SEMUA YANG PERLU ANDA
KETAHUI TENTANG PERLINDUNGAN UVA DAN UVB

Article Read Duration 8 menit membaca

Sinar UVA menyebabkan penuaan dini pada kulit, sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan luka bakar dan penggelapan warna kulit. Keduanya meningkatkan risiko Anda terhadap kanker kulit. Sinar UVA panjang merupakan subkelompok dari UVA yang dapat menembus lapisan kulit secara mendalam hingga menyebabkan berbagai masalah seperti pigmentasi, alergi matahari, dan penuaan dini. Perlindungan yang efektif harus dapat memberikan efek filter terhadap sinar UVA, UVB, dan UVA gelombang panjang. Anda bisa melihat kekuatan perlindungan terhadap matahari dari nilai SPF untuk sinar UVB dan nilai PPD untuk UVA. Produk perlindungan matahari yang mutakhir memiliki bahan antioksidan seperti Baicalin untuk meningkatkan perlindungan terhadap UVA gelombang panjang. Produk Anthelios dari La Roche-Posay memberikan perlindungan menyeluruh terhadap UVA-UVB-UVA gelombang panjang yang cocok untuk kulit yang paling sensitif sekalipun.

APA PERBEDAAN
ANTARA UVA DAN UVB?

Hanya 5% dari sinar matahari yang mencapai bumi merupakan sinar UV, namun sinar ini sangat kuat. Terdapat beberapa jenis sinar. Jika sinar UVC biasanya terhalang oleh lapisan ozon, sinar UVA dan UVB dapat menembus ke bumi dan berdampak pada kulit.

UVA: A seperti dalam "Ageing (Penuaan)" atau "Alergi"

Terjadi sepanjang tahun dan bahkan saat hari berawan, 95% dari sinar ultraviolet yang mencapai permukaan bumi adalah sinar UVA. Sinar ini juga kuat karena dapat menembus awan, kaca, dan epidermis.
Tidak seperti UVB yang menyebabkan luka bakar akibat sinar matahari, sinar UVA tidak menimbulkan rasa sakit namun tetap berbahaya. Sebaliknya, sinar UVA dapat menembus sangat dalam hingga ke dalam kulit dan mencapai sel-sel dermis (lapisan lebih dalam pada kulit). Dengan menghasilkan radikal bebas, mereka bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang dan menimbulkan:

  • Penuaan akibat sinar ultraviolet: struktur pendukung kulit (kolagen dan serat elastin) menjadi berubah sehingga menyebabkan efek pengenduran pada kulit serta munculnya kerutan.
  • Intoleransi terhadap matahari, biasanya disebut alergi terhadap matahari (kemerahan, gatal, erupsi cahaya polimorfik).
  • Gangguan pigmentasi (kusam saat kehamilan, bercak hitam).
  • Perkembangan kanker kulit

UVB: B seperti dalam "Burns (Luka Bakar)" atau "Bronzed skin (Kulit kecoklatan)"

Hanya 5% dari sinar UV yang mencapai bumi merupakan sinar UVB. Tidak seperti UVA, sinar ini dihalangi oleh awan dan kaca, namun bisa menembus epidermis. Sinar ini dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, namun juga luka bakar, reaksi alergi matahari, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Anda telah memahami tentang pentingnya untuk melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB.

APAKAH
UVA GELOMBANG PANJANG ITU?

Sinar UVA gelombang panjang: bahaya yang selalu ada namun tidak terlihat

Sepanjang tahun, tanpa disadari, kita terus-menerus terpapar oleh sinar UVA gelombang panjang. Ini dikenal sebagai paparan pasif. Sinar matahari ini bisa tembus melewati awan, kaca, dan bahkan epidermis hingga ke dermis (lapisan lebih dalam pada kulit).

Apa saja efek dari sinar UVA gelombang panjang?

Semakin panjang gelombang sinar UVA, semakin dalam mereka menembus kulit. Terkadang mereka menyebabkan kerusakan kulit yang bisa bersifat permanen:

  • Pigmentasi dan perubahan rona kulit, seperti bercak kehamilan, bercak gelap, dan warna kulit yang kusam.
  • Alergi matahari dan intoleransi: Seperti semua sinar UV, sinar UVA gelombang panjang bisa memicu munculnya kemerahan, bercak pada kulit, dan gatal. Klik DI SINI untuk mempelajari selengkapnya tentang alergi matahari.
  • Penuaan akibat sinar ultraviolet atau penuaan dini: Penurunan elastisitas dan pengenduran kulit yang mendorong munculnya kerutan.

