MACAM-MACAM JENIS ALERGI KULIT DAN CARA MENGATASINYA

Article Read Duration 4 menit membaca

Reaksi alergi dapat membuat semangat Anda menjadi turun. Sulit untuk merasa dan memberikan yang terbaik saat Anda berada dalam kondisi mata berair, hidung merah, dan kulit penuh ruam yang terasa gatal. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan reaksi macam-macam alergi ini, sehingga Anda mendapatkan kembali kendali hidup. 

Cara Tenang untuk Mengatasi Macam-Macam Alergi secara Instan

1. Tetap tenang saat alergi kulit muncul

Saat gejala-gejala alergi muncul, sejukkan kulit Anda dengan mandi air dingin, bisa di shower atau mandi berendam, untuk membantu menurunkan panas. Pastikan juga untuk menjauh dari kondisi lingkungan yang panas. Kenakan pakaian berbahan ringan, longgar, dan menyerap keringat. Pakaian yang terbuat dari kain katun dan linen adalah teman Anda saat mengalami krisis alergi.

Anda bisa membersihkan wajah menggunakan La Roche-Posay Effaclar H Derma-Soothing Hydrating Cleansing Cream. Pembersih wajah bertekstur krim ini membantu menyejukkan serta memberikan rasa nyaman pada kulit dengan kandungan berupa niacinamide untuk mengurangi peradangan, zinc PCA untuk membersihkan kulit dari minyak berlebih, serta La Roche-Posay Thermal Spring Water untuk menenangkan dan melindungi kulit. 

2. Gunakan semprotan thermal water untuk menyejukkan alergi kulit

Setiap rumah harus memiliki produk yang ajaib ini. La Roche-Posay Thermal Spring Water terasa sangat sejuk di kulit karena mengandung berbagai mineral dan trace element yang menenangkan dan bersifat anti-inflamasi. Saat kulit Anda mulai terasa panas dan mengganggu akibat reaksi macam-macam alergi, cukup semprotkan untuk menghilangkan sensasinya.

3. Kempiskan kulit yang bengkat akibat alergi dengan kompres dingin

Saat kulit Anda bengkak sebagai reaksi alergi, maka cara utama mengempiskannya adalah dengan membasahi kain dengan Thermal Spring Water lalu dikompres dingin. Beberapa vlogger menyarankan untuk mengompres mata yang bengkak dengan sendok teh yang sudah disimpan di freezer. Coba cara apa pun yang berhasil. 

Samarkan Gejala-Gejala Alergi dengan Produk Makeup yang Hypoallergenic

Jika cara-cara yang disarankan kurang sukses dalam mengatasi reaksi macam-macam alergi di kulit, maka mengaplikasikan riasan dengan produk yang hypoallergenic menjadi pilihan terbaik untuk menutupi wajah Anda. 

  • Cara mengatasi mata merah karena alergi

Anda bisa meneteskan obat tetes mata anti histamin sebagai cara utama mengatasi reaksi yang mungkin disebabkan alergi serbuk bunga ini. Pastikan Anda menghindari produk makeup mata yang berpotensi mengiritasi, termasuk produk eyeshadow bubuk yang dapat menyebar ke mata. Pilih maskara hypoallergenic yang dibuat khusus untuk mata yang ekstra sensitif terhadap alergi untuk mengalihkan perhatian dengan bulu mata yang gelap dan lentik.

  • Cara mengatasi mata panda karena alergi

Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada riasan mata yang mencoreng karena mata yang berair tanpa henti akibat macam-macam alergi. Gunakan maskara waterproof yang diformulasikan khusus untuk mata yang sensitif terhadap alergi dan mudah berair.

  • Cara mengatasi lingkaran hitam di area mata akibat alergi

Apakah Anda menderita lingkaran hitam di sekitar mata yang tak mau hilang? Rinitis alergi, yang bisa disebabkan oleh alergi debu, dapat memperburuk lingkaran hitam ini karena melebarkan pembuluh darah. Anda bisa menyamarkannya secara instan dengan menggunakan produk concealer yang high coverage dengan aplikator lembut.

