MEMAHAMI DAN MENCEGAH ALERGI PANAS MATAHARI

Article Read Duration 2 menit membaca

Alergi panas matahari atau erupsi cahaya polimorf adalah kondisi ketika kulit meradang dalam bentuk ruam merah yang gatal akibat paparan sinar matahari. Sampai saat ini, masih belum diketahui penyebab pasti dari alergi matahari, tapi diperkirakan hal ini terjadi akibat sinar UV dari matahari yang memodifikasi senyawa tertentu di kulit yang membuat sistem imun tubuh bereaksi. Inilah yang kemudian memunculkan peradangan, seperti gatal, kemerahan, dan iritasi

PEMICU MUNCULNYA ALERGI PANAS MATAHARI

Alergi sinar matahari merupakan salah satu bentuk fotosensitivitas yang dipicu beberapa hal, seperti:

  • Warna kulit yang sangat terang atau pucat lebih mudah terbakar ketika terkena paparan sinar matahari, walau paparannya hanya sebentar dan tidak terlalu terik. Terutama bagi  mereka yang bermata biru dan berambut merah dengan freckles di kulit. 

  • Kandungan alpha-hydroxy acid (AHA), retinol, dan benzoyl peroxide dalam produk perawatan kulit yang menyebabkan kulit menjadi ultra-sensitif terhadap sinar UV. Hasilnya akan muncul ruam merah dan iritasi setelah terpapar sinar matahari.

  • Obat minum juga dapat memicu alergi panas matahari, seperti antibiotik tetrasiklin dan obat jerawat seperti isotretinoin. Kulit menjadi iritasi dan bengkak mendadak akibat paparan sinar matahari.

  • Kulit yang sebelumnya sudah memiliki masalah seperti eksim, jerawat, atau rosacea. Masalah kulit ini bisa menjadi lebih parah bila terkena paparan sinar matahari karena kulit akan jadi lebih kering dan memicu kondisinya menjadi lebih buruk.

  • Alergi matahari juga bisa dialami oleh mereka yang tengah mengalami perawatan kanker. Pengobatan kanker bisa menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Radiasi sinar UV bisa memicu risiko kulit terbakar hebat, sehingga sangat disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari. Mereka yang sedang menjalani terapi radiasi harus ekstra hati-hati. Paparan sinar matahari dapat memunculkan radiodermatitis kronis, bahkan pada beberapa kasus berlangsung bertahun-tahun setelah perawatan Anda selesai. 

  • Beberapa kondisi medis juga bisa memunculkan fotosensitivitas, seperti penyakit lupus. Kulit akan meradang dan muncul ruam merah begitu terpapar sinar matahari. 

CARA MENCEGAH ALERGI PANAS MATAHARI 

Pada semua kasus alergi matahari atau fotosensitivitas, apapun penyebabnya kuncinya adalah pada pencegahan. Pada musim kemarau, Anda perlu menggunakan pakaian yang bisa melindungi kulit, mulai dari topi hingga baju lengan panjang. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya dengan spektrum luas dengan SPF 50+. Anda dapat menggunakan rangkaian produk La Roche Posay Anthelios untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Tabir surya ini tidak hanya dioleskan di wajah, tapi di seluruh area kulit yang terpapar matahari, seperti leher, tangan, dan kaki. Jika memungkinkan, hindari keluar rumah atau ruangan pada saat matahari sedang panas-panasnya, yaitu dari pukul 10 pagi sampai 4 sore.

Anda juga bisa memilih tabir surya yang dikhususkan untuk kulit yang sensitif dan rentan alergi untuk perlindungan kulit yang lebih optimal. Jangan lupa untuk mengoleskan ulang tabir surya setiap dua jam sekali. 

Perlu diingat bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memiliki efek negatif dalam jangka pendek atau jangka panjang, bahkan bisa merusak kulit. Efek ini bisa muncul tanpa pengecualian, baik kulit Anda terang atau gelap. Apapun jenis kulit Anda, sangatlah penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan alergi panas matahari dari sekarang.

BENAR
ATAU SALAH

MATAHARI BISA MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

Tahukah
Anda?

DidYouKnow_Desktop_1

Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

LULUS UJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, berjerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.

LIHAT SEMUA ARTIKEL
TENTANG PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI

PEDOMAN DASAR
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI
Baca selengkapnya
placeholder STRES TEST DAPAT MENYEBABKAN JERAWAT,
YANG BISA MENIMBULKAN DEPRESI
Baca selengkapnya
JERAWAT
MAKIN BANYAK DIJUMPAI PADA WANITA DEWASA
Baca selengkapnya