sunscreen DAN PENCEGAHAN KANKER KULIT:
SEMUA HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI

Article Read Duration 10 menit membaca

Paparan matahari adalah penyebab utama kanker kulit namun ini juga dapat dihindari. Jadikan perlindungan terhadap sinar matahari bagian dari rutinitas sehari-hari Anda, dengan menggunakan sunscreen yang memiliki perlindungan sangat tinggi terhadap UVA-UVB spektrum luas. Kanker kulit digolongkan menjadi 3 kategori utama: keratosis aktinik, karsinoma sel basal, dan melanoma. Penggunaan sunscreen secara konsisten setiap hari selama masa hidup kita akan mengurangi risiko Anda terhadap ketiganya. Jika memiliki banyak tahi lalat, Anda berisiko besar mengidap kanker kulit, mengingat 35% melanoma muncul dari tahi lalat yang ada. Untuk memeriksa tahi lalat Anda, gunakan cara ABCDE:


A: Asimetris. Apakah tahi lalat Anda asimetris?
B: Border atau Tepi. Apakah bagian tepi tahi lalat Anda tidak teratur?
C: Color atau Warna. Apakah tahi lalat Anda memiliki warna berbeda-beda?
D: Diameter. Apakah diameter tahi lalat Anda lebih besar dari 6 mm?
E: Evolusi atau Perubahan. Apakah tahi lalat Anda mengalami perubahan?


Jika Anda menjawab “ya” untuk salah satu dari pertanyaan di atas, Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sesegera mungkin untuk mendapatkan pemeriksaan tahi lalat secara profesional. Jika terdeteksi cukup awal, 90% dari kanker kulit dapat disembuhkan, karena itulah pemeriksaan sangat penting. Periksa tahi lalat Anda hari ini dengan SELAMATKAN KULIT ANDA.


Jendela waktu penting untuk pencegahan kanker kulit yaitu di usia 0-20 tahun, karena itulah sangat penting untuk melindungi kulit pada masa kanak-kanak dan remaja, dan mengajarkan anak-anak perilaku cermat terhadap sinar matahari yang akan bermanfaat sepanjang hidup mereka:

• Cari perlindungan dari sinar matahari antara pukul 11.00 dan 15.00.
• Lindungi kulit dengan topi, kacamata hitam, dan pakaian pelindung.
• Usapkan banyak sunscreen yang memiliki perlindungan sangat tinggi terhadap UVA-UVB setiap 2 jam sekali.

Klaim bahwa sunscreen menyebabkan kanker tidak berbasis pada bukti. Terdapat sangat banyak bukti bahwa sunscreen tidak hanya aman tapi juga mengurangi risiko terkena kanker seperti melanoma.

SINAR UV:PENYEBAB UTAMA KANKER KULIT

sunscreen bisa mencegah kanker kulit

Saat ini, risiko menderita kanker kulit adalah 1/1.001. Waktu liburan yang lebih panjang, perjalanan ke destinasi yang lebih terik, aktivitas luar ruangan, dan penggelapan warna kulit buatan semuanya membantu menjelaskan peningkatan dalam jumlah kanker kulit. Ini dikarenakan oleh paparan sinar matahari yang menjadi penyebab terpenting kanker kulit.. Statistik yang mengejutkan: Dengan hanya 5 luka bakar akibat sinar matahari hingga melepuh sebelum usia 20 tahun, hal ini bisa meningkatkan risiko melanoma hingga 80%.. Untungnya, dengan perlindungan yang tepat, luka bakar akibat sinar matahari dapat dihindari. Karenanya, sangatlah penting untuk menggunakan sunscreen UVA-UVB spektrum luas setiap hari untuk mencegah kanker kulit.

APA SEBENARNYA
KANKER KULIT ITU?

