POLUSI, SALAH SATU PENYEBAB EKSIM MERADANG YANG JARANG DIKETAHUI

Article Read Duration 3 menit membaca

Ada berbagai macam penyebab eksim yang telah dikenal dapat memicu eksim menjadi meradang, seperti makanan, suhu udara yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, stres, paparan deterjen, dan lainnya. Namun selain itu, polusi juga dapat memicu hal tersebut.

Saat tingkat polusi sedang tinggi, frekuensi munculnya eksim atau dermatitis atopik biasanya akan meningkat dan menjadi lebih berat. Penggunaan produk yang tepat dalam rutinitas perawatan kulit Anda menjadi cara yang paling tepat untuk mengurangi dampak polusi terhadap kulit. 

KONDISI KULIT YANG MENDERITA EKSIM 

Eksim adalah kondisi peradangan kulit yang berwujud  lapisan epidermis kulit yang kering dan kekurangan lapisan-lapisan lipid (minyak) yang merupakan pelindung permukaan kulit (Skin barrier). Saat skin barrier melemah, maka berbagai alergen dan polutan dari lingkungan akan dengan mudah menyerang kulit dan penetrasinya meningkat, sehingga menyebabkan eksim meradang.

Salah satu penyebab eksim adalah faktor genetik. Jika Anda menderita eksim, maka kemungkinan besar anggota keluarga Anda juga ada yang memiliki penyakit tersebut. Eksim lebih banyak diderita oleh bayi baru lahir dan anak balita, tapi kondisi dapat terus berlanjut sampai usia dewasa.

Sampai saat ini belum ditemukan cara mengobati eksim, tapi pencegahan dan perawatan yang tepat akan membantu mengatasi rasa gatal dan mencegahnya meradang.

POLUSI, PENYEBAB EKSIM MERADANG

Kulit yang rentan mengalami atopik biasanya memiliki skin barrier yang melemah sehingga mudah diserang oleh faktor-faktor pemicu eksim. Polutan, baik dalam bentuk udara ataupun partikel halus (PM 2,5), dapat menyebabkan kulit yang eksim menjadi lebih sensitif dan meningkatkan ketidaknyamanannya. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering dan peradangan yang menyebabkan rasa gatal menjadi lebih sering terjadi.

MENCEGAH MERADANGNYA KULIT YANG EKSIM

Walau eksim belum bisa dihilangkan, tapi Anda dapat melakukan pencegahan agar tidak meradang dan gatal, terutama penyebab eksim berupa paparan polusi udara. Caranya adalah:

  • Hindari menggaruk eksim yang gatal.

Menggaruk mungkin dapat membantu meringankan rasa gatal yang muncul saat eksim meradang. Namun menggaruk juga dapat menambah kerusakan pada skin barrier, membuatnya tak mampu lagi mencegah berbagai alergen dan polutan dari lingkungan untuk masuk ke dalam kulit. 

  • Meningkatkan rutinitas perawatan kulit harian saat polusi sedang tinggi.

Tingkat polusi yang tinggi dapat memperburuk kondisi kulit yang sangat kering. Karena itu, jenis kulit yang rentan mengalami atopik membutuhkan perawatan khusus.

Lebih dari 25 tahun, La Roche Posay telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dari para pemilik jenis kulit yang rentan terhadap eksim. Rangkaian La Roche Posay Lipikar dikembangkan dan diformulasikan khusus untuk menguatkan lapisan pelindung kulit agar terlindungi dari paparan faktor-faktor pemicu eksim yang dapat menyebabkan kulit meradang.

Langkah rutinitas kulit menggunakan rangkaian La Roche Posay LIPIKAR adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan kulitdengan pembersih tanpa sabun dan tanpa busa, seperti La Roche-Posay Lipikar Syndet AP+, dua kali sehari pada pagi dan malam hari.
  2. Selalu sediakan La Roche-Posay Thermal Spring Water untuk membantu meredakan dan menenangkan kulit. Produk ini sangat membantu saat eksim meradang di kulit wajah atau di bagian tubuh lainnya.
  3. Aplikasikan La Roche-Posay Lipikar Baume AP+ 2-3 kali sehari untuk memperkuat lapisan pelindung kulit dan memberikan perlindungan terhadap  serangan faktor-faktor pemicu eksim serta faktor risiko dermatitis seperti polusi. 
  4. Pastikan Anda selalu membawa La Roche-Posay Lipikar Stick AP+ setiap saat sebagai cara meredakan gatal-gatal saat bepergian. Mengoleskan pelembab ini dapat menggantikan refleks menggaruk saat kulit terasa gatal sekaligus membantu meredakannya.

Untuk memastikan kulit Anda mendapatkan perlindungan yang optimal dari i La Roche-Posay Lipikar Baume AP+, sebaiknya aplikasikan pelembab ini saat kulit masih separuh basah. 

Dengan mengetahui bahwa polusi dapat menjadi penyebab eksim meradang, Anda dapat segera mengambil langkah-langkah antisipasi untuk mencegahnya terjadi pada kulit wajah dan tubuh Anda.

BENAR
ATAU SALAH

SERANGAN ECZEMA DAPAT
DIPICU OLEH STRES.

BENAR

Kami tidak tahu alasannya, tetapi para pakar telah mengakui bahwa emosi, syok, dan stres dapat berperan penting dalam memicu serangan eczema. Namun, atopic dermatitis juga dikenal sebagai kelainan genetik. Jika stres adalah pemicu Anda, pelajari teknik manajemen stres seperti melatih kesadaran diri.
Pelajari Selengkapnya

DAPATKAH POLA MAKAN
MEMPERBURUK ECZEMA?

BENAR

Makanan tertentu dapat memicu serangan eczema. Jika menurut Anda makanan dapat menjadi faktor yang memperburuk eczema pada Anda atau anak Anda, berkonsultasilah dengan dokter agar mereka dapat melakukan tes darah dan tes tusuk kulit untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap makanan tertentu (biasanya kacang tanah, susu, kedelai, gandum, ikan, dan telur).
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT HILANG SEIRING WAKTU.

BENAR

Tergantung pada masing-masing anak, atopic dermatitis dapat berlangsung antara beberapa bulan atau tahun. Separuh dari anak-anak yang terkena atopic eczema saat bayi tidak mengalaminya lagi sejak usia lima tahun. Pada beberapa kasus, atopic eczema berlanjut hingga dewasa, tetapi hal ini mustahil diprediksi. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan eczema, tetapi masalah ini dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.
Pelajari Selengkapnya

ATOPIC DERMATITIS
DAPAT MENULAR.

SALAH

Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit genetik dan sama sekali tidak menular. Perawatan untuk gejala atopic dermatitis terdiri dari pengganti sabun, emolien, dan kortikosteroid topikal.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

LIPIKAR adalah rangkaian perawatan tubuh dan kebersihan nomor 1 di Eropa,  yang terdiri dari produk-produk yang sesuai untuk seluruh keluarga, dari bayi baru lahir hingga yang lanjut usia. 

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika satu kasus terdeteksi, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, sangat sensitif, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.