PEMBERSIH MUKA DAN FACE WASH UNTUK KULIT SENSITIF: EFEKTIF MEMBERSIHKAN KULIT WAJAH DENGAN LEMBUT

Article Read Duration 4 menit membaca

Pembersihan adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit, termasuk kulit yang rentan terhadap alergi, untuk membersihkan kulit dari kotoran, alergen, dan partikel polusi yang dapat meningkatkan sensitivitas. Namun pembersih yang keras dan mengandung surfaktan dapat merusak lapisan penghalang kulit, membuat kulit wajah terasa tidak nyaman. Solusinya adalah penggunaan face wash untuk kulit sensitif yang dapat membersihkan kotoran dan partikel polusi, serta pada saat bersamaan membiarkan lipid yang ada di permukaan kulit tetap utuh. 

Memulai Rutinitas Perawatan Kulit Sensitif dengan Pembersihan

Epidemi kulit sensitif ada di depan mata. Saat ini, lebih dari 60% orang telah menderita sensasi menusuk, gatal, dan menyengat di kulit wajah secara teratur. Kehidupan di perkotaan ikut memperburuk masalah. Setiap hari, polusi dan residu kota menempel di kulit dan menyebabkan kulit mengalami peradangan mikro dan semakin sensitif. 

Itu sebabnya membersihkan kulit wajah dengan face wash untuk kulit sensitif bukan hanya soal kebersihan; ini adalah langkah penting dalam memurnikan kondisi kulit dan membersihkannya dari kotoran fisiologis (keringat, sebum, dan sel-sel kulit mati) serta polutan atmosfer, asap rokok, dan kotoran eksternal lainnya. Jika dilakukan secara rutin dua hari sekali, langkah penting ini dapat mencegah pori-pori tersumbat, munculnya jerawat, dan kulit yang tampak kusam. Dengan kata lain, pembersihan dengan sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif adalah langkah pertama dalam perawatan kulit Anda.

Mencari Face Wash untuk Kulit Sensitif

Dalam hal pembersihan, cukup rumit untuk “memenuhi kebutuhan” kulit yang sensitif dan reaktif. Di satu sisi, kulit seperti ini menginginkan pembersihan yang mendalam karena kotoran, polusi, dan residu kota apa pun yang menempel di permukaan kulit hanya akan meningkatkan reaktivitas kulit sensitif. Namun di sisi lain, kulit sensitif takut akan reaksi berupa sensasi menusuk, gatal, dan menyengat yang dapat terjadi setelah proses pembersihan yang terlalu bersemangat. Belum lagi muncul kemerahan pada kulit.

 Untuk membersihkan kulit wajah sensitif Anda dari polusi dan kotoran berbahaya, banyak produk sabun cuci muka untuk kulit sensitif menggunakan surfaktan keras serta pengawet yang dapat memicu reaksi kulit. Kulit sensitif memang dibersihkan tapi juga dihilangkan lipid-nya yang vital untuk kondisi kulit. Ini membuat kulit menjadi sangat terbuka –dan itu berarti siap bereaksi– terhadap agresor lingkungan, kontaminan di dalam air keran, atau kadang-kadang zat-zat buruk yang terkandung dalam produk pembersih itu sendiri. Tak heran jika beberapa perempuan dan laki-laki mengalami ketidaknyamanan setelah proses pembersihan kulit wajah.

Seperti Apa Pembersih Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif?

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif dan reaktif, maka tempat belanja produk-produk perawatan kulit pilihan Anda, termasuk face wash untuk kulit sensitif, adalah apotek. Tanyakan apoteker Anda tentang micellar water yang formulanya telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit sensitif Anda.

Dermatolog merekomendasikan micellar water untuk membersihkan kulit sensitif dengan alasan yang tepat. Pertama-tama, micellar water tidak perlu dibilas, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai kulit yang terkena air yang keras. Kedua, produk ini mengandung bahan pembersih lembut dalam bentuk micelles selektif yang dengan lembut mengangkat semua kotoran, sisa make-up, dan partikel polusi, tanpa menghilangkan lipid dari kulit sehingga kulit tetap berada di zona nyamannya. Ini berarti Anda dapat terhindari dari sensasi kulit seperti tertarik sambil tetap secara efektif membersihkan kulit sensitif Anda.

Micellar Water yang Sesuai untuk Kulit Wajah Sensitif

Sebelum memilih micellar water, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan bahan-bahan yang tidak boleh dikandungnya. Pastikan produk micellar water yang Anda pilih bebas alkohol dan paraben serta telah diuji pada kulit sensitif. Untuk memastikan toleransinya, Anda menginginkan formula yang semurni mungkin, terutama untuk kulit sensitif serta jenis kulit rentan alergi.

