PEDOMAN DASAR
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI

duration time 7 menit membaca

Kehangatan dan sinar matahari kita yang berwarna keemasan adalah sumber dari seluruh kehidupan. Namun sayangnya sinar ultraviolet matahari bisa menjadi berbahaya. UVB dapat menyebabkan luka bakar akibat sinar matahari, sedangkan UVA menyebabkan penuaan kulit, dan – yang lebih serius lagi – keduanya bisa berkontribusi pada kanker kulit. Dokter sepakat bahwa semua orang memerlukan perlindungan terhadap matahari. Lakukan empat kebiasaan perilaku berhati-hati terhadap sinar matahari untuk memperkecil risiko:

• Cari perlindungan ketika sinar matahari paling terik dan berbahaya antara pukul 11.00 dan 15.00.
• Tutupi kulit dengan pakaian yang sesuai, kacamata hitam yang menyaring UV, dan topi.
• Pahami sunscreen UVA dan UVB untuk memilih produk perlindungan terhadap matahari yang tepat. 
• Pelajari cara melindungi anak-anak Anda dari matahari.

Hindari
waktu puncak paparan matahari

Ketahui kapan radiasi UV paling berbahaya

Menyangkut sinar matahari, Anda bisa saja merasakan kerugian akibat memanfaatkan sesuatu yang baik secara berlebihan. Sinar matahari paling berbahaya antara pukul 11.00 dan 15.00, pencinta matahari sebaiknya mencari lokasi yang teduh saat pertengahan hari. Jika berada di taman, duduklah di bawah pohon. Saat berada di pantai, bersantailah di bawah payung pantai. Jika berada di serambi kafe, nikmati makan siang Anda di bawah kanopi yang sejuk.

Namun radiasi ultraviolet tidak hanya berasal dari atas. Pantulan sinar matahari dapat semakin meningkatkan efeknya. Kita semua tahu bahwa air memantulkan sinar matahari, demikian pula dengan pasir, cat putih, beton, dan tentu saja semua cahaya atau permukaan yang berkilau. Salju adalah pemantul yang super kuat; nyaris menggandakan paparan UV pada Anda. Perlu diketahui bahwa tingkat UV bertambah di ketinggian, seperti pegunungan dan juga lokasi yang lebih dekat dengan ekuator.

Jadi waspadailah bahwa meskipun sedang berada di bawah naungan atau di atas gunung, pada hari berawan, atau di tengah musim dingin, Anda tetap bisa mendapatkan dosis UV berlebih. Jika Anda tidak dapat menghindari matahari saat berada pada puncaknya, lakukan tindakan pencegahan ekstra untuk diri Anda dan keluarga dengan mengikuti saran di bawah ini.

Tutupi
tubuh Anda

Lindungi diri Anda dari matahari dengan pakaian, topi, dan kacamata hitam yang menyaring UV

Saat bepergian ke berbagai tempat, pakaian adalah pertahanan terdepan Anda terhadap radiasi ultraviolet yang berbahaya. Tapi tidak semua pakaian dibuat dengan sama. Berikut adalah beberapa hal yang harus diingat:

Bahan: Bahan dengan tenunan rapat memberikan perlindungan paling efektif terhadap sinar matahari. Semakin renggang tenunan, semakin banyak UV yang bisa menembus. Sutra tipis dan muslin kurang optimal dan gaun brokat akan memberikan Anda pola luka bakar akibat sinar matahari dengan mudah! Ingatlah bahwa semakin banyak kulit Anda yang tertutup, semakin baik Anda terlindung, jadi pilih lengan panjang dan celana atau rok yang lebih panjang.

Sejumlah produsen pakaian mengembangkan pakaian khusus anti UV yang dilengkapi dengan nilai Faktor Perlindungan Ultraviolet (UPF). Sebuah pakaian dengan UPF 50 merupakan pelindung sinar matahari yang sangat aman – hanya 1/50 UV yang dapat mencapai tubuh Anda.

Warna: Warna gelap dan intens seperti hitam, biru gelap, merah, atau hijau zamrud, memberikan lebih banyak perlindungan UV daripada warna putih dan pastel.

Topi: Untuk melindungi wajah dan leher Anda dengan baik dari matahari, topi Anda harus memiliki tepi lebar hingga ke sekelilingnya (setidaknya 7,5 cm), dan bagian puncak kepala. Jadi, hindari topi baseball dan topi model sun visor untuk perlindungan maksimal.

