APA YANG DIMAKSUD DENGAN DERMATITIS ATOPIK ?
BERIKUT INI SEMUA YANG PERLU ANDA TAHU TENTANG PENYEBAB HINGGA SOLUSINYA

Article Read Duration 10 menit membaca

Dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang menurun dalam keluarga dan umumnya dialami oleh anak-anak. Kulit atopic pada dasarnya bersifat kering dan mengalami kerusakan pada “fungsi pertahanan kulit”. Beberapa alergen dapat masuk ke dalam kulit dan menyebabkan peradangan. Akibatnya? Kulit terasa sangat gatal, hingga dapat mengganggu tidur dan kualitas hidup. Dermatitis atopik membutuhkan perawatan khusus saat kambuh dan rutinitas perawatan reguler yang sesuai:


• Mandi menggunakan pengganti sabun yang lembut
• Pakai emolien minimal dua kali sehari
• Langsung mandi setelah berolahraga kemudian oleskan emolien
• Seimbangkan kembali bakteri baik pada kulit Anda

APA PENYEBAB dermatitis atopik?

Banyak orang memiliki kecenderungan genetik terhadap dermatitis atopik, yang berarti dermatitis atopik (atau atopic eczema) dapat menurun dalam keluarga. Orang-orang yang mengalami kondisi ini memiliki sistem kekebalan yang sangat reaktif dan rentan terhadap kondisi alergi seperti asma dan alergi rhinitis (alergi pilek). Kulit atopic pada dasarnya bersifat kering. Kulit normal menghasilkan lapisan minyak untuk melindungi diri, sedangkan kulit atopic tidak (tetapi jangan khawatir, kami hadir untuk membantu Anda!) Lapisan ini disebut sebagai “pertahanan kulit” atau “fungsi pertahanan kulit”. Kulit rawan eczema seakan “tidak memiliki pertahanan apa pun” sehingga beberapa alergen dari lingkungan mampu menembus ke lapisan bawah epidermis. Alergen kemudian merangsang sistem kekebalan, yang kemudian bereaksi berlebihan. Hal ini menyebabkan munculnya gejala klinis atopic eczema: rasa gatal, peradangan, dan keluarnya cairan. Faktor lingkungan seperti polusi juga merupakan salah satu alasan terjadinya peningkatan signifikan pada kasus dermatitis atopik selama beberapa tahun terakhir. Bahkan ada bukti bahwa ketidakseimbangan bakteri baik pada kulit dapat menjadi faktor penyebab atopic eczema.

APA GEJALA
DERMATITIS ATOPIK?

Eczema di wajah

Atopic eczema adalah kondisi kulit yang sangat kering, terasa kencang/tertarik dan gatal. Kondisi ini sering muncul terutama di wajah bayi. Gejala dermatitis atopik di wajah juga termasuk kulit bersisik dan bercak merah kasar. Gejala atopic eczema yang terlihat di wajah dapat memiliki dampak nyata pada kualitas hidup anak karena dia dapat merasa tidak nyaman atau cemas di depan umum. Kabar baiknya, dengan perawatan yang tepat dan rutinitas perawatan harian di masa krisis (saat kambuh), atopic eczema anak Anda dapat ditangani secara efektif hingga tidak menjadi masalah lagi.

Eczema di badan

Pada bayi baru lahir, dermatitis atopik paling sering ditemukan di wajah, terutama di pipi dan dagu. Seiring pertambahan usia anak, bercak eczema ditemukan terutama di leher dan di lipatan kulit di sekitar siku, pergelangan tangan, dan di belakang lutut. Gejalanya antara lain bercak kulit kering yang sangat gatal, biasanya terlihat ada bekas garukan. Seiring waktu, kulit bisa menjadi tebal dan kasar atau proses yang disebut “likenifikasi”. Jika anak Anda mengalami salah satu gejala tersebut, pertimbangkan untuk menemui dokter atau ahli dermatologi.

KAPAN DERMATITIS ATOPIK
PERTAMA MUNCUL?

Eczema pada bayi

Dermatitis atopik atau atopic eczema sering muncul dalam beberapa bulan pertama setelah bayi lahir. Kulit bayi yang rentan atopic eczema dapat dirawat menggunakan pengganti sabun untuk mandi dan pelembap/emolien. Jangan ragu untuk menggunakan emolien yang khusus disesuaikan untuk kulit rentan atopic eczema sejak hari pertama bayi Anda lahir.