Kanker kulit dikelompokkan menjadi 3 kategori utama:

  • Keratosis aktinik atau keratosis solar: Lesi yang sangat umum ini bukan kanker kulit. Ini adalah ruam bersisik yang kasar jika disentuh dan cenderung muncul kembali di permukaan kulit. Ruam ini muncul setelah terpapar sinar matahari dalam waktu lama dan berulang. Mereka menunjukkan bahwa kulit kehilangan kemampuan alaminya untuk melindungi dirinya sendiri terhadap matahari dan sinar UV-nya. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan perkembangan kanker kulit. Keratosis aktinik bisa dicegah dengan penggunaan sunscreen seumur hidup.
  • Karsinoma sel basal: Ini merupakan 90% dari kanker kulit dan terutama disebabkan karena sering terpapar sinar matahari dan berulang selama masa dewasa. Dengan deteksi dini, karsinoma sel basal bisa dirawat karena pertumbuhannya lambat. Mengingat karsinoma sel basal biasanya terletak pada wajah, deteksi terlambat bisa menyebabkan tanda parut yang tidak elok. Karena itulah penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi jika memiliki gumpalan, benjolan, atau borok pada kulit. Untuk mencegah bentuk kanker kulit ini, gunakan sunscreen UVA-UVB dengan spektrum luas setiap hari, terutama di area yang terpapar seperti wajah.
  • Melanoma: Bentuk kanker kulit yang ganas. Ini adalah jenis kanker kulit paling berbahaya karena bisa membahayakan nyawa pasien. Kanker ini muncul akibat paparan sinar matahari yang singkat namun intens, seperti yang menyebabkan luka bakar. Bisa berupa noda berwarna cokelat atau hitam pada kulit sehat. Dan dalam 35% kasus, kanker ini melibatkan tahi lalat yang sudah ada sebelumnya. Jika didiagnosis selama tahap pertama perkembangannya, bisa sepenuhnya diobati dengan perawatan medis. Karena itu, jika menemukan lesi yang mencurigakan, sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi.

Klik DI SINI untuk mempelajari cara ABCDE untuk pendeteksian kanker kulit.

APA YANG MENENTUKAN
RISIKO KANKER KULIT SAYA?

Gunakan sunscreen dengan perlindungan tinggi jika Anda termasuk dalam salah satu kategori ini

Ada beberapa faktor yang memengaruhi risiko timbulnya kanker kulit pada kulit Anda. Jika faktor di bawah ini berlaku pada Anda, gunakan sunscreen dengan intens untuk mencegah kanker kulit:

  1. Anda memiliki kulit berwarna terang (fototipe I atau II pada skala Fitzpatrick*), yang sangat jarang mengalami penggelapan warna kulit dan sering mengalami luka bakar.
  2. Anda memiliki bintik-bintik atau tahi lalat pada kulit dengan tampilan berbeda-beda (ukuran, bentuk, warna).
  3. Anda pernah mengalami luka bakar parah akibat sinar matahari saat kanak-kanak atau sering terpapar sinar matahari yang kuat selama masa kanak-kanak dan remaja.
  4. Ada riwayat kanker kulit di keluarga Anda.

Klik DI SINI untuk melihat ikhtisar skala Fitzpatrick.

TAHI LALAT DAN MATAHARI:
SEBUAH KOMBINASI YANG BURUK

Lindungi tahi lalat dengan sunscreen untuk mencegah kanker kulit

Antara masa kanak-kanak dan remaja, paparan sinar matahari memengaruhi jumlah tahi lalat yang bisa muncul pada kulit serta ukurannya. Namun demikian, semakin banyak tahi lalat yang dimiliki seseorang, semakin besar risiko mereka untuk mengalami kanker kulit, mengingat 35% kanker kulit berkembang dari tahi lalat yang sudah ada sebelumnya2. Karena itulah sangat penting untuk melindungi anak-anak dan remaja secara efektif dari matahari untuk memperkecil munculnya tahi lalat baru. Selain itu, terpaparnya tahi lalat yang ada secara berlebihan pada matahari memengaruhi perkembangan lesi yang bisa menjadi bersifat kanker.

Apa pesan intinya? Penggunaan sunscreen dapat mencegah kanker kulit: sunscreen harus digunakan dalam jumlah banyak setiap 2 jam sekali, terutama pada masa kanak-kanak dan remaja, namun juga sepanjang masa dewasa. Jika Anda memiliki banyak tahi lalat pada kulit, Anda harus memberikan perhatian khusus pada penggunaan sunscreen untuk mencegah kanker kulit.

