CARA MENGATASI KULIT WAJAH KERING DAN MENGELUPAS, TAK HANYA MENGGUNAKAN PRODUK PERAWATAN KULIT

Article Read Duration 4 menit membaca

Kulit yang sangat kering disebabkan oleh kurangnya lipid pelindung atau minyak di permukaan kulit. Akibatnya, kulit wajah menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap agresor eksternal, menjadi teriritasi, kemerahan, terasa seperti tertarik, dan tidak nyaman. Pahami cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas agar kulit merasa tenang dan dapat terlihat lebih sehat, mulai dari pilihan produk perawatan kulit, pakaian, sampai makanan.  

Faktor Eksternal dan Internal yang Memicu Kulit Kering

Siapa pun dapat memiliki kulit kering, tetapi ada beberapa faktor yang dapat memperburuk kondisi kulit yang kering, di antaranya:

  • Cuaca dingin. Ketika udara dingin dan kering, banyak orang menderita kulit wajah mengelupas dan gatal, begitu juga di tubuh. Ruam kulit kering yang disebabkan oleh cuaca dingin dan kering juga dapat menyebabkan kemerahan di kulit.
  • Udara yang kering. Baik Anda tinggal di gurun yang tinggi atau menggunakan pemanas sentral yang berlebihan, kelembapan udara yang rendah akan membuat kulit Anda menjadi kering. Banyak ruangan kantor memiliki kelembapan udara yang rendah karena penggunaan AC, begitu juga udara di pesawat yang terkenal kering.
  • Air. Paparan air yang terlalu lama di kulit dapat menghilangkan minyak alami yang melumasi dan melindungi kulit Anda. Mandi terlalu lama, rutin berenang di kolam yang airnya mengandung klorin, serta terlalu sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit kering.
  • Dehidrasi. Cuaca yang panas selama musim panas, berolahraga terlalu intens atau berlari jarak jauh, gangguan saluran pencernaan semua faktor ini dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi. Saat dehidrasi, maka kinerja semua organ tubuh Anda akan terpengaruh, termasuk kulit. Jika Anda mengalami dehidrasi parah, maka harus segera mendapatkan bantuan medis.
  • Sabun dan produk-produk perawatan kulit yang keras. Sabun adalah pengemulsi yang dirancang untuk memecah minyak. Mencuci tangan menggunakan sabun bagus saat kulit kotor akibat minyak, tetapi tidak sesuai jika Anda mencoba menjaga keseimbangan alami lipid di kulit Anda. Begitu juga dengan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, karena dapat membuat kulit Anda kering dan terasa tidak nyaman.
  • Obat-obatan tertentu. Konsumsi beberapa jenis obat dapat membuat kulit Anda kering. Di antaranya adalah isotretinoin yang secara khusus digunakan untuk membuat kulit berminyak menjadi kering, diuretik, dan statin untuk mengontrol kolesterol. Jika hal ini terjadi setelah konsumsi obat, maka segera bicarakan dengan dokter Anda.
  • Usia. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang akan mengalami kulit kering seiring bertambahnya usia. Kabar baiknya adalah para ahli terus mengembangkan produk untuk merawat kulit kering dan sensitif agar dapat terhidrasi, kenyal, dan terasa nyaman.

Kurangnya Air dan Lipid di Permukaan Kulit Penyebab Kulit Wajah Kering

Kulit kering, memiliki istilah medis xerosis, ditandai dengan kekurangan air dan lipid di permukaan lapisan kulit terluar, yaitu epidermis. Saat permukaan kulit tidak memiliki lipid yang cukup, maka kulit Anda akan kehilangan kemampuannya untuk menahan air, membuatnya jadi kering dan dehidrasi sehingga muncul ruam kulit kering. 

Karena lapisan penghalang dan pelindung kulit (skin barrier) tidak dapat lagi menjalankan fungsinya secara efektif, maka zat-zat yang bisa mengiritasi dari lingkungan (polusi, partikel alergen, dan lain-lain) berpotensi untuk menembus kulit lebih dalam. Kondisi ini membuat kulit menjadi rentan dan reaktif, serta menjadi lebih mudah teriritasi dengan tingkat berat. Karena iritasi yang meningkat ini, kulit wajah kering menjadi kemerahan. 

Hasilnya adalah kulit yang menunjukkan gejala-gejala kekeringan yang terasa tidak nyaman dan jika dibiarkan, dapat memengaruhi kualitas hidup Anda sehari-hari. Gejala-gejala tersebut di antaranya berupa:

  • Kasar saat disentuh.
  • Berkurang kekenyalannya.
  • Terasa tertarik.
  • Gatal.
  • Mengelupas.
  • Muncul garis-garis halus atau retakan.

Gejala-gejala kulit kering paling sering muncul di kaki bagian bawah, lengan, tangan, dan wajah. Walau bukan kondisi yang serius, tapi kulit kering dapat membuat tidak nyaman, dan kulit wajah kering yang kasar juga mengelupas bukanlah tampilan yang Anda inginkan. 