Dapatkah atopic eczema pada anak saya disembuhkan?

Pada 50% kasus anak yang mengalami atopic eczema di bawah usia 1 tahun, kondisi tersebut hilang dengan sendirinya pada usia 5 tahun. Tidak ada obat yang pasti, tetapi kondisi kulit yang sangat kering dapat dirawat dengan langkah-langkah tertentu seperti mandi menggunakan pengganti sabun, menggunakan air hangat kuku (daripada air panas), dan mengoleskan emolien dua kali sehari. Serangan akut dapat ditangani dengan krim kortikosteroid topikal, tetapi krim ini hanya boleh digunakan selama jangka waktu terbatas karena dapat menyebabkan efek samping seperti penipisan kulit. Lihat informasi berikut ini untuk analisis mendalam tentang rutinitas perawatan kulit yang rentan atopic eczema.

ATOPIC ECZEMA:
DAMPAK NYATA PADA KEHIDUPAN ANAK

Eczema pada bayi

Gejala utama dermatitis atopik adalah “pruritus” atau rasa gatal, yang memengaruhi kualitas hidup anak. Masalah yang sering terjadi antara lain gangguan tidur, perubahan suasana hati, dan selalu merasa tidak nyaman. Ketika seorang anak memiliki kulit rentan atopic eczema, seluruh keluarga akan merasakan dampaknya:
• 58% anak yang terkena atopic eczema mengalami gangguan tidur1,
• 31% orang tua menyatakan bahwa ada perubahan pada kehidupan sehari-hari2 ,
• 85% orang tua merasa bahwa kondisi anak mereka berdampak pada kondisi emosi3 mereka sendiri.

JANGAN MENGGARUK. TAPI,
REDAKAN RASA GATALNYA

Meskipun menggaruk dapat meredakan rasa gatal untuk sementara, tindakan ini tidak akan meredakan eczema karena menggaruk membuat lapisan pelindung kulit makin rusak. Akibatnya adalah siklus gatal dan menggaruk yang menyebabkan frustrasi. Untuk memutus lingkaran tidak berujung pada dermatitis atopik atau eczema, penting untuk meredakan rasa gatalnya.
Lanjutkan membaca untuk mengetahui tips gaya hidup yang dapat mengurangi rasa gatal yang menjengkelkan, dan panduan perawatan yang mungkin diresepkan dokter Anda selama serangan eczema.

5 TOP TIPS
UNTUK MEREDAKAN RASA GATAL!

1. Bersihkan kulit yang rentan atopic eczema dengan lembut

Pilih mandi dengan air hangat kuku (daripada berendam) dan batasi waktunya paling lama 10 menit. Hindari produk berbusa yang dapat mengiritasi kulit dan pilih produk pembersih yang tidak mengandung sabun yang dapat membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi. Selain itu, pastikan untuk menggunakan sampo yang sesuai untuk kulit paling sensitif setelah berusia 3 tahun. Setiap selesai mandi, oleskan emolien yang dibuat secara khusus untuk kulit yang rentan atopic eczema.

Atopic eczema berkaitan dengan kulit sangat kering yang tidak memiliki cukup lipid yang melindungi kulit normal terhadap alergen eksternal tertentu seperti tungau debu rumah. Sedot debu secara teratur dan pastikan sirkulasi udara ruangan lancar setiap hari, terutama di kamar tidur. Jika perlu, belilah pelindung kasur dan bantal yang dirancang khusus untuk mencegah tungau debu.

3. Pastikan untuk tidur nyenyak

Kulit rawan atopic eczema memiliki kondisi kulit kering yang memicu rasa gatal yang dapat mengganggu anak pada malam hari… dan tentunya mengganggu tidur orang tua juga! Bantu semua orang untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari dengan mempertahankan suhu kamar tidur antara 18 sampai 20 derajat: Ini akan mencegah udara menjadi terlalu kering. Jika perlu, belilah pelembap udara. Dan, tentu saja, pastikan Anda mengoleskan emolien di malam hari.

