JANGAN SALAH, EKSFOLIASI WAJAH ADALAH CARA TEPAT MERAWT KULIT RENTAN BERJERAWAT

Article Read Duration 4 menit membaca

Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, bisa jadi ragu untuk mengeksfoliasi wajah karena khawatir akan membuat kulit semakin meradang. Padahal, eksfoliasi wajah adalah salah satu bentuk perawatan bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat, selama Anda melakukannya dengan lembut, tidak berlebihan, dan menggunakan produk eksfolian yang tepat. 

Eksfoliasi dan Manfaatnya bagi Kulit Wajah

Memahami tentang eksfoliasi wajah dan berbagai manfaatnya dapat membantu menghilangkan kekhawatiran Anda tentang perawatan kulit wajah yang satu ini. Secara sederhana, eksfoliasi kulit adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit yang bisa dilakukan di seluruh tubuh sampai ke wajah. 

Secara alami, sel-sel kulit mati akan luruh dengan sendirinya setelah 28 hari. Namun pengaruh usia dan beberapa faktor lainnya dapat membuat proses ini tidak berlangsung dengan optimal sehingga masih ada sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Jika tidak dieksfoliasi, maka proses pergantian sel-sel kulit menjadi terhambat karena sel-sel kulit yang baru dan segar tidak dapat naik ke permukaan. Kulit juga menjadi kering, kasar, tampak kusam, bahkan berjerawat karena pori-pori tersumbat.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan eksfoliasi wajah adalah:

  • Membuat kulit wajah terlihat cerah dan bercahaya, terutama kulit yang mengalami masalah hiperpigmentasi.
  • Membersihkan kulit secara mendalam sampai ke pori-pori untuk mencegah munculnya jerawat.
  • Meningkatkan penyerapan produk-produk skincare di kulit wajah sehingga penggunaannya lebih efektif.
  • Secara jangka panjang, eksfoliasi dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit, yang biasanya menurun seiring pertambahan usia. Jika produksi kolagen meningkat maka kondisi kulit akan menjadi lebih baik karena kulit menjadi lebih elastis, garis-garis halus dan kerutan memudar, serta meminimalkan kulit kendur.

Perhatikan Jenis Kulit Wajah Sebelum Melakukan Eksfoliasi

Ada berbagai produk eksfolian kulit yang secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu:  

  • Eksfolian fisik, yaitu benda atau alat yang digunakan untuk mengeksfolasi permukaan kulit dengan cara menggosoknya. Untuk mengeksfoliasi kulit wajah, alat yang digunakan adalah sikat dan spons yang lembut. Produk scrub wajah juga termasuk eksfolian fisik, karena butiran scrub-nya meluruhkan sel-sel kulit mati saat digosokkan di kulit wajah.  
  • Eksfolian kimia, yaitu zat-zat kimia yang digunakan untuk membantu meluruhkan sel-sel kulit mati saat diaplikasikan di kulit wajah. Eksfolian kimia yang umum digunakan adalah acid, yaitu alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). AHA dapat melemahkan ikatan antara kulit dengan sel-sel kulit mati di permukaannya sehingga luruh dengan mudah dan cepat. Sementara BHA dapat masuk ke dalam pori-pori untuk membersihkan semua kotoran dan sel-sel kulit mati. 

Untuk menentukan jenis eksfolian yang tepat, Anda harus sudah benar-benar paham mengenai jenis dan kondisi kulit wajah Anda. Ini karena setiap jenis kulit mungkin akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap kedua jenis eksfoliasi ini. Kulit yang kering dan rentan berjerawat, misalnya. Karena kondisinya yang cenderung sensitif, maka tidak disarankan untuk menggunakan eksfolian fisik karena berpotensi membuat kulit terluka dan mengalami iritasi. Untuk kedua kulit ini, pilihan eksfoliasi wajah adalah menggunakan eksfolian kimia yang tidak abrasif terhadap kulit sensitif. 

Sebaliknya, kulit yang berminyak cocok dengan eksfoliasi fisik karena lebih kuat, tapi tetap dapat menggunakan eksfolian kimia. Kulit wajah yang normal umumnya memiliki reaksi yang normal terhadap kedua jenis eksfolian ini, jadi dapat menggunakan keduanya. Sedangkan kulit wajah kombinasi, dapat menggunakan produk eksfolian kimia agar lebih praktis dalam mengeksfoliasi wajah. 