Jika tidak diobati, maka kulit kering Anda dapat memburuk dan menyebabkan komplikasi, di antaranya adalah perubahan warna kulit, eksim, atau bahkan selulitis (infeksi jaringan di bawah kulit). Kerusakan yang disebabkan oleh retakan atau garukan berlebihan juga dapat membuat kulit Anda rentan mengalami infeksi sekunder.

Tips dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Berikut ini adalah tips dari La Roche-Posay untuk merawat kulit kering Anda agar terasa kenyal dan nyaman:

  • Bersihkan, tapi hindari membuat kulit kering
  • Pilih mandi cepat menggunakan air hangat di shower daripada mandi berendam.
  • Jika Anda ingin mandi berendam, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas (kurang dari 37 °C) dan jangan berendam lebih dari 10 menit.
  • Gunakan gel pembersih yang lembut atau pembersih cair yang diperkaya lipid untuk menetralisir air yang keras.
  • Bilas kulit secara menyeluruh dan keringkan dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk lembut.
  • Segera oleskan krim dan losion yang menghidrasi saat kulit Anda masih lembap.

Untuk membersihkan tubuh, La Roche-Posay Lipikar Syndet AP+ dari adalah krim pembersih tubuh yang sangat lembut untuk kulit yang sensitif dan kulit kering. Produk skincare untuk kulit kering ini dapat merawat lipid di permukaan kulit, menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, mengurangi rasa gatal, dan membuat kulit yang kering terasa nyaman. Formulanya begitu lembut hingga bisa digunakan untuk bayi baru lahir. Dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering dan mengelupas. 

1. Lembapkan kulit ada pagi dan malam hari

Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas adalah menggunakan pelembap sehari-hari. Langkah ini penting untuk mencegah dan mengurangi frekuensi serta intensitas iritasi yang disebabkan oleh kulit kering. Selalu bawa produk pelembap kemasan kecil ke mana pun agar Anda dapat menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.

Pastikan untuk memilih produk yang:

  • Hypo-allergenic serta dapat memenuhi kebutuhan kulit kering dan sensitif. 
  • Terasa nyaman dan menyenangkan saat diaplikasikan, sehingga mudah digunakan setiap hari.
  • Melembapkan, memulihkan lapisan lipid, dan menenangkan kulit yang kering.

Anda bisa menggunakan produk pelembap dengan tekstur yang sesuai dengan kondisi lingkungan. La Roche-Posay Lipikar Baume AP+M merupakan moisturizing balm yang cocok untuk melembapkan kulit kering dan sensitif. Produk ini dapat membantu merawat dan mempertahankan lapisan pelindung kulit, 95% mengurangi sensasi rasa gatal, dan 100% meredakan kulit kering serta memberikan rasa nyaman. Dapat digunakan baik di wajah maupun di seluruh tubuh.

2. Mengenakan pakaian yang nyaman

Karena pakaian bersentuhan langsung dengan kulit Anda sepanjang hari, maka bahan pakaian memainkan peran penting dalam kesehatan kulit.

  • Pilih yang terbuat dari katun dan sutra alami yang lembut, dapat “bernapas”, dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Kain sintetis dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat, yang dapat meningkatkan rasa gatal.
  • Hindari pakaian dari bahan wol karena sering kali terlalu kasar dan dapat menyebabkan gatal.
  • Kenakan sarung tangan dan syal untuk melindungi kulit yang terekspos udara dingin dan kering.
  • Selalu gunakan sarung tangan karet saat mencuci atau menggunakan produk pembersih rumah tangga.
  • Saat mencuci pakaian, gunakan deterjen bebas fosfat. Hindari menggunakan pelembut pakaian, dan pastikan untuk membilas pakaian secara menyeluruh.

Kulit kering sering muncul di kedua tangan dan kaki. Untuk kenyamanan dan perlindungan ekstra, maka oleskan La Roche-Posay Lipikar Stick AP sebagai cara agar kulit tidak kering, terutama di tangan dan kaki. Moisturizer stick ini dengan seketika dapat melembapkan kulit kering, meredakan rasa gatal, dan menyejukkan kulit yang teriritasi.

3. Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dengan menjaga kondisi rumah

Minimalkan risiko kulit Anda mengalami iritasi dengan menjaga kebersihan lingkungan Anda:

  • Bersihkan debu dan vakum secara teratur untuk mengusir debu dan tungau debu rumah. 
  • Jangan agar suhu kamar Anda tidak terlalu panas (di bawah 19 °C).
  • Angin-anginkan semua ruangan di rumah setiap hari.
  • Jaga agar tidak ada ruangan yang lembap dan berjamur.

4. Meningkatkan kelembapan udara

Cara mengatasi kulit kering ini dapat diterapkan ketika menggunakan pemanas pada musim dingin. Letakkan 1-2 humidifier sederhana di dalam rumah untuk kelembapan udara sehingga Anda terhindar dari ruam kulit kering.

5. Beri nutrisi untuk kulit lewat makanan

Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas yang dapat Anda lakukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan asam lemak esensial, serta Vitamin A, C, dan E yang dikenal sebagai antioksidan. Pastikan Anda cukup mendapatkan nutrisi ini dengan mengikuti Pedoman Gizi Seimbang.

 

BENAR
ATAU SALAH

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.