4. Katun adalah bahan pakaian ideal untuk kulit yang rentan atopic eczema

Ketika kulit Anda kering, sangat penting untuk menghindari keringat berlebih, yang dapat menyebabkan iritasi. Wol dan kain sintetis harus dihindari. Pilih kain katun yang membantu menyerap keringat, sehingga lebih nyaman untuk kulit. Dan jika Anda suka berolahraga hingga berkeringat, maka…

5. Nikmati olahraga tetapi segera mandi setelahnya

Olahraga dapat dilakukan oleh pemilik kulit yang rentan eczema, tetapi waspadai keringat yang menempel di kulit untuk waktu yang lama, karena dapat menyebabkan iritasi. Pendekatan terbaik adalah dengan mengenakan pakaian longgar dan membantu menyerap keringat agar keringat menguap dari kulit. Setelah berolahraga, mandi segera menggunakan krim mandi yang sesuai kemudian lanjutkan dengan penggunaan emolien untuk kulit yang rentan atopic eczema. Emolien Anda harus dapat melembapkan kulit dan menyeimbangkan kembali bakteri baik pada kulit.

SIAPA YANG DAPAT MENGOBATI DERMATITIS ATOPIK
KETIKA PERUBAHAN GAYA HIDUP TIDAK CUKUP?

Jika anak Anda mengalami eczema, dokter spesialis yang paling tepat untuk menanganinya adalah ahli dermatologi atau dokter spesialis kulit. Hanya mereka yang dapat memberikan diagnosis akurat, meresepkan pengobatan, dan memberikan nasihat yang tepat. Kasus dermatitis atopik yang lebih ringan juga dapat ditangani oleh dokter umum dan tidak ada salahnya meminta nasihat apoteker tentang perawatan yang tepat.

MEMAHAMI
RUTINITAS DERMATITIS ATOPIK UNTUK ANDA

Perawatan eczema sehari-hari pada dasarnya dibagi dalam dua kategori: perawatan pada saat serangan (kambuh) dan perawatan di jeda waktu serangan.

Perawatan serangan atopic eczema

Jika gejala dermatitis atopik parah (ada bercak merah kering, bekas garukan, dan sebagainya) ahli dermatologi akan meresepkan krim kortikosteroid . Pengobatan eczema ini berfungsi sebagai anti peradangan sehingga harus dioleskan hanya pada bagian kulit yang mengalami peradangan untuk menenangkan dan mengurangi kerusakan kulit akibat garukan sesegera mungkin. Biasanya dianjurkan untuk mengoleskan kortikosteroid dua kali sehari. Apakah Anda mengkhawatirkan keamanannya? Silakan baca selanjutnya…

Krim steroid aman jika digunakan dengan benar

Di beberapa negara, kortison jarang digunakan karena efek sampingnya, yaitu: retensi air, gangguan tidur, laju pertumbuhan yang lebih lambat, dll. Namun, fenomena ini hanya berhubungan dengan pemberian kortikosteroid secara oral.
Jika dalam bentuk krim, steroid tetap berada di permukaan kulit dan tidak menyebabkan efek samping separah itu. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena penggunaan steroid topikal yang berlebihan dapat membuat kulit tipis dan lemah. Krim steroid tidak dianjurkan untuk dioleskan pada wajah karena area kulit wajah lebih tipis.

Tahap perawatan menggunakan emolien

Perawatan reguler selama jeda waktu serangan adalah bagian penting dalam menangani kulit yang rentan atopic eczema.
Setelah luka / lesi atopic eczema hilang, krim emolien membantu mengembalikan emulsi minyak dalam air yang melindungi permukaan kulit (“lapisan hidrolipida” atau “pertahanan kulit” yang kami sebutkan di atas) dan membatasi masuknya iritan. Krim untuk kulit rentan atopic eczema harus dioleskan ke seluruh tubuh satu atau dua kali sehari untuk melembapkan kulit dan menyeimbangkan kembali bakteri baik sehingga mengurangi rasa gatal akibat kulit kering dan mencegah serangan lebih lanjut atau membatasi durasi serangan (kambuh). Dengan menjaga kulit tetap lembap dan terlindungi dengan emolien yang bernutrisi, Anda dapat mencegah gangguan dari lingkungan memengaruhi kulit Anda, sehingga Anda dapat memutus siklus rasa gatal dan menggaruk.

PENTINGNYA KEDISIPLINAN DALAM MELAKUKAN
RUTINITAS PERAWATAN KULIT HARIAN ATAU PENGOBATAN DERMATITIS ATOPIK

Karena atopic eczema adalah kondisi kulit kronis, kunci keberhasilan perawatan adalah konsistensi. Penting untuk waspada dan terus memperhatikan munculnya bercak merah baru yang mungkin memerlukan perawatan krim steroid, serta melakukan rutinitas perawatan dengan sangat disiplin.