75% dari semua radiasi UV adalah UVA gelombang panjang, jadi perlindungan apa pun yang perlu dipertimbangkan harus memberikan cakupan UVA-UVB berspektrum luas termasuk UVA gelombang panjang.

APA ARTI ANGKA
PADA SUNSCREEN?

Memahami faktor perlindungan sunscreen

Memilih sunscreen yang tepat bisa menjadi dilema yang membingungkan! Dengan begitu banyak nama, angka, dan singkatan (SPF, PPD) yang berbeda-beda, tidak selalu mudah untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Jadi apa yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan perlindungan terbaik?

Perlindungan UVB: sistem SPF

Perlindungan UVB diukur menggunakan sebuah sistem yang disebut SPF (faktor perlindungan matahari). Untuk menghindari luka bakar akibat sinar matahari, Anda harus memilih SPF yang tepat. Ini ditunjukkan pada semua sunscreen dan terdapat empat tingkat perlindungan: rendah (faktor 6 hingga 10), sedang (15 hingga 25), tinggi (30 hingga 50), dan sangat tinggi (50+). Tapi apa sebenarnya arti angka SPF pada sunscreen ini?

Mari kita lihat sebuah contoh:
Misalnya Laura adalah seorang berkulit terang yang biasanya bisa terpapar sinar matahari selama 10 menit sebelum mengalami luka bakar.

Jika ia mengusapkan sunscreen dengan SPF 10, waktu yang diperlukan sebelum mengalami luka bakar dikalikan dengan faktor perlindungan sinar matahari sebesar 10, jadi ia akan dapat tetap berada di bawah sinar matahari selama 10 x 10 = 100 menit sebelum mengalami luka bakar.

Namun ingat bahwa ia tetap harus mengaplikasikan sunscreen secara cukup serta merata agar dapat terlindung dengan baik. Sebagai panduan umum, mungkin Anda perlu aplikasikan lebih banyak sunscreen daripada yang Anda perkirakan. Diperlukan jumlah lebih kurang sebesar bola golf untuk seluruh tubuh.

Perlindungan UVA: sistem PPD

Perlindungan UVA memiliki sistemnya sendiri yang disebut PPD (persistent pigment darkening) untuk mengukur tingkat perlindungan. Sama seperti SPF, PPD lebih tinggi berarti perlindungan lebih kuat dan lebih lama terhadap efek sinar UVA yang berbahaya. Sistem ini bekerja dengan cara yang sama seperti sistem SPF, jadi PPD sebesar 10 berarti diperlukan waktu sekitar 10 kali lebih lama sebelum kulit memerah dibandingkan dengan kulit yang tak dilindungi. Ingat, bila menyangkut penggunaan sunscreen, “lebih banyak berarti lebih baik”.

BERBAGAI REAKSI PHOTOTYPES DI KULIT
TINGKAT REAKSI TERHADAP SINAR MATAHARI

Beberapa kulit dapat menggelap dengan mudah sedangkan yang lainnya lebih rentan dan memerlukan faktor perlindungan tinggi secara terus-menerus. Dengan faktor perlindungan tinggi, kulit Anda menjadi terlindungi dengan lebih baik. Namun demikian,

JADI, SUNSCREEN APA
YANG HARUS SAYA PILIH?

Perlindungan UVA, UVB, dan UVA gelombang panjang apa yang terbaik untuk kulit sensitif?

Agar tetap aman saat berada di bawah sinar matahari, Anda memerlukan perlindungan sinar matahari yang memadukan perlindungan terhadap UVA, UVB, dan UVA gelombang panjang. Pastikan produk Anda menyebutkan secara khusus UVA gelombang panjang, karena tidak semua formula sunscreen dapat melindungi Anda dari radiasi UV tipe ini. Jika Anda memiliki kulit, rambut, dan mata berwarna terang, Anda memerlukan perlindungan tinggi atau sangat tinggi (SPF 30 - 50+), sedangkan jika Anda memiliki warna kulit lebih gelap maka dapat menggunakan faktor perlindungan yang lebih rendah. Jika memiliki kulit sensitif, Anda harus menggunakan merek yang secara khusus memformulasikan produk yang cocok untuk kulit sensitif.