APAKAH TAHI LALAT SAYA
BERSIFAT KANKER?

Cara memeriksa tahi lalat Anda menggunakan metode ABCDE

Ahli dermatologi telah menciptakan metode ABCDE pada pemeriksaan tahi lalat untuk memeriksa tahi lalat yang berpotensi bersifat kanker. Jika salah satu dari yang berikut ini berlaku pada tahi lalat Anda, berkonsultasilah dengan ahli dermatologi sesegera mungkin untuk dilakukan pemeriksaan profesional.

A: Asimetris. Apakah tahi lalat Anda asimetris?
B: Border atau Tepi. Apakah bagian tepi tahi lalat Anda tidak teratur?
C: Color atau Warna. Apakah tahi lalat Anda memiliki warna berbeda-beda?
D: Diameter. Apakah diameter tahi lalat Anda lebih besar dari 6 mm?
E: Evolusi atau Perubahan. Apakah tahi lalat Anda mengalami perubahan?

KANKER KULIT:
DETEKSI DINI SANGATLAH PENTING

Jika terdeteksi secara dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan sangat penting. Jika Anda mengamati munculnya sebuah tahi lalat baru atau tahi lalat yang tampilannya berubah, atau tidak pernah melakukan pemeriksaan tahi lalat di seluruh tubuh, kami sangat merekomendasikan Anda untuk mengunjungi ahli dermatologi. Ingat, semakin dini kanker kulit didiagnosis, semakin besar peluang perawatan yang berhasil. Di antara kunjungan ke ahli dermatologi, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat Anda dan orang terkasih. Dan tentu saja, jadikan sunscreen bagian dari kebiasaan tetap sehari-hari untuk melindungi tahi lalat dan mencegah kanker kulit.

sunscreen PADA MASA KANAK-KANAK
MENCEGAH MELANOMA PADA TAHAP KEHIDUPAN BERIKUTNYA

Para ahli dermatologi sepakat bahwa jendela waktu sangat penting bagi pencegahan kanker kulit adalah usia 0-20 tahun. 86% melanoma dikaitkan dengan paparan terhadap sinar UVA dan UVB secara berlebihan dan 80% kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari terjadi sebelum usia 18 tahun. Karena itulah perilaku berhati-hati terhadap sinar matahari pada masa kanak-kanak dan remaja sangat penting untuk menjaga kesehatan pada masa depan, bahkan hingga puluhan tahun kemudian. Karena itulah penting untuk mendidik anak-anak mengenai perilaku cermat sejak usia sangat dini untuk membuat mereka mandiri dalam melindungi kulit. Perilaku dasar:

  • Cari perlindungan antara pukul 11.00 dan 15.00 ketika matahari bersinar paling kuat.
  • Kenakan pakaian pelindung seperti topi, kacamata hitam, kemeja berlengan panjang, dll.
  • Usapkan sangat banyak sunscreen UVA-UVB dengan perlindungan sangat tinggi setiap 2 jam sekali atau setelah berenang, mengeringkan tubuh, atau berkeringat.

Untuk informasi mendalam tentang cara melindungi anak-anak dari matahari, klik DI SINI.

Khawatir dengan rumor yang Anda dengar mengenai keamanan sunscreen? Beralih ke SINI.

sunscreen APA YANG HARUS SAYA GUNAKAN
UNTUK MENCEGAH KANKER KULIT?

Di La Roche Posay, kami berkomitmen untuk membantu Anda melakukan semua yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang meningkatkan risiko kanker kulit. Termasuk pula memberikan Anda teknologi perlindungan matahari paling canggih yang tersedia di pasar: Anthelios.

sunscreen Anthelios, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang meningkatkan risiko kanker kulit

Direkomendasikan oleh lebih dari 50.000 ahli dermatologi di seluruh dunia untuk produk suncare, pilihan produk sunscreen Anthelios dengan SPF tinggi dan spektrum luas menyajikan teknologi XL Protect kami yang telah dipatenkan, hasil dari penelitian yang sangat terperinci dan dokumentasi klinis yang mendalam.