Ketika mandi setiap hari, gunakan air hangat dan mengganti sabun yang sesuai , kemudian lanjutkan dengan penggunaan emolien khusus untuk merawat kulit sensitif yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal. Emolien yang sesuai seperti Lipikar Baume AP+M harus dioleskan paling sedikit sekali sehari. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya kepada ahli dermatologi Anda tentang cara mengoleskan salep yang benar pada anak Anda.

AJAK ANAK ANDA
UNTUK TERLIBAT!

Karena Anda akan mengoleskan emolien dua kali sehari, tentu akan lebih mudah jika Anda dapat membuat kegiatan ini menyenangkan! Pertimbangkan untuk memutar musik favorit anak ketika Anda mengoleskan salep, atau membuat lagu tentang rutinitas mengoleskan salep, atau membuat pola tertentu ketika mengoleskan salep. Yang penting anak Anda termotivasi untuk secara konsisten melakukan perawatan terhadap eczema sebagai bagian dari rutinitas pagi dan sebelum tidur. Jangan ragu untuk memberi anak Anda sedikit kemandirian dan tanggung jawab - dia mungkin akan mengejutkan Anda!

ATOPIC ECZEMA
DAN BAKTERI YANG HIDUP DI KULIT

Kulit sehat adalah tempat tinggal miliaran bakteri baik, di setiap milimeter perseginya. Sebaliknya, dermatitis atopik dikaitkan dengan kurangnya keanekaragaman mikroorganisme tersebut (bakteri, jamur, arkea), yang disebut sebagai mikrobioma (microbiome). Hingga saat ini, kita telah berusaha memberantas mikroorganisme yang terdapat di tubuh dan permukaan kulit kita. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa sebenarnya mikroorganisme tersebut merupakan turunan bakteri seimbang yang berinteraksi dengan tubuh kita untuk memastikan kulit berfungsi dengan baik. Namun, orang yang terkena eczema memiliki mikrobioma yang tidak seimbang.

MEMULIHKAN MIKROBIOMA
UNTUK MERAWAT KULIT YANG RENTAN ATOPIC

Emolien yang tepat untuk kulit rentan atopic berfungsi memulihkan pertahanan lipid kulit dan menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit. Dalam sebuah studi klinis, laboratorium La Roche-Posay telah menunjukkan bahwa memulihkan fungsi pertahanan kulit saja tidak cukup untuk memberikan bantuan jangka panjang pada kulit yang rentan atopic. Yang tidak kalah penting adalah memulihkan keseimbangan mikrobioma. Dengan penggunaan Lipikar Baume AP+M  yang membantu mempertahankan lapisan lipid kulit sekaligus membantu menyeimbangkan kembali mikrobioma untuk memberikan bantuan kepada anak Anda dan meredakan garukan serta mengurangi efek kulit kering bersisik.

RUTINITAS PERAWATAN HARIAN
UNTUK ANAK-ANAK YANG MEMILIKI KULIT RENTAN ATOPIC

Apa produk perawatan harian yang sesuai untuk kulit rentan atopic?

Ketika memandikan anak yang memiliki kulit sensitif yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, pilih produk yang sesuai seperti LIPIKAR Syndet : yang membantu memberikan kenyamanan untuk anak-anak dengan kondisi kulit kering. Dengan menggunakan ujung jari Anda, gosokkan "pembersih yang tidak mengandung sabun" ini hingga berbusa. Bilas sampai bersih. Produk ini juga tanpa pewangi.

Ketika kulit masih dalam keadaan lembap, oleskan Lipikar Baume AP+M  emolien bernutrisi yang membantu mempertahankan lapisan lipid kulit dan membantu menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit.

LIPIKAR BAUME AP+M:
BAHAN AKTIF INOVATIF

DENGAN TEKSTUR YANG CEPAT MERESAP

Dibuat khusus untuk kulit sensitif yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, Lipikar Baume AP+M mengandung kombinasi bahan aktif yang dipilih berdasarkan manfaatnya dalam merawat kulit sangat kering dan untuk kulit sensitif yang rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal dalam tekstur baru yang mudah dioleskan. Produk LIPIKAR Baume AP+M telah menunjukkan manfaat dalam:

1. Membantu memulihkan keseimbangan mikrobioma untuk jangka panjang

Formula LIPIKAR Baume AP+M (produk yang dibuat dari bakteri baik yang tumbuh di La Roche-Posay Thermal Spring Water) dapat membantu mengembalikan keseimbangan keanekaragaman mikroorganisme yang hidup di permukaan kulit, yaitu mikrobioma. Produk ini membantu menstabilkan kondisi kulit untuk menghindari terjadinya serangan. Produk ini menyejukkan kulit yang teriritasi ringan dan mempertahankan lapisan pelindung kulit untuk melawan masuknya patogen yang dapat menimbulkan iritasi baru dan mendorong rekonstruksi lapisan kulit.