Berdasarkan penjelasan ini, maka bisa diputuskan bahwa eksfoliasi wajah adalah salah satu bentuk perawatan kulit yang sebaiknya dilakukan oleh semua jenis kulit wajah. Namun tentu saja, harus mempertimbangkan jenis kulit wajah dan kondisinya. 

Hindari Melakukan Ini saat Eksfoliasi untuk Kulit Berjerawat

Eksfoliasi kulit wajah secara berlebihan menjadi masalah yang sering dijumpai. Anda mungkin pernah melakukannya saat menggosok wajah sedikit lebih keras, atau mengeksfoliasi kulit wajah lebih sering daripada yang diperlukan. Anda mungkin berpikir bahwa tindakan ini akan membantu kulit wajah menjadi bersih secara menyeluruh, padahal pemikiran ini sangat salah. 

Bukannya membantu merawat kulit Anda, eksfoliasi yang berlebihan akan membuat kulit menjadi kering dan terasa tidak nyaman, kemerahan, serta perih. Jika Anda mengalami perubahan-perubahan ini, maka Anda harus segera mengurangi frekuensi melakukan eksfoliasi, serta melakukannya dengan ringan dan lembut ke kulit wajah. 

Memperlakukan wajah dengan lembut merupakan aturan penting yang harus dipatuhi oleh mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat, termasuk saat eksfoliasi kulit. Memperlakukan kulit wajah dengan kasar akan membuat jerawat jadi terbuka dan iritasi, membuatnya lebih sensitif, dan bahkan meningkatkan peradangan. 

Memilih Produk Eksfoliasi untuk Wajah Berjerawat yang Tepat

Cara mengeksfoliasi wajah dimulai dengan mengganti produk scrub menjadi La Roche-Posay Effaclar Purifying Foaming Gel, yaitu pembersih wajah yang secara lembut dapat membersihkan komedo serta mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Mengandung La Roche-Posay Thermal Spring Water yang menyejukkan kulit teriritasi ringan, zinc untuk mengurangi minyak yang berlebih, dan bahan pembersih untuk menghilangkan kotoran dan sebum berlebih. Produk ini telah diuji pada kulit yang rentan berjerawat dan bersifat hypoallergenic

Saran lain untuk eksfoliasi wajah adalah menggunakan produk yang mengandung retinol. Sebagai bahan aktif retinol membantu meningkatkan produksi sel-sel kulit baru dan dapat membantu mendorong pergantian sel dari lapisan kulit yang lebih dalam ke atas. Efek yang dihasilkan dari penggunaan retinol adalah sel-sel kulit mati cepat luruh dan diganti dengan yang baru.

Kecuali telah mendapatkan lampu hijau dari dokter kulit, sebaiknya Anda menghindari penggunaan produk-produk eksfolian dalam waktu bersamaan. Hal ini dapat membuat kulit wajah Anda menjadi sangat kering, timbul kemerahan, terkelupas, dan kemungkinan mengalami iritasi. Dalam seminggu, Anda dapat bergantian menggunakan produk-produk ini dan diberi jeda 1-2 hari setelah pemakaian produk. Ingatlah bahwa penggunaan segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik hasilnya.

Produk yang Digunakan Setelah Eksfoliasi Wajah adalah yang Melembapkan

Sangat penting untuk melembapkan kulit Anda yang rentan berjerawat setelah eksfoliasi. Proses eksfoliasi dapat membuat kulit wajah sangat kering dan mendorong produksi minyak berlebih untuk mengimbanginya. Padahal, minyak berlebih dapat memicu munculnya jerawat lebih banyak di wajah. Menggunakan pelembap adalah cara yang bagus untuk menghidrasi dan melembapkan kembali kulit Anda setelah pengelupasan.

Cara mudah eksfoliasi wajah adalah melakukannya dengan lembut dengan produk yang tepat, sehingga kulit wajah Anda yang rentan berjerawat tidak meradang. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan wajah anda dengan menggunakan La Roche Posay Effaclar Duo (+) tanpa rasa lengket dan berminyak.

 

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.