CARA MENGHILANGKAN KOMEDO HITAM:
SOLUSI UNTUK DIANDALKAN DAN JEBAKAN UNTUK DIHINDARI

Article Read Duration 3 menit membaca

Komedo hitam atau “komedo terbuka” adalah pori-pori tersumbat yang dapat menyerupai titik kotoran, tetapi kenyataannya itu adalah pori-pori tersumbat tempat campuran sebum dan sel menjadi gelap karena bersentuhan dengan udara. Komedo ini biasanya muncul di hidung dan bagian tengah wajah. Untuk merawat komedo hitam:

• Cari produk dengan kandungan salicylic acid. untuk mengurangi komedo hitam Anda
• Masih belum puas? Jangan mencoba menarik sendiri komedo hitam karena bisa mengubah masalah komedo hitam kecil menjadi masalah iritasi kulit parah!
• Kunjungi ahli dermatologi yang dapat meresepkan retinoid atau melakukan ekstraksi mekanik
• Jangan gunakan scrub dan astringen yang kuat, yang hanya akan mengiritasi kulit Anda

• Hindari strip pori, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif

APAKAH KOMEDO HITAM ITU?

Komedo hitam: Gejala timbulnya jerawat

Komedo hitam jerawat mudah untuk ditemukan di kulit. Komedo ini berwarna gelap dan sedikit timbul. Tidak seperti beberapa bintik lainnya, komedo hitam tidak meradang, sehingga tidak nyeri jika disentuh. Meskipun komedo hitam adalah jenis jerawat yang ringan, komedo ini terkadang dapat menyebabkan penderita lebih stres daripada jenis bintik lainnya karena warnanya yang menonjol dan sifatnya yang membandel! Komedo hitam terutama ditemukan di bagian tengah wajah, tetapi juga dapat timbul di punggung, dada, leher, lengan, dan bahu.

APA PENYEBAB TIMBULNYA KOMEDO HITAM?

Komedo hitam jerawat, nama lain untuk pori-pori tersumbat

Komedo hitam disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Folikel berisi rambut dan kelenjar sebasea, yang memproduksi sebum yang membantu menjaga kulit agar tetap lembut. Sel-sel kulit mati dan sebum terkumpul dan membentuk ‘sumbatan’, yang berubah menjadi warna gelap/kehitaman karena bersentuhan dengan udara luar yang mengoksidasinya. Hal yang sama mirip seperti potongan buah yang berubah warna ketika dibiarkan berada di udara luar.

Komedo hitam terbentuk dengan cara berbeda dengan noda lainnya, bukan merupakan hasil dari aktivitas bakteri, melainkan terbentuk hanya dari tumpukan sebum yang berlebih. Akibatnya, kita tidak begitu memedulikan komedo di kulit karena tidak mengganggu tubuh dengan cara apa pun.

Tubuh Anda dapat tidak melihat komedo hitam sebagai ancaman, tetapi Anda dapat merasa sangat prihatin dengan titik hitam kecil di kulit Anda ini! Mungkin Anda merasa komedo ini memengaruhi rasa percaya diri dan harga diri Anda?  

Kabar baiknya adalah, sangat mungkin untuk merawat komedo hitam, walaupun dapat memerlukan waktu yang lebih lama dari noda kulit lainnya. Kesabaran adalah paling penting dalam perawatan komedo hitam!

CARA MENGHILANGKAN KOMEDO HITAM

Perawatan dan penghilangan komedo hitam

Jika terkait dengan menghilangkan komedo hitam, salicylic acid adalah teman terbaik Anda. Asam pengeksfoliasi lembut ini akan membuka sumbatan pori-pori Anda dan juga membantu menangani masalah penumpukan sel kulit mati dengan mendorong pergantian sel kulit yang sehat. Salicylic acid dapat ditemukan dalam jajaran produk seperti pencuci wajah, krim, dan gel. Jangan lupa untuk selalu memperlakukan kulit dengan lembut untuk menghindari iritasi dan kemerahan kulit.

Apa yang perlu dihindari ketika merawat komedo hitam

  • Beberapa produk yang memiliki klaim untuk menghilangkan komedo hitam mengandung bahan-bahan seperti alkohol, mentol, dan eukaliptus. Bahan-bahan yang keras ini tidak akan memecahkan masalah komedo hitam Anda dan dapat menstimulasi produksi sebum (dengan kata lain, kulit Anda merasa sedang diserang dan melawan balik dengan memproduksi bahkan lebih banyak lemak!).
  • Meskipun kulit Anda mungkin terlihat “kotor,”jangan menyerangnya dengan scrub yang kuat. Ini hanya akan menyebabkan iritasi dan kemerahan kulit… dan lagi, kenyataannya produk itu dapat menjadikan kulit Anda lebih berminyak!
  • Banyak merek strip pori memberi klaim dapat membuka sumbatan komedo hitam. Kenyataannya, mereka hanya mengangkat bagian permukaan dari pori yang tersumbat dan dapat mengiritasi kulit sensitif.

KESULITAN MENGHILANGKAN KOMEDO HITAM?
PERTIMBANGKAN UNTUK MENEMUI AHLI DERMATOLOGI

Jika hidung Anda dipenuhi dengan komedo hitam, Anda dapat memperoleh manfaat dari berkonsultasi dengan ahli dermatologi yang akan meresepkan produk bebas seperti perawatan dengan produk yang mengandung salicylic acid yang bisa Anda beli di apotek seperti - EFFACLAR Duo(+) - atau perawatan obat resep seperti retinoid (adapalene). Dalam kasus ekstrem, ahli dermatologi Anda dapat melakukan ekstraksi klinis yang menggunakan alat steril.

Namun, serahkan tindakan ini pada tenaga profesional karena ekstraksi yang dilakukan sendiri dapat mengubah masalah komedo hitam kecil menjadi masalah iritasi kulit yang parah!

Klik DI SINI untuk mencari tahu selengkapnya tentang opsi perawatan kulit berjerawat sehari-hari oleh para ahli. 

BENAR
ATAU SALAH

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Bahkan Anda dapat menyebabkan terjadinya infeksi baru dengan kuku jari Anda.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Polusi menyebabkan meningkatnya produksi sebum yang membuat kulit lebih berminyak dan lebih rentan berjerawat.

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

EFFACLAR adalah salah satu pilihan lengkap solusi untuk melawan imperfections termasuk jerawat pada kulit yang menyasar semua tahapannya pada kulit, dengan selalu mengedepankan kualitas dan keamanan produk.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.