memiliki manfaat sebagai pelindung debu polusi untuk mencegah menempelnya partikel polusi berbahaya di kulit Anda, misalnya EFFACLAR Duo(+) SPF30

Riwayat jerawat pada keluarga

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik yang membuat mereka lebih rentan terkena jerawat pada usia dewasa.

Produk perawatan kulit dan rambut

Pelembap, make up, sunscreen, atau hairspray dapat memicu munculnya noda. Perhatikan istilah berikut ini pada label produk yang Anda gunakan:

  • Non-comedogenic (tidak menyebabkan komedo)
  • Tidak mengandung minyak dalam formula
  • Tidak menyumbat pori-pori

Efek samping pengobatan dan kondisi medis yang tidak terdiagnosis

Beberapa obat dapat memicu jerawat. Jika Anda mencurigai hal ini, jangan berhenti mengonsumsi obat Anda, tetapi berkonsultasilah dengan dokter Anda. Ada banyak cara untuk mengendalikan munculnya jerawat

Jerawat di usia dewasa juga bisa merupakan gejala dari kondisi medis lain (misalnya sindrom ovarium polikistik). Jika jerawat terus muncul, harap berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi Anda.

APA PRODUK YANG TEPAT
UNTUK MENGATASI JERAWAT PADA USIA DEWASA?

Skincare routine untuk mengatasi kulit berjerawat pada usia dewasa

Jika kulit Anda berjerawat pada usia 30-an, 40-an, atau menjelang menopause, penting untuk memilih perawatan kulit yang spesifik. Kulit orang dewasa yang berjerawat biasanya sensitif, sehingga diperlukan skincare routine yang efektif tetapi lembut.

  • Bersihkan wajah dua kali sehari dengan micellar water yang disesuaikan untuk kulit yang rentan jerawat 
  • Setelah dibersihkan, semprot kulit dengan LA ROCHE-POSAY THERMAL SPRING WATER yang menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.
  • Gunakan krim perawatan yang ditargetkan khusus untuk jerawat pada usia dewasa, misalnya EFFACLAR K+, yang mengandung bahan aktif seperti LHA dan asam salisilat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih segar dan terasa halus sekaligus membersihkan komedo dan menghaluskan tekstur kulit. Formulanya diperkaya dengan Airlicium, molekul luar biasa yang mampu menyerap sebum hingga 150 kali volumenya, untuk mengurangi kilap selama 8 jam * *Berdasarkan uji instrumen
  • Beberapa produk perawatan kulit untuk orang dewasa yang rentan berjerawat memiliki tekstur berwarna sehingga dapat merawat sekaligus menyamarkan jerawat
  • Pastikan untuk menggunakan SPF non-comedogenic setelah menggunakan krim perawatan Anda agar terlindung dari sinar UV dan polusi yang dapat memperparah peradangan dan lesi jerawat. Beberapa produk perawatan jerawat telah mengandung SPF spektrum luas. Berkonsultasilah dengan apoteker Anda untuk mengetahui solusi ahli.

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, tetapi untuk menjaga kesehatan kulit Anda, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT YANG RENTAN JERAWAT

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
MENYEBABKAN KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak menyebabkan jerawat, tetapi menyantapnya dengan tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

3 langkah skin care routine EFFACLAR –membersihkan, merawat, melindungi– terbukti pada pasien dengan kulit rentan berjerawat yang tinggal di daerah yang terkena debu polusi.*

*Penelitian kuantitatif, Beijing/Shanghai, 2014, Total sampel: n=600 ²DIM Penjualan kepada pedagang ritel kumulatif hingga saat ini Sept 2015 ³INS/Barometer Kantar Health La Roche-Posay 2013.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

EFFACLAR adalah salah satu pilihan solusi lengkap untuk membantu menyamarkan jerawat & noda pada kulit di tahap & siklus yang berbeda, dengan selalu mengedepankan kualitas dan keamanan produk. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.