 

Selama hampir 30 tahun, La Roche-Posay Dermatological Laboratory mengembangkan beraneka sunscreen yang dipersembahkan untuk melindungi semua jenis kulit sensitif, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Dengan perlindungan sinar matahari yang optimal terhadap sinar UVA, UVB, dan UVA gelombang panjang, pilihan produk ANTHELIOS menawarkan Anda perlindungan dua kali lebih tinggi daripada rekomendasi Eropa, dan sesuai bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

 

PILIHAN LENGKAP DARI RUJUKAN
MEREK SUNCARE DERMATOLOGI

DIREKOMENDASIKAN OLEH AHLI DERMATOLOGI: Kulit Anda berada di tangan yang aman

Tersedia dalam bentuk cairan, minyak, susu, gel, atau semprotan, pilihan produk ANTHELIOS ;dari merek mitra dermatologist La Roche-Posay menawarkan Anda beragam pilihan dengan tekstur yang memadukan kenyamanan dan perlindungan, serta mengedepankan keamanan walau sering digunakan. Anthelios menjawab kebutuhan dan tuntutan khusus tiap jenis kulit, dengan produk yang tersedia dalam berbagai format dan tingkat perlindungan berbeda (perlindungan tinggi SPF 30 atau perlindungan sangat tinggi SPF 50+). Kombinasi perlindungan yang tinggi terhadap UVA dan UVB dapat melindungi Anda dari efek buruk sinar matahari secara langsung (kulit terbakar), dan juga efek buruk secara jangka panjang seperti penuaan kulit akibat sinar ultraviolet

APA
SUNSCREEN WAJAH YANG TEPAT UNTUK DIPAKAI SEHARI-HARI?

Sunscreen apa yang harus saya pilih untuk kulit wajah saya yang sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan mencari sunscreen wajah untuk pemakaian sehari-hari yang optimal, opsi yang tepat adalah pilihan produk ANTHELIOS dari La Roche-Posay yang ahli dalam bidang kulit sensitif serta direkomendasikan oleh dermatologist. Semua produk Anthelios cocok untuk kulit sensitif dan menawarkan perlindungan yang seimbang terhadap UVA-UVB hingga UVA gelombang panjang.

ANTHELIOS XL 50+ COMFORT CREAM:
PERLINDUNGAN SANGAT TINGGI UNTUK WAJAH

Diperkuat dengan perlindungan antioksidan terhadap UVA gelombang panjang

Dalam rangka memperkuat komitmennya dan menawarkan perlindungan yang sangat tinggi terhadap sinar UV bagi kulit sensitif, La Roche-Posay memperbaharui formula produk unggulannya dengan menambahkan bahan asli antioksidan yang dihasilkan dari obat tradisional China.

Baicalin: antioksidan revolusioner untuk melawan efek radiasi UVA gelombang panjang

Formula baru 50+ Cream telah ditingkatkan dengan antioksidan yang unik - Baicalin - yang dikenal memiliki manfaat terhadap efek radiasi UV, termasuk sinar UVA gelombang panjang, untuk perlindungan yang lebih tinggi.
Melengkapi Mexoplex®, sistem filter canggih kami, Baicalin memberikan perlindungan lebih jauh lagi dengan:

  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UVA gelombang panjang.

Hasil: kulit terlindung secara optimal dari UVA, UVB, dan UVA gelombang panjang. Dengan perlindungan yang tepat, kulit Anda dan keluarga aman di bawah sinar matahari.

ANTHELIOS ULTRA CREAM SPF50+:
FORMULA MINIMALIS YANG LEMBUT DIPAKAI DI AREA MATA

Terutama bagi orang yang peduli dengan bahan-bahan dalam produk perawatan terhadap sinar matahari, untuk pertama kalinya La Roche-Posay menciptakan formula perawatan terhadap sinar matahari dengan formula minimalis tanpa mengabaikan tingkat perlindungannya. Dengan 12 bahan baku lebih sedikit daripada formula sebelumnya dan tidak mengandung pengawet, ANTHELIOS Ultra menciptakan lapisan film berdaya tahan tinggi pada kulit yang melindungi area mata akibat pemakaian sunscreen. Akhirnya tersedia perawatan terhadap sinar matahari yang memenuhi permintaan konsumen dengan mengedepankan keamanan, yang diperkuat dengan teknologi, sehingga produk dapat diaplikasikan di sekitar area mata yang sensitif.