Idealnya, micellar water yang digunakan untuk perawatan kulit sensitif Anda harus mengandung air spa termal natural, terbukti dapat menenangkan peradangan di kulit, dan menenangkan gejala sensitivitas. Misalnya, La Roche-Posay Thermal Spring Water yang bersumber di tanah yang belum terjamah dan diakui oleh komunitas medis karena efek terapeutiknya pada banyak patologi kulit yang berbeda. Produk ini bahkan disetujui untuk digunakan oleh anak-anak, sehingga bahan-bahannya sangat aman.

Bahan utama lain yang harus terkandung dalam micellar water adalah gliserin yang dapat menghidrasi kulit saat Anda membersihkannya. Gliserin membantu meningkatkan aksi pembersihan micellar water sambil menghidrasi kulit dan mengurangi gesekan untuk mencegah gejala-gejala kulit reaktif muncul.

La Roche-Posay Effaclar Ultra Micellar Water sangat cocok untuk orang dengan kulit yang sensitif dan rentan alergi, karena telah diuji alergi juga diuji oleh dokter kulit dan dokter mata.  Di dalamnya terkandung La Roche-Posay Thermal Spring Water yang membantu menyejukkan dan menenangkan kulit yang sensitif dan mudah iritasi. Akhirnya, Anda dapat menikmati kepuasan dari kapas yang berubah warna menjadi gelap setelah membersihkan kotoran dan sisa makeup, tanpa reaksi dari kulit yang reaktif.

Jenis Sabun Muka untuk Kulit Sensitif Lainnya

Jika Anda lebih suka pembersih wajah dalam bentuk yang lain, tidak masalah. Ada beberapa produk pembersih lainnya yang tersedia dari spesialis kulit sensitif merk La Roche-Posay:

  • La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel yang membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dengan lembut tanpa ada rasa seperti tertarik setelah menggunakan. Sabun wajah ini juga mampu membersihkan komedo serta sebum penyebab jerawat.  
  • La Roche-Posay Toleriane Purifying Foaming Cream  yang dengan lembut membersihkan kotoran di kulit dan mampu mengangkat make up. Cara ini meminimalkan gesekan, dan dengan lembut membersihkan sekaligus melembutkan kulit.

Apa pun jenis pembersih yang Anda pilih, lengkapi rutinitas perawatan kulit untuk kulit sensitif Anda dengan La Roche-Posay Thermal Spring Water yang menghidrasi dan menenangkan kulit. Akhiri rutinitas perawatan kulit Anda dengan krim penenang yang dibuat khusus untuk merawat kulit sensitif, seperti La Roche-Posay Toleriane Ultra Fluid Sensitive Creme.

Cara Mengeksfoliasi Kulit Sensitif yang Aman

Untuk kulit wajah yang cerah bercahaya, eksfoliasi kulit wajah sangat penting untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Tetapi ketika kulit sensitif dan reaktif, banyak eksfolian yang terlalu keras, terutama eksfolian kimia yang prosesnya dapat dilakukan di rumah. Produk yang salah dapat dengan mudah membuat wajah Anda menjadi kemerahan dan terasa tidak nyaman. 

Pembersih Terbaik untuk Kulit Wajah Rentan Alergi dan Kulit Kering

Apakah face wash untuk kulit sensitif juga bisa digunakan untuk kulit yang alergi? Sejujurnya, pembersih wajah dalam bentuk micellar water cocok untuk jenis kulit sensitif dan rentan alergi asalkan produknya bersifat hypoallergenic. Partikel-partikel micelles yang lembut akan mengangkat sisa makeup, debu, alergen, dan partikel polusi dari kulit, meninggalkan lipid yang menjadi lapisan penghalang di permukaan kulit tetap utuh. Ini penting untuk membantu melindungi kulit rentan alergi terhadap alergen dari lingkungan.

Untuk pembersih yang khusus dibuat untuk kulit yang rentan alergi, dan disetujui oleh British Allergy Foundation, Anda bisa mencoba rangkaian produk La Roche-Posay Toleriane. Untuk menghidrasi kulit Anda bisa mencoba menggunakan La Roche-Posay Thermal Spring Water yang berfungsi menenangkan kulit yang teriritasi secara instan saat Anda membersihkannya. 

Seluruh rangkaian produk La Roche-Posay Toleriane telah melalui pengujian dermatologis yang ketat dan pengujian ulang untuk memastikan cocok untuk digunakan bahkan oleh kulit yang paling sensitif terhadap alergi.

Lalu bagaimana dengan kulit kering? Kulit jenis ini seringkali terasa tertarik dan tidak nyaman setelah dibersihkan, terutama jika Anda menggunakan sabun atau pembersih wajah lain dengan surfaktan yang keras. Untuk pembersih yang merawat kulit kering, cuci wajah dengan lembut menggunakan produk yang yang diperkaya lipid, baik berupa cleansing bar, cleansing milk, cleansing oil, atau cleansing gel yang diformulasikan untuk kulit kering.

 

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.