2. Membantu mempertahankan lapisan lipid kulit

LIPIKAR Baume AP+M mengandung kombinasi bahan aktif yang memberikan kelembapan optimal pada kulit sensitif yang rentan memerah, pedih, panas, kering atau gatal dengan efek emolien yang kuat:
• Shea butter, bahan alami untuk mempertahankan lapisan lipid
• Canola oil, mempertahankan lapisan lipid
• Glycerin, melembapkan dan menghaluskan

3. Efek menenangkan

Niacinamide membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan pada kulit sensitif yang rentan memerah, pedih, panas, kering, atau gatal. Bahan ini dapat menenangkan dan meredakan rasa gatal sekaligus mengurangi ketidaknyamanan.

LA ROCHE-POSAY, BEKERJA SAMA
DENGAN ANDA DALAM MERAWAT KULIT SENSITIF YANG RENTAN MEMERAH, PEDIH, PANAS, KERING, ATAU GATAL.

Laboratorium La Roche-Posay mengembangkan produk khusus untuk kulit sensitif yang rentan memerah, pedih, panas, kering, atau gatal, yang dapat digunakan sejak tahap awal kehidupan. Dengan menciptakan produk yang dibuat khusus untuk kulit sensitif yang rentan ini, La Roche-Posay berupaya meningkatkan kualitas hidup anak-anak yang mengalami kondisi tersebut (juga meningkatkan kualitas hidup keluarga).

Selain menghasilkan produk, La Roche-Posay mengelola lebih dari 80 sekolah atopi di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak yang memiliki kulit sensitif yang rentan, dan membantu mereka agar merasa tidak merasa terisolasi. Salah satu sekolah ini dibuka di La Roche-Posay Thermal Centre, pusat termal dermatologi nomor 1 di Eropa yang merawat ribuan pasien eczema setiap tahun4.

Di sekolah atopi, bersama orang tua, anak-anak dapat mengikuti lokakarya tentang cara mengoleskan salep dan belajar cara merawat kulit. Mereka memperoleh nasihat tentang cara menghindari menggaruk kulit dan mempelajari cara terbaik untuk mengoleskan emolien dengan cara yang menyenangkan dan santai.


1Clinical study, 209 children aged between 2 and 16 (average age: 8) with mild to moderate atopic dermatitis
2Dimension Baromètre suivi dermatologue 2008, Fr-All-It-Esp [Measurement: Dermatologist monitoring poll 2008, France-Germany-Italy-Spain]
3La Roche-Posay clinical study, at 8 sites (France, Italy, Belgium, Germany, Argentina), 191 child patients aged between 3 and 22 having had atopic dermatitis for 5 years on average.
4Certifications awarded to La Roche-Posay thermal cure as a result of the Europe-wide examination and surveys which ESPA have carried out in 2018

BENAR
ATAU SALAH

DERMATITIS ATOPIK
DAPAT MENULAR.

SALAH

Dermatitis atopik atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala dermatitis atopik terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid (corticosteroids) topikal.
Pelajari Selengkapnya

Dermatitis Atopik
HILANG SEIRING DENGAN WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, dermatitis atopik dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak lagi mengalaminya pada usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini tidak bisa diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi eczema dapat ditangani dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Walaupun belum dapat dijelaskan, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan / kambuhnya eczema. Namun, dermatitis atopik juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti pengendalian kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan / kambuhnya eczema. Jika menurut Anda makanan merupakan faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter untuk melakukan tes darah dan tes tusuk kulit agar mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (penyebab umum misalnya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

LIPIKAR BAUME AP+ telah diuji pada 14.180 pasien dalam 29 studi klinis di bawah kendali ahli dermatologi.

TEMUKAN
PRODUK LAIN DALAM RANGKAIAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa untuk kulit sensitif, sangat kering, rentan memerah, terasa pedih, panas, atau gatal. Terdiri dari pilihan produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.