Tahukah Anda: Bahwa area mata yang rentan sangat berisiko terkena kanker kulit

Kekhawatiran bahwa produk akan menyengat mata sangat berbahaya, mengingat hal ini menyebabkan para pengguna perawatan terhadap sinar matahari melewatkan area mata, yang merupakan salah satu area kulit paling rentan terhadap perkembangan kanker kulit. Pada kenyataannya, 5 hingga 10% dari seluruh kanker kulit adalah kanker kulit pada kelopak mata1. ANTHELIOS Ultra telah diuji pada orang dengan mata sensitif dan pengguna lensa kontak di bawah pengawasan dokter spesialis mata, dengan hasil yang sangat baik. Dalam uji klinis, produk TIDAK:

  • Menyengat mata 81%
  • Masuk ke mata 84%
  • Membuat mata meneteskan air mata 90%

Kesimpulannya? Perlindungan sangat penting dan harus mencakup area mata yang sensitif. Dengan ANTHELIOS Ultra, Anda dapat menggunakan produk di sekitar mata tanpa risiko mata akan meneteskan air mata atau tersengat.

MEMERLUKAN
RANGKUMAN?

Cara memilih perlindungan terhadap sinar matahari

  • Produk Anda harus menawarkan perlindungan seimbang dengan spektrum luas terhadap UVA-UVB termasuk sinar UVA gelombang panjang.
  • Jika Anda memiliki kulit dan mata berwarna terang, pilihlah perlindungan tinggi atau sangat tinggi(SPF 30 - 50+).
  • Jika Anda memiliki kulit sensitif, cari produk yang diformulasikan secara khusus untuk jenis kulit in, guna menghindari reaksi.
  • Produk paling canggih menggabungkan antioksidan seperti Baicalin untuk membantu melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh UVA gelombang panjang.
  • Pilihan produk ANTHELIOS dari La Roche-Posay, ahli kulit sensitif dan merek mitra para dokter spesialis, menawarkan perlindungan seimbang terhadap UVA-UVB-UVA gelombang panjang yang melampaui rekomendasi Eropa.

Klik DI SINI untuk informasi tentang cara menjaga anak-anak tetap aman di bawah sinar matahari.

Untuk mempelajari tentang masalah pigmentasi seperti bercak hitam dan bercak kehamilan, klik DI SINI

1Cook BE Jr, Bartley GB. Treatment options and future prospects for the management of eyelid malignancies: an evidence-based update. Ophthalmology 2001 Nov; 108(11):2088-98.

BENAR
ATAU SALAH

SINAR MATAHARI DAPAT MENYEBABKAN
PENUAAN DINI.

BENAR

Sinar UVA dapat mengganggu struktur pendukung di dalam kulit seperti kolagen dan serat elastin. Seiring berjalannya waktu, paparan sinar matahari dapat menyebabkan hilangnya kekenyalan dan elastisitas kulit, juga memicu timbulnya kerutan. Sinar UVB juga merangsang produksi pigmen secara acak yang dapat menyebabkan timbulnya bercak hitam serta rona kulit yang kusam. Secara umum, perubahan pada kulit ini dikenal sebagai penuaan karena sinar ultraviolet (photo-ageing).
Pelajari Selengkapnya

TIDAK PERLU MEMAKAI
PERLINDUNGAN TERHADAP MATAHARI SAAT CUACA MENDUNG.

SALAH

Di saat hari mendung dan hujan, kulit yang terpapar sinar UV dapat secara bertahap menyebabkan munculnya bercak dan tanda penuaan akibat sinar ultraviolet. Untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya, pakai sunscreen setiap hari, tidak hanya pada saat ada terik sinar matahari. 
Pelajari Selengkapnya

SEMAKIN CEPAT KANKER KULIT
TERDETEKSI, SEMAKIN BAIK.

BENAR

Jika terdeteksi sejak dini, 90% kanker kulit dapat disembuhkan. Karena itulah pemeriksaan penting untuk dilakukan. Di antara kunjungan Anda ke dokter spesialis kulit, gunakan untuk memperhatikan tahi lalat pada tubuh Anda dan orang terkasih Anda. Dan tentu saja, jadikan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk melindungi kulit serta mencegah kanker kulit.
Pelajari Selengkapnya

KAMI JUGA MEMILIKI
BERAGAM PRODUK UNTUK KELUHAN INI

ANTHELIOS adalah perintis di pasar perawatan terhadap sinar matahari (suncare). Perlindungan sangat tinggi dengan spektrum luasnya dihasilkan dari penelitian klinis selama hampir 30 tahun di bidang Suncare dan kulit sensitif.

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN KADAR BAHAN YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT SANGAT SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau melemah akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.