Anthelios memberikan perlindungan optimal terhadap sinar UVA dan UVB dan tersedia dalam beragam tekstur yang disesuaikan untuk berbagai situasi. Dirancang untuk memberikan kenyamanan dan melindungi jenis kulit paling sensitif sekalipun, produk ini tersedia dalam bentuk liquid yang ringan dan mudah menyerap, gel yang cocok untuk kulit berminyak juga formula lembut khusus untuk anak-anak. Jadikan sunscreen bagian dari rutinitas sehari-hari Anda dan periksa tahi lalat secara teratur untuk mendeteksi dini kanker.

BISAKAH sunscreen
MENYEBABKAN KANKER?

Apakah sunscreen aman?

Keamanan sunscreen saat ini menjadi pokok masalah dalam banyak perdebatan online. Klaim baru-baru ini bahkan menyatakan bahwa sunscreen sebenarnya bisa menyebabkan kanker. Namun jika kita melihat bukti ilmiah yang tersedia, klaim itu sepenuhnya tidak berdasar.

Fakta: Hingga kini tidak ada data yang diterbitkan menunjukkan efek kesehatan buruk apa pun pada manusia akibat penggunaan sunscreen secara teratur4. Keamanan sunscreen telah diteliti di berbagai laboratorium selama bertahun-tahun. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bukti yang menarik bahwa sunscreen aman sekaligus efektif.

Bisakah sunscreen menyebabkan kanker kulit?

Banyak penelitian ilmiah membantah klaim bahwa sunscreen bisa menyebabkan melanoma. Penilaian menyeluruh terhadap ribuan orang telah menunjukkan secara jelas bahwa penggunaan sunscreen tidak meningkatkan peluang seseorang untuk menderita melanoma.5,6

Fakta: Matahari menyebabkan kanker kulit. Kita mengetahui dengan pasti bahwa matahari - atau radiasi UV - menyebabkan kanker kulit dan sunscreen melindungi terhadap melanoma. Dalam kasus melanoma, 86% kasus tercatat diakibatkan oleh paparan secara berlebihan pada sinar matahari. Journal of Clinical Oncology menerbitkan penelitian klinis 2011 pada lebih dari 1.600 orang yang menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara teratur mengurangi kejadian melanoma hingga 50-73%.

Fakta: Melindungi kulit Anda setiap hari dan memeriksa tahi lalat secara teratur akan membantu mengurangi risiko kanker kulit.

Lihat [LINDUNGI KULIT ANDA] untuk membantu Anda. Situs ini berisi banyak alat bantu yang jelas, informatif, dan interaktif, yang akan menunjukkan cara memeriksa kulit Anda dan keluarga serta mendeteksi lesi yang mencurigakan sedini mungkin.

 

1American Association for Cancer Research Press Release, May 29, 2014 http://www.aacr.org/Newsroom/Pages/News-Release-Detail.aspx?ItemID=553#.WKyFqxLhAvo

2The Syndicat National des Dermatologues-Vénérologues (National Union of Dermatologists-Venereologists).

3Parkin DM, Mesher D, Sasieni P. Cancers attributable to solar (ultraviolet) radiation exposure in the UK in 2010. Br J Cancer 2011; 105:S66-S69.

4Burnett, ME & Wang, SQ. Current sunscreen controversies: A critical review. Photodermatology, Photoimmunology & Photomedicine. 2010. 27, 58–67.

5Huncharek M, Kupelnick B. Use of topical sunscreens and the risk of malignant melanoma: a meta-analysis of 9067 patients from 11 case-control studies. Am J Public Health 2002; 92:1173-1177.

6Dennis LK, Beane Freeman LE, VanBeek MJ. Sunscreen use and the risk for melanoma: a quantitative review. Ann Intern Med 2003; 139:966-978.

BENAR
ATAU SALAH

MATAHARI BISA MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

LULUS UJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, berjerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI

PEDOMAN DASAR
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI
Baca selengkapnya
placeholder STRES TEST DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT,
YANG BISA MENIMBULKAN DEPRESI
Baca selengkapnya
JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA
Baca selengkapnya