  • Cara mengempiskan pipi dan mata bengkak 

Saat pipi dan mata bengkak karena alergi makanan misalnya, maka lakukan cara ini. Bungkus 1-2 kotak es batu dengan kain kasa, waslap lembut, atau sapu tangan halus. Kemudian, kompres dan pijat area wajah yang bengkak dengan es batu ini selama beberapa menit hingga kulit dingin dan bengkak mengempis. Setelah itu, oleskan foundation cair yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit super sensitif untuk menyamarkan ruam kemerahan.

  • Cara menetralisir kulit wajah yang merah meradang

Oleskan produk color corrector warna hijau di ruam merah di seluruh wajah, lalu ratakan menggunakan jari tangan, kuas, dan spons. Setelahnya, aplikasikan foundation cair yang menenangkan. Akhiri dengan taburan bedak tabur matte untuk “meredupkan” peradangan kulit wajah. 

Tips Perawatan untuk Mengatasi Gejala-Gejala Alergi di Kulit 

1. Rawat lapisan penghalang kulit dengan pelembap yang hypo-allergenic

Kulit yang kering dan dehidrasi, ditambah dengan fungsi lapisan penghalang kulit yang terganggu, tidak akan berdaya menghadapi lingkungan yang penuh dengan zat alergen dan iritan. Karena itu, untuk menjaga kulit tetap merasa nyaman dan bahagia, pastikan Anda merawat lapisan penghalang kulit dengan pelembap atau emolien yang bersifat hypoallergenic. Pilih krim pelembap yang dibuat khusus untuk jenis kulit sensitif hingga rentan alergi, seperti La Roche-Posay Toleriane Ultra Fluid.

2. Tenangkan hidung yang merah meradang dengan healing balm

Jika hidung Anda memerah dan kulit di sekitarnya mengelupas karena terlalu sering mengeluarkan ingus, Anda dapat mengoleskan healing balm yang mengandung Vitamin B5 untuk membantu menenangkan dan memperbaiki kondisi kulit. Bawa selalu dalam tas Anda untuk digunakan saat bepergian. Bisa juga digunakan sebagai masker saat tidur jika kulit Anda benar-benar teriritasi akibat macam-macam alergi.

Berapa Lama Saya Dapat Menyimpan Produk-Produk Makeup Hypoallergenic?

Jaga agar produk-produk makeup Anda tetap segar dan bebas dari berbagai penyebab alergi kulit. Ada 51% perempuan yang rentan alergi mengatakan mereka telah memakai produk makeup lebih dari satu tahun. Bagi Anda mungkin terasa tidak lama, tetapi bayangkan berapa kali Anda sudah membuka dan menutup kemasan produk, mencelupkan atau mengusapkan kuas, dan bahkan menyentuh produk dengan jari Anda dalam kurun waktu satu tahun itu.

Jika Anda memiliki gejala seperti reaksi alergi, apa pun jenis alergi yang Anda derita, maka ikuti panduan waktu pembuangan produk makeup yang direkomendasikan berikut ini untuk memastikan produk makeup Anda berada dalam kondisi baik:

  • Maskara: Setelah penggunaan 6 bulan.
  • Concealer: Setelah penggunaan 6 bulan.
  • Foundation: Setelah penggunaan 12 bulan.
  • Eyeshadow: Setelah penggunaan 24 bulan.
  • Perona pipi: Setelah penggunaan 24 bulan.

Periksa juga kemasannya untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa dari produk kecantikan yang Anda gunakan. 

Tip lain yang bisa Anda terapkan adalah menjaga kebersihan aplikator produk makeup Anda dengan mencucinya secara rutin agar tidak menjadi perangkap debu dan zat-zat pencetus macam-macam alergi kulit. Cuci kuas, spons, dan sikat menggunakan sabun lembut atau pembersih khusus kuas makeup yang hypoallergenic.

 

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.