Alasan Niacinamide Cocok Dijadikan Moisturizer untuk Kulit Berjerawat

Article Read Duration 6 menit membaca

Memiliki wajah yang berjerawat bisa menjadi stres tersendiri terutama untuk orang dewasa. Bukan hanya mengganggu penampilan, Anda mungkin akan merasa kurang percaya diri. Jerawat adalah kondisi kulit yang sangat umum dan bisa menyerang siapa saja. Walaupun kebanyakan remaja, tidak jarang juga orang dewasa masih mengalami jerawat di usia 30, 40, bahkan 50 tahun.

 

Penyebab Kulit Berjerawat pada Orang Dewasa

Ketika orang dewasa memiliki kondisi kulit berjerawat, treatment yang dulu dilakukan saat remaja kemungkinan besar tidak akan berpengaruh. Alasannya adalah penyebab jerawat timbul saat dewasa bisa berbeda. Perlu diketahui juga bahwa wanita lebih banyak mengalami adult acne dibandingkan pria. Banyak faktor yang membuat wanita lebih mudah berjerawat dibandingkan pria.

Secara umum jerawat disebabkan oleh penyumbatan kelenjar sebaceous dan kolonisasi Propionibacterium acnes. Selain itu ada tiga penyebab utama kulit berjerawat:

  • Hormon jadi faktor utama yang menyebabkan jerawat. Saat remaja hormon androgen sangat berpengaruh pada pertumbuhan jerawat. Sedangkan saat dewasa, khususnya wanita, mengalami banyak perubahan hormon diantaranya saat masa kehamilan, menopause, maupun menstruasi.
  • Genetik keluarga juga berpengaruh besar pada tumbuhnya jerawat saat dewasa. Jika Anda mengalami jerawat di usia dewasa, mungkin saja penyebabnya adalah faktor genetik dari keluarga.
  • Stres juga menjadi faktor penyebab utama jerawat saat dewasa. Saat mengalami stres tubuh akan otomatis mengeluarkan hormon androgen yang menjadi penyebab jerawat. Hormon inilah merangsang kelenjar minyak pemicu jerawat.

Ketiga penyebab jerawat ini bisa dialami oleh pemilik kulit berminyak maupun kering. Penting untuk diketahui, kulit kering juga bisa menjadi penyebab jerawat. Alasannya kulit yang cenderung sangat kering membuat tubuh memproduksi sebum yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya menjadi jerawat.

 

Merawat Kulit Kering dan Berjerawat

Jika mengalami kondisi kering dan berjerawat Anda harus melakukan langkah perawatan khusus untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih sehat. Selain melakukan perawatan wajah, Anda juga bisa mengganti beberapa kebiasaan yang menyebabkan jerawat ataupun kulit kering.

Langkah pertama adalah dengan mengadopsi skin regime baru. Ubah rutinitas perawatan wajah sekaligus beralih menggunakan skincare khusus untuk kulit kering yang berjerawat. Dianjurkan untuk menggunakan pembersih dan moisturizer untuk kulit berjerawat dengan formula lembut yang tidak mengiritasi.

Pilih produk skincare non-komedogenik yang tidak menyumbat pori-pori dan memiliki bahan aktif yang bisa mengembalikan kelembapan alami kulit. Salah satunya Anda bisa memilih pelembab untuk kulit berjerawat yang mengandung niacinamide.

Kenapa niacinamide dapat membantu mengatasi kulit kering yang berjerawat? Bahan aktif yang masih tergolong baru ini memiliki manfaat anti peradangan yang dapat membantu mengatasi jerawat ringan dan sedang. Niacinamide juga efektif mengatasi bekas jerawat memerah dan jerawat hitam. Secara alami niacinamide juga dapat memperbaiki skin barrier dan mempertahankan kelembapan alami.

Langkah kedua, atasi jerawat dengan obat khusus. Perlu diperhatikan penggunaan obat jerawat tidak bisa sembarang. Jadi, pastikan Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit atau dermatologis.

Kebanyakan obat jerawat akan menyebabkan kulit wajah terasa lebih kering. Hal inilah yang membuat Anda perlu mendapatkan obat jerawat yang tepat agar tidak memperparah kondisi kulit wajah. Anda bisa mendapatkan obat oles maupun oral untuk mengatasi kulit berjerawat dari dokter kulit.

Langkah terakhir adalah dengan melakukan perubahan pada gaya hidup. Hindari penyebab jerawat seperti stres dan diet yang salah untuk mengatasi maupun mengurangi jerawat. Melakukan perubahan gaya hidup ini akan membantu Anda mengelola jerawat dan kulit kering.

Salah satu cara yang bisa segera dilakukan adalah memastikan Anda terhidrasi sepanjang hari. Minum banyak air putih dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan alat-alat yang sering menempel pada area wajah. Misalnya saja handphone, sarung bantal, dan brush makeup.

 

Rekomendasi Serum Niacinamide untuk Kulit Kering dan Berjerawat dari La Roche-Posay

Moisturizer untuk kulit berjerawat sangatlah penting, jadi pastikan memilih pelembap yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi kulit kering cenderung berjerawat. Selain produk pelembab untuk kulit berjerawat , serum wajah dengan kandungan niacinamide juga bisa Anda coba.

Anda dapat menggunakan La Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum untuk membantu merawat sekaligus mengatasi kulit berjerawat dan kering. Kandungan 10% niacinamide dapat membantu melindungi skin barrier yang penting pada proses perawatan kulit berjerawat.

La Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum juga sudah dilengkapi dengan HEPES exfoliant yang membantu mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga tidak ada penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat. Selain itu, tekstur kulit juga akan tampak lebih halus. Tekstur ringan dari serum ini mudah diserap oleh kulit dan tidak lengket di wajah.

Serum ini juga efektif menyamarkan noda hitam akibat peradangan. Bekas jerawat memerah juga bisa diatasi dengan penggunaan La Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum secara teratur. Untuk mendapatkan hasil optimal, disarankan untuk memakainya di pagi dan malam hari sebelum penggunaan moisturizer untuk kulit berjerawat. Anda bisa membeliLa Roche-Posay 10% Pure Niacinamide Serum di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama.

1American Academy of Dermatology Association. Adult Acne. Retrieved November 9, 2023 from https://www.aad.org/public/diseases/acne/really-acne/adult-acne

2J. Ayer and N. Burrow. (2006, August). National Library of Medicine. Acne: More Than Skin Deep. Retrieved November 9, 2023 from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2585707/#ref26

3Leonita, E., Setyaningrum, T., Qorib, M. F., & -, D. (2022, March 30). Comparison of the Efficacy of Topical Clindamycin versus Niacinamide in the Treatment of Mild to Moderate Acne Vulgaris: a Systematic Review. Berkala Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin, 34(1), 15–22. https://doi.org/10.20473/bikk.v34.1.2022.15-22

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.