Kacamata hitam: Penting untuk mengetahui bahwa standar kacamata hitam dikontrol di seluruh UE. Untuk perlindungan optimal dari cahaya matahari paling kuat, pilih kacamata hitam yang memiliki persetujuan CE dalam kategori 3 atau 4*. Pastikan bahwa spesifikasi kacamata Anda cocok – kacamata hitam yang merosot dari batang hidung akan memaparkan mata Anda pada radiasi UV, sedangkan jika terlalu kencang akan menyebabkan sakit kepala.

*Catatan: Kacamata hitam dalam CE kategori 4 adalah yang paling gelap dan tidak aman untuk menyetir kendaraan.

MEMAHAMI
SUNSCREEN

Ketahui cara memilih dan menggunakan sunscreen untuk perlindungan optimal

Dengan begitu banyak produk, bahan, SPF, dan formulasi yang berbeda, memilih dan menggunakan sunscreen dengan benar mungkin terasa sangat membingungkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui:

Sunscreen vs. sunblock, apa perbedaannya?

Secara teknik, bahan sunscreen menyerap radiasi UV sebelum mencapai kulit Anda, sedangkan bahan sunblock menciptakan penghalang untuk benar-benar memblokir secara fisik dan menangkis sinar matahari. Banyak sunscreen dengan spektrum luas mengandung kedua jenis bahan tersebut. Untuk memudahkan, kami menyebut semua produk perlindungan terhadap matahari dengan "sunscreen".

Sunscreen untuk UVA dan UVB

Alasan mengapa kita memerlukan jenis bahan perlindungan terhadap matahari yang berbeda adalah karena terdapat berbagai jenis radiasi ultraviolet. UVB menyebabkan penggelapan warna kulit yang terlihat dan juga luka bakar akibat matahari. Pada sisi lain, UVA adalah ancaman tidak terlihat. Anda tidak akan langsung melihat efeknya, namun dalam jangka panjang UVA dapat menyebabkan penuaan kulit. Bersama-sama, UVA dan UVB adalah faktor utama penyebab berbagai kanker kulit. Jaga diri Anda dan keluarga agar tetap aman dengan memilih sunscreen "spektrum luas" yang memberikan perlindungan terhadap UVA maupun UVB hingga UVA gelombang panjang.

Bagaimana dengan SPF?

Faktor Perlindungan Matahari (SPF/Sun Protection Factor) menilai efisiensi sunscreen Anda dalam menghalangi sinar UVB. Untuk perlindungan optimal dari UVB, para ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan sunscreen bernilai 'tinggi' – SPF 30+, atau 'sangat tinggi' – SPF 50+. Sunscreen spektrum luas yang disetujui UE juga memberikan perlindungan terhadap UVA dan akan menampilkan huruf 'UVA' dalam lingkaran pada kemasan. Pastikan sunscreen Anda memberikan perlindungan yang termasuk hingga sinar UVA gelombang panjang.

Klik DI SINI untuk informasi selengkapnya tentang UVA, UVB, dan UVA gelombang panjang.

Gunakan sunscreen dalam jumlah cukup

Sebagian besar orang tidak menggunakan sunscreen dalam jumlah cukup. Berapa jumlah sunscreen yang tepat? Kemungkinan lebih banyak dari perkiraan Anda. Wanita berukuran rata-rata harus menggunakan 36g krim untuk seluruh tubuhnya. Itu adalah sekitar dua sendok makan atau sebesar satu "bola golf" besar.

Selalu sediakan sunscreen Anda

Gunakan sunscreen 20-30 menit sebelum pergi ke luar. Jangan lupakan telinga, tengkuk leher, kaki dan pergelangan kaki, serta punggung tangan Anda. Itu saja? Tidak! Sangat penting untuk memberikan kembali perlindungan matahari ini setiap dua jam sekali– dan lebih sering lagi jika Anda berenang atau berkeringat banyak (meskipun menggunakan sunscreen dengan formula tahan air).

Pilih produk sunscreen lain untuk situasi berbeda

Seperti yang akan dikatakan oleh ahli bangunan yang baik kepada Anda, "Anda memerlukan perkakas yang tepat untuk melakukan pekerjaan yang baik". Jika Anda hanya membeli sebotol sunscreen berukuran sangat besar untuk semua kondisi dan situasi Anda mungkin akan merugikan diri sendiri. Apakah Anda akan membawa botol besar itu di tas tangan saat perlu mengoleskan kembali sunscreen? Apakah ini sunscreen yang dapat melembapkan kulit sensitif pada wajah Anda? Akankah memberikan perlindungan yang baik setelah Anda berenang atau berolahraga? Jawaban semua pertanyaan tersebut kemungkinan adalah "tidak".

Jika Anda tidak memiliki produk yang tepat untuk situasi ini, Anda kemungkinan tidak menggunakan perlindungan terhadap matahari secara teratur sebagaimana yang direkomendasikan. Disarankan untuk membeli beberapa sunscreen dengan formulasi berbeda yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan seluruh keluarga.

La Roche-Posay Laboratory menciptakan ANTHELIOS– pilihan sunscreen dengan perlindungan tinggi dan sangat tinggi. Produk kami mencakup formulasi krim, gel, cairan, semprotan, minyak, dan stik yang melengkapi gaya hidup Anda serta disesuaikan untuk berbagai jenis kulit: sensitif, berminyak dan berjerawat, rentan pigmentasi, bayi dan anak-anak. Anda akan menemukan semuanya, mulai sunscreen berwarna hingga sunscreen wajah untuk sehari-hari dan tekstur “kulit basah” yang bisa digunakan begitu Anda keluar dari kolam renang.

Salah satu jenis sunscreen yang dapat Anda coba adalah Anthelios UVMUNE 400 Fluid. Suncreen ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk bagi Anda pemilik kulit sensitif. Sunscreen ini juga dilengkapi dengan filter UV yang paling efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV temasuk ultra long UVA.

 

Ketahui tanggal kedaluwarsa sunscreen Anda

Botol sunscreen lama yang mengumpulkan debu di bagian belakang lemari kamar mandi sejak liburan terakhir Anda – atau bahkan liburan sebelumnya? – kemungkinan sudah tidak memiliki kekuatan perlindungannya lagi. Berikut adalah kiat untuk memantau tanggal kedaluwarsa sunscreen Anda: saat pertama kali membuka produk, ambil spidol tahan air dan tuliskan tanggal pada botol atau tabungnya. Lalu Anda bisa membandingkannya dengan simbol PAO* pada kemasan.

*Simbol PAO (Period After Opening atau Periode Setelah Pembukaan) ada pada semua kemasan kosmetik. Simbol ini berupa gambar wadah kecil yang terbuka dan menunjukkan berapa lama produk dapat disimpan setelah Anda membukanya.

LINDUNGI ANAK KECIL
DARI SINAR MATAHARI LANGSUNG

Pelajari cara menjaga anak kecil tetap aman dari UV yang berbahaya

Kulit anak-anak sangat rentan terhadap efek berbahaya sinar matahari. Karena itulah para dokter spesialis anak dan ahli dermatologi sepakat bahwa <strong>bayi dan anak yang berusia kurang dari 3 tahun tidak boleh terpapar oleh sinar matahari langsung</strong>. Ikuti beberapa strategi sederhana untuk melindungi anak Anda seumur hidupnya dari kerusakan jangka panjang matahari:

  • Hindari waktu puncak sinar matahari.
  • Tutupi tubuh dengan pakaian, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam anti UV.
  • Gunakan sunscreen UVA-UVB spektrum luas dengan perlindungan sangat tinggi yang diformulasikan secara khusus untuk bayi.
  • Yang terpenting, ajarkan anak kecil perilaku berhati-hati terhadap sinar matahari yang akan bermanfaat seumur hidup mereka. 

Jika rencana Anda melibatkan paparan matahari tidak dapat dihindari, pastikan untuk selalu menyediakan pakaian pelindung – seperti kemeja lengan panjang longgar, celana panjang, dan rompi renang. Setelah berenang, keringkan tubuh anak Anda dengan handuk, lalu oleskan kembali sunscreen yang dirancang khusus untuk anak-anak. Sunscreen ini harus tahan air dan pasir dan terlihat saat pengolesan sehingga Anda yakin tidak ada area yang terlewat.



Untuk informasi selengkapnya tentang cara mengajarkan anak Anda perilaku berhati-hati terhadap sinar matahari dan cara melindungi kulit halus anak-anak dari matahari, klik DI SINI.

Orang Australia, yang sudah memahami betul tentang matahari, menciptakan slogan yang populer, Slip, Slop, Slap: Slip (kenakan) kemeja, slop (lumuri) sunscreen, slap (pakai) topi. Perlindungan terhadap matahari cukup mudah begitu Anda sudah terbiasa dan menguasainya. Dan dengan perlindungan yang tepat, Anda dapat menikmati matahari dengan pikiran tenang.

BENAR
ATAU SALAH

SINAR MATAHARI DAPAT MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA mengganggu struktur pendukung kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berlalunya waktu, paparan sinar matahari menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, serta menyebabkan kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak dan tidak teratur yang menyebabkan noda hitam dan warna kulit kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan akibat sinar ultraviolet.
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan [HALAMAN AWAL LINDUNGI KULIT ANDA] untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK MENGATASI KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis lanjutan selama lebih dari 25 tahun dalam perawatan terhadap sinar matahari dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.